Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 162 Belajar dari Kekayaan Tradisi PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 162 Belajar dari Kekayaan Tradisi PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Soal SAS Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMA/SMK Kelas 10 halaman 162. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka tentang Belajar dari Kekayaan Tradisi. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut:

1. Pernahkah kamu menemukan praktik-praktik yang bertentangan dengan semangat penghargaan terhadap keragamaan di lingkungan sekolah atau tempat tinggalmu? Berikan penjelasan.

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Daur Hidup Katak dan Ayam"

Di lingkungan sekitar, berikut adalah beberapa praktik-praktik yang bertentangan dengan sikap saling menghargai terhadap keragaman:

a. Menutup tempat ibadah yang digunakan oleh agama lain meskipun tempat ibadah tersebut sudah memiliki izin yang diperlukan.

b. Adanya diskriminasi yang masih terjadi kepada etnis-etnis tertentu.

c. Adanya stereotip yang dikenakan pada suku bangsa tertentu sehingga mendorong perilaku yang cenderung diskriminatif.

Menurut saya, hal tersebut merupakan bentuk intoleransi atas keberagaman, sehingga bukan saja melanggar peraturan undang-undang, melainkan juga melanggar nilai-nilai Pancasila dan Kebhinekaan.

2. Banyak sekali budaya luar yang datang ke Indonesia dan disukai oleh anak-anak muda. Bagaimana kalian menjelaskan kenyataan ini?

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 21 halaman 178 Pasar Online IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Banyak sekali budaya luar yang datang ke Indonesia dan disukai oleh anak-anak muda. Contoh budaya luar yang masuk seperti K-Pop dan K-Drama, kartun, anime, komik/manga, novel, sinetron, dsb.

Di tengah maraknya arus globalisasi yang masuk ke Indonesia ini, membuat dampak negatifnya sendiri bagi Bangsa Indonesia terutama bagi kalangan remaja Indonesia di bidang kebudayaan. Karena semakin terkikisnya nilai – nilai budaya kita oleh pengaruh budaya asing yang masuk ke negara kita dan sudah menghilang sedikit demi sedikit.

Salah satu contoh yang dapat dilihat dari sisi negatif kebudayaan asing yang datang ke Indonesia adalah gaya hidup orang asing, mulai dari cara berpakaian kurang sopan yang seharusnya tidak digunakan sampai dengan cara bergaul mereka.

Contoh sisi negatif lainnya yaitu, cara bergaul mereka yang terlalu bebas yang di adopsi remaja kita menyebabkan banyak sekali penyimpangan norma di Indonesia.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.