unsur-unsur iklan elektronik
unsur-unsur iklan elektronik

Kunci Jawaban Unsur-Unsur Iklan Elektronik

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Unsur-Unsur Iklan Elektronik. Sobat BW, dahulu kita melihat ataupun membaca iklan di koran atau surat kabar lainnya. Seiring perkembangan zaman media untuk beriklan pun mulai memanfaatkan media elektronik untuk mempromosikan sebuah produk. Ada beberapa unsur yang harus ada dalam sebuah iklan elektronik. Apa sajakah unsur-unsur iklan elektronik? Sebelumnya mari kita simak cerita Siti dan keluarganya yang memiliki beberapa barang elektronik dibawah ini.

 

Minggu pagi Siti membantu ibu membersihkan rumah. Siti membersihkan debu yang ada pada barang-barang dalam ruang keluarga dengan hati hati. Siti membersihkan ruang tamu dibantu adik. Banyak barang dalam ruang keluarga Siti. Ada meja, kursi, televisi, radio, dan komputer. Televisi, radio, dan komputer sengaja ayah Siti taruh di ruang keluarga. Tujuannya agar semua anggota keluarga bisa berkumpul dalam satu ruangan, meskipun berbeda-beda aktivitas. Saat keluarga Siti membersihkan rumah, mereka kadang-kadang sambil mendengarkan lagu-lagu dari radio.

 

Di ruang keluarga, Siti sering ditemani ayah mencari informasi dari internet melalui komputer. Sementara itu, adik didampingi ibu duduk di kursi nonton televisi. Keluarga Siti hidup rukun. Kerukunan keluarga Siti juga tampak saat bekerja sama membersihkan rumah.

 

Di ruang keluarga Siti ada beberapa alat elektronik. Siti membersihkannya dengan hati-hati. Apa sajakah alat-alat elektronik yang ada di ruang keluarga Siti?

 

Ayo Mengamati

Perhatikan alat-alat elektronik yang ada di ruang keluarga Siti berikut.

1. Televisi

Sebagai salah satu media elektronik, televisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Televisi berfungsi untuk menghibur, mendidik, dan memberi informasi. Televisi memberikan banyak informasi bagi pemirsa. Salah satu bentuk informasi yang ditayangkan televisi adalah iklan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Karya Seni Rupa Daerah

 

 

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat pada umumnya. Televisi mempunyai banyak keunggulan dalam menyampaikan iklan. Oleh karena itu, iklan melalui televisi lebih menarik dan mempunyai nilai pesan yang tinggi. Televisi sebagai media audio visual menayangkan iklan yang dapat dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.

 

2. Radio

Sama halnya dengan televisi, radio juga mempunyai fungsi penting bagi masyarakat umum. Fungsi radio yaitu sebagai sarana penerangan, pendidikan, hiburan, dan sarana propaganda. Bukti bahwa radio mempunyai fungsi sebagai sarana propaganda terlihat dengan banyaknya pemasanga iklan yang memilih siaran radio sebagai sarana pemasangan iklannya. Iklan radio berupa kombinasi dari bunyi dan kata-kata (voice) dan efek suara (sound effect). Iklan radio hanya dapat didengar tidak dapat dilihat seperti iklan televisi. Oleh karena itu, radio dikenal sebagai media audio.

 

 

3. Komputer

Seperti televisi dan radio, komputer juga sebagai media elektronik. Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. Komputer mampu menerima input, memproses input sesuai instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer bisa menjadi sarana promosi atau iklan bisnis. Banyak perusahaan besar, pribadi, dan pengusaha yang menggunakan layanan internet di komputernya untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya. Layanan internet di komputer sebagai sarana promosi atau iklan dapat menjangkau wilayah yang sangat luas dengan biaya murah.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cara Menghargai Kegiatan Ekonomi

 

 

Itulah peralatan elektronik yang ada di ruang keluarga Siti. Televisi, radio, dan layanan internet di komputer ternyata mempunyai salah satu fungsi yang sama, yaitu sebagai sarana promosi atau iklan. Oleh karena itu, ada istilah iklan elektronik. Berdasarkan media yang menyajikan iklan elektronik, televisi radio, dan layanan internet di komputer dapat disebut sebagai unsur iklan elektronik. Masih ingatkah kamu dengan pengertian iklan elektronik?

 

Ayo Berlatih

Apakah yang dimaksud iklan elektronik?

Yang dimaksud dengan iklan elektronik adalah jenis iklan atau reklame yang dipublikasikan, disiarkan atau disebarkan melalui media-media elektronik seperti televisi, radio atau internet.

 

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan agar menarik.

Unsur-Unsur Iklan

1. Perhatian (Attention)

Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

 

2. Minat (Interest)

Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

 

3. Keinginan (Desire)

Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.

 

4. Rasa Percaya (Conviction)

Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

 

5. Tindakan (Action)

Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

 

Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum.

Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Membedakan Zat Tunggal dan Campuran

Unsur-Unsur Iklan Elektronik

 

Radio

1. kombinasi dari bunyi dan kata kata (voice) dan efek suara (sound effect).

2. Perhatian

3. Minat

4. Keinginan

5. Rasa percaya diri

6. Tindakan

 

Televisi

1. Kombinasi dari suara, gambar, dan gerak

2. Perhatian

3. Minat

4. Keinginan

5. Rasa percaya diri

6. Tindakan

 

Internet

1. Bentuknya beragam. Ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar

2. Perhatian

3. Minat

4. Keinginan

5. Rasa percaya diri

6. Tindakan

 

Beri penilaian terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar.

Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.

Penilaian: Belum sesuai dengan unsur-unsur iklan yang ada

Alasan: Pada iklan makanan tersebut tidak dicantumkan nama produk, gambar produk kurang menarik, tidak menunjukkan keunggulan produk, tidak ada kalimat deskripsi produk atau ajakan untuk membeli produk.

 

unsur-unsur iklan elektronik

Penilaian: Sudah memenuhi beberapa unsur-unsur iklan

Alasan: Pada iklan minuman tersebut sudah dicantumkan nama produk, deskripsi produk, keunggulan produk yang dituliskan secara tersirat bahwa dengan produk minuman tersebut membuat pengguna energik dalam olahraga.

 

Penilaian: Sudah memenuhi unsur-unsur iklan

Alasan: Pada iklan kartu perdana ditampilkan dengan visualisasi gambar yang menarik. Gambar yang digunakan menggambarkan keunggulan produk. Selain itu, juga dicantumkan nama produk dan deskripsi produk dengan jelas.

 

Nah Sobat BW, unsur-unsur iklan elektronik antara lain: iklan harus menarik perhatian, menimbulkan minat, menggerakkan keinginan konsumen, menimbulkan rasa percaya, dan tindakan dari konsumen untuk membeli suatu produk.

Semoga bermanfaat ya..