Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 115 Kerjasama dan Gotong Royong PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 115 Kerjasama dan Gotong Royong PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMP Kelas 7 halaman 115. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Kerjasama dan Gotong Royong. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 3 Pembinaan dan Komunikasi

Siswa Aktif

Kalian tentu sudah mengenal semua teman di kelas kan? Ternyata tidak semuanya seberuntung kalian yang semua kebutuhannya bisa terpenuhi keluarga masing-masing. Ada juga kawan-kawan yang belum sepandai kalian. Coba bentuk kelompok terdiri atas 5 (lima) siswa, dan diskusikan siapa saja yang perlu dibantu?

Mungkin ada yang perlu dibantu belajar mengejar ketertinggalannya dalam belajar di sekolah. Mungkin ada yang kesulitan pergi ke sekolah, siapa tahu ada yang punya sepeda rusak di rumah lalu diperbaiki bersama-sama untuk kemudian bisa diberikan padanya. Mungkin ada bagian rumahnya rusak dan bisa diperbaiki bersama dengan bergotong royong.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Contoh Informasi pada Iklan Elektronik

Diskusikan dalam kelompok kecil masing-masing. Lalu wakil dari setiap kelompok berdiskusi bersama, membuat rencana gotong royong apa yang bisa membantu kawan tersebut. Tuliskan rencana gotong royong tersebut beserta pembagian tugas bagi setiap siswa.

1. Kerja sama apa yang sekarang tengah kalian lakukan, baik di keluarga maupun di sekolah? Tuliskan sejelas-jelasnya apa tujuan bersama dalam kerja sama itu, dan bagaimana usaha meraih hasil bersama tersebut?

Jawaban :

Kerja sama dalam proses meningkatkan kebersihan rumah, tujuan dari kerja sama itu adalah agar semua pekerjaan terasa menjadi lebih ringan, semua pekerjaan seperti menyapu, mengepel dll, dikerjakan secara terjadwal dan terkonsep agar tidak ada rasa iri terhadap satu sama lain, usaha yang dilakukan adalah dengan mengerjakan semua pekerjaan dengan ikhlas dan tidak mengungkit karena tidak ada salahnya membersihkan rumah dengan terjadwal seperti disebutkan tadi diatas.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Lembar Aktivitas halaman 80 BAB 2 Sosiologi IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

2. Apa saja bentuk gotong royong di daerah kalian masing-masing? Gotong royong apa yang pernah kalian ikuti? Bagaimana perasaan kalian saat mengikuti gotong royong itu?

Jawaban :

Saya pernah mengikuti gotong royong bersih-bersih lingkungan. Gotong Royong yang satu ini paling sering dilakukan oleh masyarakat baik yang tinggal di desa maupun yang ada di perkotaan, biasa dilkaukan pada hari libur, bisa minggu bahkan ada yang melakukan pada hari jumat. Kegiatan yang di lakukan biasanya seperti membersihkan selokan, jalan, gang-gang, tempat ibadah, bahkan masyarakat kampung sampai membersihkan kuburan.

Perasaan saya saat mengikuti gotong royong bersih-bersih lingkungan sangat senang. Karena dari gotong-royong tersebut menumbuhkan rasa kebersamaan di antara kita.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.