siklus air

Kunci Jawaban Skema Siklus Air

Daftar Isi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Skema Siklus Air. Sobat BW, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam yang beragam. Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Air sangat penting bagi kehidupan di bumi. Setiap hari kita membutuhkan air untuk berbagai keperluan, mulai dari membersihkan diri sampai memasak. Ingatlah kegiatanmu menggunakan air mulai dari bangun pagi hingga saat ini.

 

Begitu seringnya kita menggunakan air sehari-hari. Dari mana asal air? Bagaimana alam menjaga ketersediaan air?

 

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Bersama kelompokmu perhatikan gambar berikut.

 

siklus air

 

1. Ceritakan gambar di atas.

2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan.

Ceritakan hasil pengamatan kelompokmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain.

Gambar diatas adalah contoh Siklus Air.

Proses yang terjadi di gambar tersebut adalah

Proses evaporasi, air di permukaan bumi seperti laut Sungai danau dan waduk akan Naik ke atmosphere melalui proses penguapan Dan berubah menjadi uap air di udara.

Uap air mengalami pengembunan atau kondensasi hingga membentuk butiran butiran air.butiran air ber jumlah banyak akan bergabung membentuk awan.

Butiran-butiran air yang terkumpul membentuk awan kemudian jatuh kembali ke permukaan bumi berupa titik titik air atau presipitasi. presipitasi dapat berupa hujan atau hujan salju

 

Baca Juga :  Crash Bandicoot: On The Run! Launching 25 Maret, Pra-Registrasi untuk dapat Blue Hyena Skin

Ayo Membaca

Siklus Air

Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik. Begitu besarnya kebutuhan manusia akan air. Kita bersyukur, air senantiasa tersedia di bumi. Oleh karena itu, manusia seharusnya senantiasa bersyukur kepada Tuhan pencipta alam.

 

Mengapa air selalu tersedia di bumi? Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Perhatikan skema proses siklus air berikut ini!

 

siklus air

Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Baca Juga :  KineMaster Pro MOD Apk Tanpa Watermark Gratis

 

Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.

 

Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi. Dari proses siklus air itu dapat disimpulkan bahwa sebenarnya jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah.

Baca Juga :  Chromebook Made In Indonesia, Begini Spesifikasinya

 

Sumber: IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

 

Sobat BW, air sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup di bumi. Semua makhluk hidup membutuhkan air. Banyak cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan air diantaranya manusia dapat menggali tanah dengan membuat sumur agar air didalam tanah keluar ke permukaan.

 

Sebagai manusia yang selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari kita harus bisa menjaga agar sumber air tetap terjaga seperti dengan tidak mencemari sungai, danau, dan laut, menanam tanaman hijau agar air terserap oleh akar pohon sehingga dapat membuat tanah menjadi kuat dan tidak mudah gugur, serta masih banyak usaha lain yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam berupa air.

 

Semoga bermanfaat ya..

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Skema Siklus Air yang dipublish pada Maret 22, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait