Persamaan dan Perbedaan Tanda Pengenal Yang Dimiliki Siti dan Lani, Kelas 3

Berlatih Mandiri

Siti berlatih agar dapat menjahit dengan mandiri. Siti rajin berlatih menjahit. Siti berlatih menjahit tanda pengenal pramuka. Ibu Siti membimbing Siti menjahit.

Edo berlatih agar dapat membersihkan rumah dengan mandiri. Edo sedang membersihkan rumah bersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan kaca meja.

Lani berlatih agar dapat memasak secara mandiri. Lani sedang membantu Ibu memasak. Lani memperhatikan cara ibu memasak.

Udin berlatih agar dapat menabung di bank secara mandiri. Udin pergi ke bank bersama ayah. Udin memperhatikan cara ayah menabung di bank.

Semua anak berlatih mandiri. Semua anak berlatih mengerjakan segala sesuatu sendiri. Semua anak menjadi orang yang mandiri.

Baca Juga :  Voluptate et iste quia voluptatem adipisci

Ayo Berlatih

Persamaan dan Perbedaan tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani

Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapatkan tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus dapat terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga memiliki banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri.

Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas!

Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?

Apa saja persamaan dan perbedaannya?

Tuliskan persamaan dan perbedaan pada table berikut!

PersamaanPerbedaan
Sama-sama mengenakan tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, tanda pelantikan, tanda lokasi, badge daerah, tanda barung, TKK.Siti mengenakan tanda jabatan pemimpin barung utama dan papan nama, sedangkan Lani tidak.
Siti TKK menjahit, Lani TKK memasak

Sifat Persegi Panjang

Siti memiliki tanda jabatan berbentuk persegi Panjang

Baca Juga :  Jawaban PMM Post Test Topik 9 Refleksi Diri

Jawablah pertanyaan tentang sifat persegi panjang!

Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi panjang.

Apakah persegi panjang merupakan bangun segi empat? ya

Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya? Mempunyai 2 pasang sisi yang sama panjang yaitu sisi yang berhadapan panjangnya sama.

Bagaimana ukuran besarnya sudutnya? Keempat sudutnya sama besar yaitu sudut siku-siku.

Buatlah simpulan sifat persegi panjang dari kegiatan tersebut!

Kesimpulan

Persegi panjang adalah bangun segi empat yang memiliki dua pasang sisi yang berhadapan yang sama Panjang dan mempunyai 4 sudut yang sama besar yang berbentuk sudut siku-siku.

Kegiatan menentukan sifat persegi Panjang dapat dilakukan secara berkelompok. Bekerja sama dengan teman satu kelompok sangat menyenangkan. Pekerjaan menjadi terasa lebih mudah. Pekerjaan juga dapat dikerjakan lebih cepat.

Keterampilan Berkelompok

Anggota pramuka dilatih memiliki keterampilan secara berkelompok. Contoh keterampilan secara berkelompok yaitu mendirikan tenda. Saat mendirikan tenda perlu kerja sama. Anggota pramuka dilatih agar dapat bekerja sama. Anggota pramuka dilatih untuk saling menghargai.

Baca Juga :  Honda CBR 150R 2022, Review Spesifikasi Mesin dan Harga Terbaru!

Bekerja sama dan saling menolong termasuk pengamalan sila ke tiga Pancasila. Bunyi sila ketiga adalah persatuan Indonesia. Lambang dari sila ketiga Pancasila adalah pohon beringin.

Baca juga Mencari Arti Kata Tentang Identitas Negara, Kelas 3 SD Tema 8

Ayo Membaca

Persatuan Indonesia

Sekelompok anggota pramuka sedang bermusyawarah. Mereka bermusyawarah, mendiskusikan penyelesaian suatu masalah. Mereka mencari cara untuk menghindari banjir di lingkungan sekolah. Mereka berdiskusi dengan baik. Semua anggota menyampaikan pendapat. Mereka setuju mengadakan kegiatan membersihkan selokan di lingkungan sekolah. Sikap mereka menunjukkan sikap pengamalan dari sila Pancasila.

Bermusyawarah merupakan pengamalan sila ke empat Pancasila. Bunyi sila keempat Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Saat bermusyawarah, semua anggota diberi kesempatan memberikan pendapat. Semua anggota saling menghargai pendapat yang dikemukakan. Mereka mengamalkan sila kedua Pancasila. Bunyi sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.

Semua peserta musyawarah melaksanakan hasil kesepakatan. Mereka bekerja sama membersihkan selokan sekolah. Bekerja sama merupakan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah persatuan Indonesia.

Ayo Berlatih

Warnailah bagian perisai lambang negara berikut ini!

Sikap yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila

Warnailah sesuai dengan sila Pancasila! Isilah tabel berikut dengan benar!

Sikap/ PerilakuPengamalan Sila Pancasila 
 LambangBunyi
BeribadahBintangKetuhanan yang Maha Esa
Memberi bantuan kepada orang yang kesulitanRantaiKemanusiaan yang adil dan beradab
Memberi kesempatan semua anggota tampilPadi dan KapasKeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Mendamaikan teman yang sedang berselisihKepala BantengKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Membersihkan kelas Bersama-samaPohon beringinPersatuan Indonesia

Itulah pembahasan kali ini ( Update )