Pola Lantai Gerak Tari
Pola Lantai Gerak Tari

Kunci Jawaban Pola Lantai Gerak Tari

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Pola Lantai Gerak Tari. Daerah-daerah di Indonesia memiliki keseniannya masing-masing, termasuk dengan tariannya. Seni tari daerah berkembang mengikuti perubahan zaman. Tetapi perkembangan seni tari masih mengikuti aturan dasar tari, termasuk pola lantai. Apa yang dimaksud pola lantai?

 

Ayo Mengamati

Lihatlah peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui rekaman video. Fokuslah untuk memperhatikan gerak para penari.

1. Bagaimana formasi para penari saat melakukan gerak tari?

Para penari dapat membentuk formasi garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis ini dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian. Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai

 

2. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari?

Arah hadap gerak penari selama peragaan tari adalah bergerak maju, mundur, berputar dan melalui garis diagonal. Bentuk garis imajiner yang dilalui penari adalah berbentuk seperti lingkaran, diagonal dan lurus ke depan

 

3. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari?

Baca Juga :  Jawaban Menyimak Teks Laporan Observasi secara Kritis

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.

 

Ayo Membaca

Pola Lantai Gerak Tari

 

Pada saat menari, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

 

Garis imajiner juga dapat digambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.

 

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang. Perhatikan gambar gambar berikut.

Baca Juga :  Jawaban Kalimat Persuasif Dalam Teks “Membeli Tas”

 

arah gerak tari

 

Bentuk pola lantai dari gerak yang dilalui penari

 

formasi penari dengan pola
 

 

Pola Lantai Gerak Tari formasi penari

 

 

Perhatikan gambar tarian berikut.

 

tari legong dan tari saman

Tugas

Berdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari” diatas, kerjakan tugas berikut.

1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.

Yang dimaksud dengan pola lantai adalah garis dengan bentuk tertentu yang dilalui oleh para penari ketika melakukan gerakan tari. Pola lantai ini akan membantu para penari memaham formasi tari yang mereka bawakan.

Secara umum, jenis pola lantai terbagi atas dua yakni: garis lurus dan garis lengkung.

Pola lantai berupa Garis Lurus dibagi lagi menjadi dua macam yakni garis lurus horizontal dan garis lurus vertikal. Apabila dikembangkan lebih lanjut maka garis ini akan menghasilkan ola seperti zigzag, diagonal dan lain sebagainya.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 2.6 halaman 59 Titik Leleh dan Titik Didih IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.

Pola Lantai Gerak Tari

 

Ayo Berlatih

1. Lihatlah sebuah video tari kreasi daerah.

2. Perhatikan gerakan dan pola lantai penari dalam menyajikan tarian.

3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melakukan gerakan gerakan tari tersebuthingga dapat meragakan dengan benar.

4. Buatlah pola lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari.

 

Pola Lantai Gerak Tari. Gerak tari daerah satu dengan daerah lain memiliki karakter berbeda-beda. Tari Bali berkarakter lincah dengan rangkaian gerak patah-patah. Sebaliknya, tarian daerah Solo dan Yogyakarta cenderung berkarakter lembut dalam rangkaian gerak yang mengalir seperti aliran air yang tenang.

Sobat BW, gerak tari biasanya disesuikan dengan irama musik yang mengiringinya. Ketika irama musik cepat maka gerakan tari juga cepat disesuaikan dengan iramanya, dan juga

sebaliknya jika irama musik lambat gerakan tari juga akan mengikuti.
Semoga bermanfaat ya..