Kunci Jawaban Uji Pemahaman 95 Membangun Kesepakatan Bersama PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Uji Pemahaman 95 Membangun Kesepakatan Bersama PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMA/SMK Kelas 10 halaman 95. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka tentang Membangun Kesepakatan Bersama. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Jawaban Menyimak Laporan Hasil Observasi Berjudul Tonggeret

Uji Pemahaman

a. Apakah yang dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama”?

Jawaban:

Membangun Kesepakatan Bersama

Membuat sebuah keputusan dengan melibatkan semua pihak yang terlibat dan secara transparan memberikan segala informasi yang berkaitan dengan keputusan tersebut.

b. Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama?

Jawaban:

Cara membuat kesepakatan bersama

Adanya negosiasi dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain dengan mengedepankan prinsip-prinsip berdemokrasi, seperti kesamaan di depan hukum, tidak boleh ada diskriminasi, senantiasa bersikap toleran, dan menghargai hak dari setiap orang atau pihak.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Unsur dan Ciri Bahasa Iklan

c. Apakah kalian terlibat dalam rapat untuk membangun kesepakatan bersama di dalam keluarga, masyarakat atau di lembaga pendidikan?

Jawaban:

Ya.

Dengan ikut terlibat dalam suatu rapat untuk membangun kesepakatan bersama di dalam keluarga, masyarakat atau di lembaga pendidikan maka interaksi sosial dapat berjalan dengan baik menjadi lebih terbuka, lebih dinamis, dan saling mendukung.

Baca Juga :  Jawaban Tugas Menelaah Bagian-Bagian Penting dalam Teks Ceramah

d. Ceritakan pengalaman kalian terlibat dalam rapat!

Jawaban:

Pengalaman saya terlibat dalam rapat:

Waktu itu saya mengikuti rapat pemilihan ketua dan pengurus ekstrakulikuler di sekolah. Dalam proses rapat, sering tidak mudah, terlebih di awal. Peserta rapat dihadapkan dengan banyak kepala yang memiliki cara pandang dan pikiran berbeda-beda.

Saya diusulkan sebagai Ketua, dari awal saya tidak mau ditunjuk sebagai Sekretaris. Namun mayoritas anggota rapat memilih saya untuk menduduki posisi Sekretaris. Tapi saya mencoba menghargai pendapat mayoritas peserta rapat dan menerima keputusan bersama walau saya merasa tidak siap atas penunjukan tersebut.

 

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.

Atun Supriyanti

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Uji Pemahaman 95 Membangun Kesepakatan Bersama PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada Desember 5, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait