Pengertian Kapitaliasasi Pasar dan Pentingnya pada Trading

Pengertian Kapitaliasasi Pasar dan Pentingnya

Pengertian Kapitaliasasi Pasar dan Pentingnya pada Trading – Jika berbicara mengenai Investasi atau Saham tentunya sudah tidak asing lagi dengan Istilah kapitalisasi pasar di bursa saham. Namun, tidak jarang pula sobat warganet yang belum paham Pengertian Kapitaliasasi Pasar Trading dan apa perlunya kapitalisasi pasar pada trading / investasi. Oleh karena itu, berita warganet akan membahasnya pada artikel kali ini.

Kapitalisasi pasar atau market capitalization dan biasa disingkat dengan market cap adalah nilai saham sebuah perusahaan yang beredar di pasar. Dengan kata lain, market cap adalah gambaran dari berapa nilai total sebuah perusahaan. Kapitalisasi pasar juga mencerminkan harga keseluruhan perusahaan apabila sobat warganet ingin membeli 100% kepemilikan saham dari sebuah perusahaan. Nah, jika sobat warganet ingin mengetahui jumlah Kapitalisasi pasar sobat warganet dapat menghitungnya dengan cara berikut
Kapitalisasi : Harga saham x jumlah saham beredar 
Contohnya jika sobat ingin mengetahui Kapitalisasi pasar dari BBRI sobat dapat menghitungnya dengan cara diatas. Misalnya Harga saham BBRI adalah 4.530. Sedangkan jumlah saham beredar BBRI adalah 122.112.351.900 saham.  Maka sobat tinggal mengalikan Harga Saham dengan Jumlah Saham beredar. Yaitu 4.530 x 122.112.35.900 Sehingga Kapitalisasi Pasar dari BBRI adalah Rp 553.168.954.107.000 atau Rp 553 Triliun.  

Nilai kapitalisasi pasar saham akan berubah-ubah tergantung dengan kondisi. Hal ini dikarenakan harga saham yang bergerak naik turun setiap harinya. Semakin besar kapitalisasi pasar, maka semakin bagus performa saham perusahaan tersebut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini dikarenakan kapitalisasi pasar yang besar bisa dipengaruhi oleh dua hal:

1. Harga saham naik, jumlah saham beredar naik / tetap

Kondisi harga saham yang terus naik, bisa meningkatkan market cap atau kapitalisasi pasar. Apabila harga saham  terus naik,  bisa menjadi salah satu tanda bahwa kepercayaan investor semakin besar akan saham tersebut.  Namun, tentunya sebelum sobat warganet memutuskan akan membeli atau tidak, tentu saja harus menganalisa kenaikan harga saham lebih dalam. Hal ini dikarena tak sedikit pula saham yang terus naik, bukan dari fundamentalnya, namun karena memang sedang di pom-pom oleh bandar. 

2. Banyaknya Jumlah saham yang beredar

Jumlah saham beredar yang besar membuat market cap perusahaan juga cenderung lebih besar dibandingkan saham-saham yang jumlah saham beredarnya sedikit. Hal ini  akan membuattrader dan investor akan tertarik. Hal itulah yang menyebabkan mengapa saham yang jumlah saham beredarnya banyak, sahamnya cenderung likuid dan banyak ditradingkan. Market cap yang besar bisa menunjukkan bahwa saham tersebut dihargai semakin mahal oleh market.  Dan apabila sobat warganet sendiri adalah seorang pemilik perusahaan, maka semakin tinggi nilai kapitalisasi pasar, semakin besar juga kekayaan yang kamu miliki.
Nah setelah mengetahui apa itu Kapitalisasi pasar, lantas apa sih pentingya hal teresebut pada investasi

Pentingnya Kapitalisasi Pasar

Bagi seorang trader maupun investor tentu saja penting untuk mengetahui kapitalisasi pasar. Walaupun market cap hanyalah salah satu faktor analisa. Bagi mayoritas investor lebih cenderung mengincar saham saham yang memiliki nilai market cap tinggi. Sobat warganet dapat melihat contoh saham saham blue chip yang memiliki market cap yang besar dan rata-rata sahamnya bisa naik dalam jangka panjang. 

Dan bagi sobat warganet dengan tipe investor saham konservatif (low risk), maka saham yang memiliki market cap besar dan mempunyai kinerja fundamental yang bagus. Hal tersebut dapt menjadi pilihan untuk investasi karena saham saham tersebut punya pergerakan harga yang lebih stabil. 
Baca Juga : Trading Emas , Pengertian dan Penjelasanya

Semakin besar market cap, maka semakin likuid sahamnya demikian juga sebaliknya. Sehingga jika sobat warganet ingin mencari saham yang memiliki risikonya kecil dan fluktuatif yang lebih bagus, maka carilah saham saham yang  memiliki market cap yang besar. Demikianlah Pengertian Kapitaliasasi Pasar dan pentingnya pada investasi. Semoga bermanfaat
Baca Juga :  Jenis - Jenis Asuransi Yang Ada di Indonesia