Kunci Jawaban Proyek halaman 167 Sistem Klasifikasi 5 Kingdom IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Proyek halaman 167 Sistem Klasifikasi 5 Kingdom IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMA Kelas 10 halaman 167. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka tentang Sistem Klasifikasi 5 Kingdom. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Jawaban Mencari Perbedaan kedua Teks Negosiasi

Proyek

Tahap 2. Mengidentifikasi Kelompok

Setelah Kalian selesai mengidentifikasi spesies mahkluk hidup pada kegiatan Proyek Tahap 1, maka pilihkah satu saja spesies yang menarik untuk Kalian pelajari. Indentifikasilah kelompok spesies tersebut dalam sistem klasifikasi 5 Kingdom dan ciri-ciri spesies tersebut. Kalian juga bisa melakukan kajian literatur tentang spesies tersebut.

Jawaban:

Pada tahun 1969, Robert H Whittaker mengemukakan sistem klasifikasi 5 kingdom. Kingdom tidak lagi hanya terbatas pada Animalia dan Plantae saja, tetapi juga Monera, Protista, dan Fungi atau jamur.

Kingdom Animalia

Dalam sistem klasifikasi 5 kingdom, hewan digolongkan ke dalam kingdom Animalia. Sebagaimana yang kita tahu, hewan adalah makhluk hidup dengan ciri utama “tidak dapat membuat makanannya sendiri” alias hidup dari memakan makhluk hidup lain. Berdasarkan kepemilikan tulang belakangnya, kingdom ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Avertebrata yang tidak memiliki tulang belakang dan Vertebrata yang memiliki tulang belakang.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.2 halaman 5 Perbandingan Ilmuan Sains Indonesia dan Luar Negeri IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Animalia atau hewan adalah kelompok organisme multi seluler yang bersifat heterotrof. Sel pada kingdom animalia merupakan sel eukaryotik yang tidak memiliki dinding sel. Animalia terdiri atas banyak spesies, mulai dari yang sederhana hingga ke yang kompleks, seperti porifera, coelenterate, platyhelminthes, nemathelminthes, annelida, arthropoda, moluska, Echinodermata dan chordata.

Seperti halnya plantae, animalia juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan tidak jarang juga yang merugikan.

Ciri-Ciri Kingdom Animalia

Dapat bergerak

Baca Juga :  Jawaban Tugas Kegiatan 1 Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur

Hewan-hewan dalam kelompok Kingdom Animalia memiliki sistem gerak untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh hewan

Tidak memiliki dinding sel

Berbeda dengan sel tumbuhan. Sel animalia tidak memiliki fungsi dinding sel pada tumbuhan yang memberikan kesan keras atau kaku untuk perlindungan terhadap isi sel di dalamnya, namun tetap memiliki fungsi membran sel.

Dengan tidak adanya dinding sel ini menunjang sistem gerak pada hewan sehingga memungkinkan animalia bergerak dengan aktif.

Habitat

Habitat kingdom ini dapat ditemukan di perairan air, perairan tawar, dan di tanah

Sistem Organ

Hewan-hewan dalam kelompok Kingdom Animalia memiliki banyak sistem organ. Sistem organ tersebut mempunyai fungsi spesifik yang penting untuk bertahan hidup.

Sistem organnya terdiri dari sistem skeletal (rangka), sistem otot, sistem pencernaan, sistem sirkulatori, sistem reproduksi, sistem imun, dan hormon.

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuhnya sebagian besar simetris bilateral, sedangkan hewan primitive (hewan sederhana) memiliki tubuh asimetris, dan yang lainnya memiliki bentuk simetris radial, seperti echinodermata. Bentuk tubuh ini diadaptasi dari bagaimana mereka mendapatkan makanannya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.