unsur-unsur iklan

Kunci Jawaban Unsur dan Ciri Bahasa Iklan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Unsur dan Ciri Bahasa Iklan. Sebuah produk, jasa, dan pariwisata sekarang dapat degan mudah dipromisikan melalui iklan, baik iklan elektronik maupun cetak. Iklan ini memiliki fungsi agar konsumen mengenal produk, jasa, maupun pariwisata dan nanttinya dapat tertarik untuk membeli, menggunakan, atau mengunjungi tempat wisata yang diiklankan.

 

Sobat BW, ada banyak sekali produk, jasa, dan pariwisata yang dapat diiklankan melalui media elektronik maupun cetak. Tentunya kita sering menjumpai dan juga melihat iklan produk yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti sabun mandi, shampo, keju, roti, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan jasa dan pariwisata. Sekarang banyak diiklankan jasa pemesanan tiket ataupun juga promosi tempat wisata yang dapat kita lihat di televisi dan internet. Iklan-iklan tersebut dibuat semenarik mungkin sehingga akan menumbuhkan keinginan konsumen untuk membeli produk yang diklankan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pengayaan halaman 202 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Rabu pagi, Edo bersiap-siap berangkat ke sekolah. Edo memakai baju batik yang merupakan seragam identitas sekolahnya. Sebelum berangkat, Edo tidak lupa menyantap sarapan pagi dan minum segelas susu yang telah disiapkan oleh Ibunya.

 

Ayo Mengamati

Pagi itu Edo berangkat sekolah. Tidak lupa Edo berpamitan dengan ayah dan ibunya. Sesampai di sekolah, Edo belajar mengenai iklan. Edo dan teman teman mengamati sebuah iklan dari selebaran yang dibawa oleh Ibu Guru. Pada pembahasan tentang iklan sebelumnya, kamu telah mengetahui tentang pengertian iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk-bentuk iklan di media cetak.

 

Sekarang kamu akan mempelajari tentang unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak.

 

unsur-unsur iklan

 

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan.

Baca Juga :  Jawaban Pertanyaan Pemantik Tentang Puisi

 

Unsur-unsur Iklan

1. Kalimat deskriptif

2. Kalimat persuasif

3. Attention ( perhatian )

4. Interest ( minat )

5. Desire ( keinginan )

6. Conviction ( rasa percaya )

7. Action ( tindakan )

8. Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

Pembahasan :

Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang sedang ditawarkan.

Iklan atau pariwara merupakan bagian penting dalam mempromosikan atau menawarkan suatu barang ataupun jasa

 

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.

 

Ciri-ciri Bahasa Iklan

1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.

3. Menggunakan kata konotasi positif.

4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik

 

Ayo Berlatih

Untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang iklan, lakukanlah latihan berikut.

Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Apakah Pemilihan Bentuk dan Ukuran Huruf Telah Mendukung Kejelasan Informasi pada Infografik? Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 75 Kurikulum Merdeka

 

ciri-ciri bahasa iklan

 

Setelah kamu membaca iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam iklan di atas.

a. Kalimat deskriptif

b. Kalimat persuasif

c. Attention ( perhatian )

d. Interest ( minat )

e. Desire ( keinginan )

f. Conviction ( rasa percaya )

g. Action ( tindakan )

 

2. Bagaimana ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan tersebut?

Bahasanya singkat, jelas, mudah dipahami, dan menarik

 

Sobat BW, agar sebuah iklan efektif maka unsur-unsur seperti kalimat yang efektif, kalimat persuasif, menarik perhatian, menimbulkan minat serta keinginan, dan menumbuhkan kepercayaan serta tindakan perlu digunakan.

 

Selain itu bahasa yang singkat, padat, jelas, dan menarik juga akan membuat iklan tersebut dapat diingat dan menarik perhatian konsumen.

 

Nah Sobat BW, itulah unsur-unsur dan ciri-ciri iklan yang baik yang dapat kalian contoh ketika mempromosikan sebuah produk, jasa, maupun pariwisata.

 

Semoga bermanfaat ya..