tokoh dan sifat tokoh Nelayan dan Ikan Mas

Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita. Dalam sebuah cerita terdapat tokoh dengan segala macam sifatnya. Ada tokoh mempunyai sifat baik, ada juga tokoh yang bersifat tidak baik/buruk. Semua tokoh dan sifatnya memiliki peran yang penting dalam sebuah cerita yang membuat sebuah cerita menjadi menarik untuk dibaca. Seperti dalam sebuah cerita Nelayan dan Ikan Mas yang akan kita baca dibawah ini.

Nelayan dan Ikan Mas

 

Nelayan dan Ikan Mas

 

Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita – Dalam sebuah kisah diceritakan ada sepasang suami istri yang sudah tua dan hidup sederhana, sebut saja kakek dan nenek. Mereka tinggal di gubuk reot di tepi pantai. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya, kakek bekerja sebagai nelayan. Nenek di rumah mengerjakan pekerjaan rumah.

 

Seperti hari-hari biasa, pagi itu kakek pergi ke laut mencari ikan. Kakek mencari ikan menggunakan jala. Hampir seharian kakek menjala, tetapi kakek belum juga mendapat ikan. Hingga akhirnya, jala kakek bergerak kencang. Kakek segera mengangkat jalanya. Ternyata kakek mendapat seekor ikan mas kecil.

 

Alangkah terkejutnya kakek saat memegang ikan mas terdengar suara layaknya manusia. Suara itu berasal dari mulut ikan mas. Ternyata ikan mas hasil tangkapan kakek bisa berbicara. Ikan mas minta tolong kepada kakek untuk dilepas kembali ke laut. Sebagai imbalannya, ikan mas akan memenuhi segala permintaan kakek. Akibat rasa kaget, tanpa berpikir panjang kakek langsung melepas ikan mas kembali ke laut tanpa mengajukan permintaan apa pun.

Baca Juga :  Langkah-Langkah Membuat Laporan yang Mengandung Gambar dan Diagram (Chart) menggunakan MS Office 2016

 

Kakek pulang dengan tangan hampa karena seharian kakek tidak mendapatkan ikan. Tak pelak nenek yang sudah menunggu lama di rumah marah. Nenek bingung karena tidak ada yang bisa dimakan hari itu. Untuk menenangkan hati istrinya, kakek menceritakan pertemuannya dengan ikan mas ajaib yang bisa berbicara layaknya manusia dan berjanji mau memenuhi segala permintaannya. Mendengar cerita kakek, nenek tambah marah karena kakek tidak meminta apa pun dari ikan mas. Padahal hidup mereka serba kekurangan, bak cucian lapuk, dan tinggal di gubuk reot.

 

Nenek menyuruh kakek kembali ke laut dan mengajukan permintaan kepada ikan mas. Nenek menginginkan bak cucian yang baru. Akhirnya, kakek kembali ke laut dan meminta bak cucian baru kepada ikan mas. Sungguh ajaib, dalam waktu sekejap sudah ada bak cucian baru di depan rumah. Keajaiban itu, ternyata tidak membuat nenek bersyukur. Sebaliknya, nenek semakin serakah. Nenek menyuruh kakek kembali ke laut untuk mengubah gubuk reotnya menjadi rumah baru tanpa ada kayu lapuknya. Kakek pun menuruti keinginan nenek. Kembalilah kakek ke laut menemui ikan mas dan menyampaikan keinginan istrinya. Lagi-lagi terjadi keajaiban, sepulang dari laut rumah kakek sudah berubah menjadi rumah baru tanpa ada kayu lapuknya.

 

Sang nenek masih saja tidak puas dengan rumah barunya. Banyak permintaan yang nenek ajukan. Mulai dari istana, menjadi penguasa provinsi atau gubernur, dan menjadi ratu. Semua sudah kakek sampaikan kepada ikan mas dan terkabulkan. Dasar manusia serakah, ia ingin meminta lebih. Akhirnya, nenek menyuruh kakek minta kepada ikan mas agar nenek menjadi dewi laut dan ikan mas menjadi pelayannya. Mendengar permintaan tersebut, ikan mas tidak menjawab apa pun dan langsung kembali berenang ke laut.

 

Ketika kakek pulang ke rumahnya, ia tidak melihat lagi istana dan pelayan-pelayan istrinya. Kakek hanya melihat gubuk reot dengan beberapa kayu lapuknya. Sementara nenek tampak duduk melamun memandangi bak cucian yang lapuk seperti sedia kala. Penyesalan atas keserakahan nenek pun tiada guna.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tujuan, Ciri-Ciri, dan Bentuk Iklan

 

Sumber: http://dongengceritarakyat.com/dongeng-legenda-hewan-ikan-mas-pengabulpermintaan/

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!

Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita

1. Mengapa cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ disebut sebagai cerita fiksi?

Cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ disebut sebagai cerita fiksi karena cerita tersebut merupakan cerita yang didasarkan imajinasi pengarangnya dan bertujuan untuk menghibur serta memberikan pengajaran lewat cerita tersebut

2. Siapa sajakah tokoh-tokoh yang ada dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Tokoh-tokoh yang ada dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ adalah kakek, nenek, dan ikan mas

3. Bagaimanakah sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Kakek (penurut), nenek (serakah), ikan mas (menepati janji)

4. Hikmah apa yang bisa kamu petik dari cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Hikmah yang diperoleh dari cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ adalah kita tidak boleh serakah dan harus selalu bersyukur atas apa yang kita miliki

5. Sikap apakah yang harus kita hindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa?

Sikap yang harus dihindari agar kita bisa bersyukur adalah serakah, tamak, keras kepala

 

 

Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita – Berdasarkan cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’, Sobat BW dapat memahami adanya tokoh dan peran tokoh. Dalam cerita fiksi, tokoh memegang peranan penting. Tokoh akan membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik seolah-olah terjadi di alam nyata.
Tokoh adalah orang yang menggambarkan suatu peristiwa dalam sebuah cerita yang diperankan. Para tokoh dalam cerita memiliki peranan masing-masing yang berbeda satu tokoh dengan tokoh lainnya. Mari kita mengingat kembali mengenai tokoh dalam cerita fiksi.

 

Pada dasarnya, tokoh dibedakan menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan (pembantu). Pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya kamu sudah mengenal berbagai tokoh dalam cerita. Mari, kita mengingat kembali.

 

1. Tokoh utama

Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu cerita. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.Bahkan dalam novel-novel tertentu, tokoh utama senantiasa hadir dalam setiap kejadian dan dapat ditemui dalam tiap halaman novel yang bersangkutan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 131 Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

2. Tokoh Tambahan (pembantu)
Tokoh tambahan (pembantu) adalah tokoh yang memiliki peranan tidak penting dalam cerita. Kehadiran tokoh pembantu sekadar menunjang tokuh utama.

 

Tokoh juga dapat dibedakan berdasarkan peran tokoh dalam sebuah cerita yaitu tokoh protagonis dan antagonis. Mengapa dikatakan tokoh protagonis dan antagonis?

 

1. Tokoh Protagonis

Tokoh protagonis adalah tokoh yang memiliki watak baik sehingga disenangi dan dikagumi pembaca. Protagonis adalah pelaku yang memiliki watak yang baik sehingga disenangi pembaca.

 

2. Tokoh Antagonis

Tokoh antagonis adalah tokoh yang tidak disenangi pembaca karena perannya tidak sesuai yang didambakan pembaca. Tokoh antagonis ini menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan yang dialami oleh tokoh protagonis. Antagonis adalah pelaku yang tidak disenangi pembaca yang tidak sesuai dengan isi cerita yang didambakan oleh pembaca.

 

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita – Berdasarkan penjelasan tentang tokoh dan jenisnya, diskusikan bersama dua orang temanmu tentang tokoh utama dan tokoh pembantu dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Selanjutnya berdasarkan peranannya, tuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Tulislah hasil diskusidalam mu pada kotak berikut.

 

Tokoh utama dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ adalah kakek dan ikan mas

Tokoh pembantu dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ adalah nenek

Tokoh protagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ adalah kakek dan ikan mas karena kedua tokoh tersebut bersifat baik. Kakek selalu menuruti keinginan nenek dan ikan mas selalu mengabulkan permintaan nenek

Tokoh antagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ adalah nenek karena nenek bersifat tamak dan serakah. Nenek selalu tidak puas dengan apa yang telah dia miliki dan selalu meminta lebih

 

Peran tokoh dalam cerita sebenarnya menggambarkan peran manusia dalam kehidupan nyata. Dalam kehidupan nyata manusia mempunyai karakter berbeda-beda. Ada yang berkarakter baik (protagonis) dan ada yang berkarakter tidak baik (antagonis). Ada yang menyenangkan dan ada tidak menyenangkan. Semua itu merupakan keragaman karakteristik individu.

 

Adakah orang disekitar Sobat BW yang memiliki karakter protagonis dan antagonis. Semua karakter tersebut membuat kehidupan bersosial menjadi menarik ya. Agar tercipta kehidupan yang rukun kita harus memiliki sikap toleransi ya Sobat BW.

Semoga bermanfaat..

 

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Tokoh dan Sifat Tokoh dalam Cerita yang dipublish pada Februari 6, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait