Kunci Jawaban Uji Kompetensi halaman 108 Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Uji Kompetensi halaman 108 Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMP Kelas 7 halaman 108. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Uji Kompetensi

1. Vera tinggal di perkampungan yang padat di kota, sedangkan Dian tinggal di pedesaan. Jalan di daerah tempat tinggal Vera berupa gang-gang sempit, dengan selokan yang berair kotor kehitaman dan banyak sampah. Sedangkan di daerah Dian banyak kebun yang kurang terurus dengan jalanan tanah berbatu.

Apa yang kalian sarankan untuk mengembangkan lingkungan tempat tinggal Vera dan Dian?

Jawaban:

Baca Juga :  Contoh Modul P5 Kurikulum Merdeka

Saran untuk lingkunan tempat tinggal Vera yakni, diadakan gotong royong antar warga untuk membersihkan selokan dari sampah.

Sementara untuk lingkungan tempat tinggal Dian lebih disarankan untuk lebih memperhatikan kebun yang ada.

Karena jika kebun-kebun yang ada di lingkungan diurus dengan baik, maka tampilan lingkungan tersebut akan lebih asri.

2. Banyak remaja saat ini yang gemar makanan kekinian seperti fried chicken, burger, hingga minuman bubble dan sebagainya yang dijual oleh resto-resto modern bermerek asing, dan merasa malu membeli makanan tradisional. Padahal para ahli kuliner dunia menyebut makanan kekinian itu junk food yang tidak sehat atau ‘makanan tidak sehat/kurang nutrisi’. Mereka sangat menghargai makanan tradisional karena masing-masing sangat khas.

Menurut kalian, mengapa banyak remaja menyukai makanan tidak sehat tersebut? Sikap kalian sendiri bagaimana terhadap makanan tradisional yang dihargai para ahli kuliner dunia?

Jawaban:

Para remaja banyak yang menyukai makanan kekinian yang berasal dari luar negeri karena hal tersebut membuat para remaja merasa gaul dan keren karena mengikuti perkembangan zaman yang ada dengan mengonsumsi makanan tersebut. Hal tersebut sebetulnya tidaklah salah, namun harus diimbangi dengan kebanggaan dan tetap mengonsumsi makanan negeri sendiri.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kewajiban dan Hak Lingkungan

Hal tersebut karena makanan tradisional juga memiliki cita rasa yang memikat dan banyak yang memiliki gizi lebih tinggi dibanding makanan junk food yang berasal dari luar negeri. Selain itu, makanan tradisional Indonesia juga banyak yang mendapat pengakuan dari para ahli kuliner dunia yang sangat membanggakan saya sebagai warga negara Indonesia.

Alasan terjadinya fenomena ini pada generasi sekarang dikarenakan oleh berbagai faktor seperti:

a. Faktor lingkungan yang sering menampilkan produk-produk tersebut menyebabkan pelaku terkena sesuatu yang disebut dalam dunia psikologi sebagai efek ilusi kebenaran. yaitu menganggap kejadian berulang tersebut sebagai kebiasaan yang paling benar. Pada kasus ini adalah kebiasaan memakan makanan tersebut sebagai makanan pokok.

b. Secara pribadi saya tidak membedakan makanan berdasarkan asal usulnya. Saya mendukung pendapat cheff tersebut karena setiap makanan memiliki ranah penggemar masing-masing.

3. Refa berasal dari keluarga mampu. Teman-temannya juga banyak dari keluarga kaya. Untuk sepatu, baju, dan semua yang dipakai Refa dan kawan-kawannya harus serba mahal dan buatan luar negeri. Mereka berpendapat kalau barang mahal dan buatan luar negeri pasti bagus, maka mereka tidak mau membeli produk dalam negeri apalagi yang diproduksi dekat tempat tinggalnya sendiri.

Bagaimana sikap kalian terhadap Refa dan kawan-kawannya itu?

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 21 Tujuan Percobaan IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Memberitahunya bahwa produk buatan Indonesia itu bagus dan kualitasnya sama dengan produk luar negeri, banyak barang yang dijual diluar negeri padahal barang tersebut diproduksi di indonesia. kita harus bangga dengan produk Indonesia karena sudah bagus murah dan berkualitas.

Karena dengan menggunakan produk buatan dalam negeri, kita sekaligus juga dapat membantu perekonomian dalam negeri bahkan bagi pengrajin lokal.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.