perubahan wujud benda menyublim
perubahan wujud benda menyublim

Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda Menyublim

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda Menyublim. Ada beberapa wujud benda yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita hlo Sobat BW. Ada benda berwujud padat, cair, dan gas. Contoh benda berwujud padat antara lain kayu, besi, kertas, dan lain sebagainya. Contoh benda berwujud cair antara lain air minum, minyak rambut, sabun cair, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh benda berwujud gas antara lain oksigen, angin, asap, dan lain sebagainya.

 

Semua benda tersebut dapat berubah wujud sesuai perlakuan yang didapatkannya. Misalnya, kertas merupakan benda yang mudah terbakar. Tahukah Sobat BW bahwa pada peristiwa pembakaran, terjadi perubahan bentuk benda karena kalor, tetapi tidak mengubah wujud benda? Kertas yang merupakan benda padat dibakar dengan api (panas) dan berubah menjadi abu yang juga masih benda padat, hanya berubah bentuknya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6.7 halaman 144 dan 145 Percobaan Sumber Energi IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita. Salah satu perubahan wujud yang mungkin tidak kamu sadari adalah penyubliman. Pernahkah Sobat BW mengamati kapur barus yang diletakkan ibu di dalam lemari untuk melindungi pakaian dari ngengat? Kapur barus di lemari pakaianmu dalam beberapa hari akan mengecil dan menghilang dari lemari pakaianmu. Apakah yang sebenarnya terjadi? Mengapa kapur barus itu seperti menghilang dari lemari?

 

Kapur barus merupakan benda padat, yang dalam waktu tertentu berubah wujud menjadi gas. Kapur barus mengalami penyubliman. Menyublim adalah peristiwa berubahnya wujud benda dari padat ke gas. Dapatkah kamu menemukan contoh penyubliman lain di dalam kehidupan sehari-hari?

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jelaskan Pengertian Apa itu Majas Sarkasme! Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 58 Kurikulum Merdeka

Untuk menunjukkan proses penyubliman, lakukan percobaan berikut.

 

PERCOBAAN

Mengamati Perubahan Wujud Benda Menyublim

 

Alat dan Bahan

• 4 buah batu bata untuk membuat tungku sederhana

• 1 buah lilin

• 1 buah kaleng bekas susu

• 5 butir kapur barus ukuran kecil

• 1/5 bagian kaleng pasir kering

• Piring aluminium

• Es batu

 

Cara Kerja

1. Tumpuk batu bata menjadi dua tingkat untuk dijadikan tungku sederhana.

2. Letakkan lilin di tengah tungku, lalu nyalakan lilin.

3. Isi kaleng bekas susu dengan pasir, lalu masukkan kapur barus.

4. Letakkan kaleng bekas susu tersebut di atas tungku.

5. Letakkan piring aluminium di atas kaleng susu, lalu letakkan beberapa butir es batu.

6. Diamkan selama sepuluh menit.

 

 

perubahan wujud benda menyublim

 

Pengamatan

Amatilah perubahan yang terjadi pada kapur barus setelah sepuluh menit. Angkatlah piring alumunium dari atas kaleng. Lalu, perhatikanlah apa yang terjadi pada dasar piring. Setelah melakukan pengamatan pada kegiatan di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulanmu?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 10 halaman 29 dan 30 Aktivitas Manusia IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

 

Kesimpulanku:

Menunjukkan salah satu contoh peristiwa menyublim yaitu perubahan wujud dari padat menjadi gas. Kapur barus yang tadi dipanaskan mengalami proses penyubliman dan pada saat gas menyentuh piring yang dingin gas berubah menjadi Kristal-kristal didasar piring dan dinding kaleng.

 

Sobat BW, perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita tanpa kita sadari. Perubahan wujud benda merupakan satu perubahan alami karena fenomena alam yang terjadi di sekeliling kita. Perubahan wujud benda dapat terjadi karena adanya kalor/panas, peran organisme, perubahan suhu, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat ya ..