Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1 - Setelah mengikuti pendidikan, mahasiswa akan melalui UKMPPG. Ujian ini merupakan ujian akhir dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Latihan UP PPG Dalam Jabatan Coba Simulasi UP PPG Daljab Online Latihan UP PPG Daljab Online Untuk Mahasiswa PPG Link Download Contoh Soal PPG

Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1

Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1 – Setelah mengikuti pendidikan, mahasiswa akan melalui UKMPPG. Ujian ini merupakan ujian akhir dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PPG untuk menentukan kelulusan menjadi guru profesional, guru yang mempesona dan menginspirasi. Dan inilah akhir rangkaian PPG Dalam jabatan yang akan menentukan kelulusan Mahasiswa. Setelah melaluinya, Mahasiswa akan berhak mendapatkan Sertifikat Pendidik. Oleh karenya UP PPG Dalam Jabatan harus dipersiapkan degan baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kali ini beritawarganet akan memberikan Link Simulasi UP PPG Dalam Jabatan 2021 yang  bisa menjadi media kalian dalam belajar menghadapi UP PPG Dalam Jabatan 2021. Link tersedia pada akhir artikel, semoga bisa membantu!

Contoh Soal Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1

Berikut ini adalah soal yang ada dalam Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1

1. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai guru, apa yang anda lakukan?
a. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.
b. Mendorong siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.
c. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.
d. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.
e. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati.

2. Salah satu tugas wali kelas setiap kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik untuk menerima hadiah dari sekolah. jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang akan Anda lakukan dalam menentukan siswa urutan 1, 2, dan 3 berdasarkan . . . .
a. Rata-rata nilai rapor saja
b. Kepribadian dan nilai rapor
c. Nilai rapor dan capaian prestasi non akademik
d. Keterlibatan kepengurusan OSIS dan nilai rapor
e. Prestasi akademik dan non akademik

3. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas. Sebagai Guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberikan hukuman pada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
c. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.
d. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.
e. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehinga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangasung.

4. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya,nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat pendidikan orag tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah . . . .
a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama.
b. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaa pemikiran,sikap dan perilaku anak didiknya.
c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tifak dapat dihindari.
d. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya.

5. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang datang terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kespakatan. Ketika Anda menjadi guru piket, ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambar 30 menit. Sesuai aturan, datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba-tiba teman Anda yang terlambat meminta kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Memenuhi permintaan teman Anda karena alasannya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut kepada kepala sekolah.
b. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.
c. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangi.
d. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai aturan.
e. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini.

6. Seorang siswa bercerita kepada guru kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah semester. Tapi, pada hari yang telah disepakati, temannya tidak datang dengan alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa.jika seandainya Anda adalah mendapat cerita tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberitahukan kepada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu, urusan belajar merupakan urusan masing-masing.
b. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat dan saling membantu.
c. Memberitahu pada salah satu pihak bahwa karena tidak jadi membantu, temannya mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf.
d. Memfasilitasi pertemuan di antara keduanya untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya.
e. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesikan secara mandiri.

7. Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. sebagai guru, yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda menanggapi permasalahan tersebut?
a. Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya.
b. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone, segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru Bimbingan dan Konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.
c. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita handphone untuk sementara waktu.
d. Saya menemui siswa yang membawa handphone saat di sekolah maupun di kelas, serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut.
e. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone ke sekolah.

Baca Juga :  Bingkai Foto HUT Kabupaten Musi Rawas Utara ke-9, Rekomendasi 2022

8. Sekolah Anda pada akhir libur semester mengadakan study tour ke luar kota selama tiga hari dan Anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan study tour itu. Sesuai rencana, rombongan study tour akan tiba kembali di sekolah hari Minggu sore pukul 17.00 karena hari Senin adalah hari pertama masuk sekolah. tetapi, karena sesuatu dan lain hal, rombongan baru tibakembali ke sekolah hari Senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk izin tidak masuk pada hari pertama karena kelelahan. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagaimana hari-hari biasa.
b. Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun banyak guru yang izin.
c. Menyarankan kepada guru yang berencana untuk tidak masuk untuk tetap masuk sekolah.
d. Menyampaikan kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah.
e. Menyarankan kepada peserta didik yang ikut study tour untuk tetap masuk sekolah.

9. Dalam perjalanan menuju sekolah, pada pemberhentian di perempatan, Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewati garis marka jalan. Anda akan melakukan apa?
a. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
b. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintas.
c. Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
d. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
e. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu.

10. Seorang wali murid mendatangi Anda sebagai wali kelas, memprotes bahwa nilai anaknya rendah. Menurutnya, si anak telah mengikuti berbagai bimbingan belajar, sehingga mustahil mendapat nilai rendah. Sementara, anak dari tetangganya mendapat nilai lebih tinggi, padahal anak tersebut biasa saja dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Bagaimana tanggapan Anda terhadap wali murid tersebut?
a. Menunjukkan data capaian belajar anak secara objektif, serta meamnggil si anak untuk berdiskusi dengan orang tuanya.
b. Menunjukkan dokumen hasil ulangan harian, mempertemukan wali murid dengan si anak serta memberi kesempatan untuk mendiskusikan prestasi belajar yang dicapai secara objektif.
c. Menjawab protes wali murid tersebut dengan menunjukkan rekap data, serta menyampaikan bahwa bimbingan belajar bukanlah penentu tingkat prestasi belajar anak di sekolah.
d. Menunjukkan dokumen hasil ulangn, serta memberi kesempatan wali murid untuk mendiskusikannya, sehingga diperoleh pengertian mengapa nilai anaknya tidak sesuai dengan yang diperkirakannya.
e. Menjawab protes wali murid dengan menyatakan bahwa berapa pun hasil nilai itu merupakan hak dan kewanangan guru.

11. Suatu ketika Anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. Semua warga RT diundang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang datang ke rumah Anda adalah seorang warga paling miskin di RT. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk di kursi yang telah disediakan.
b. Membiarkan tamu pertama itu mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga Anda perlakukan seperti itu.
c. Meminta tamu pertama itu duduk di kursi deretam paling depan untuk menghargai tamu yang datang paling awal.
d. Sembari menunggu tamu lainnya, Anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang hal-hal ringan.
e. Mengajak tamu tersebut ke belakang dan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman.

12. Komplek di mana Anda tinggal setiap musim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada saluran air menuju sungai. warga sudah beberapa kali mengusulkan kepada pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi tetap saja permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya, salah satu warga yang cukup berpengaruh di wilayah itu mengajak dan atau mempengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai guru, apa yang Anda lakukan?
a. Mengingatkan warga agar tetap membayar pajak, karena membayar pajak itu kewajiban warga negara.
b. Tetap membayar pajak, meskipun beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan untuk membayar pajak.
c. Mengingatkan salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak.
d. Mengajak aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat desa/kelurahan agar dibuatkan saluran air.
e. Bersama warga mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar tidak terjadi banjir lagi.

13. Di sekolah tempat Anda mengajar mayoritas siswa beragama islam, namun ada juga yang beragama non-islam. Ketika memasuki bulan Ramadhan, Anda mendapati siswa non-muslim yang sedang makan di depan kelas ketika teman-teman yang lain sedang menjalankan ibadah puasa. Sebagai guru, apa yang Anda lakukan untuk menyikapi hal tersebut?
a. Menasehati siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan Ramadhan demi menghormati yang berpuasa.
b. Keduanya memiliki haknya masing-masing, boleh berbuat sesuai keyakinannya.
c. Menasehati siswa yang sedang puasa Ramadhan bahwa makan di mana pun itu hak mereka.
d. Meminta siswa tersebut untuk makan di tempat yang sepi agar tidak kelihatan teman-teman yang sedang berpuasa.
e. Tidak peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut.

14. Terdapat lima kriteria penilaian teman sejawat yaitu kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat yang Anda lakukan objektif, maka yang dilakukan adalah . . . .
a. Setiap aspek dinilai dulu untuk semua teman, misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua teman baru aspek kedisiplinan dan seterusnya.
b. Meranking aspek kejujuran dari ranking pertama sampai terakhir untuk semua teman kemudian dilanjutkan meranking aspek kedisiplinan dan seterusnya.
c. Menilai satu per satu teman sejawat dengan lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan) sekaligus.
d. Mendiskusikan dengan teman lain agar hasil penilaian tidak tendensius dan dapat dipertanggungjawabkan.
e. Perlu mempertimbangkan senioritas meskipun lima kriteria penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi acuan.

Baca Juga :  Revolusi Honda Vario 160 dari Seri Sebelumnya, Kejutan Awal Tahun 2022 Dengan Harga 25 Jutaan

15. Pada rapat desa yang dipimpin kepala desa sedang mengidentifikasi program desa yang akan didanai melalui dana desa. Sebagai guru, program apa yang akan Anda usulkan?
a. Membangun fasilitas umum untuk memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum ada fasilitas PAUD.
b. Perbaikan jalan antar dusun agar transportasi lancar, karena jalan dusun tidak dapat dilewati kendaraan roda empat.
c. Memperbaiki tempat ibadah di desa itu agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusuk.
d. Memberi beasiswa bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan studi sampai pendidikan tinggi.
e. Pemberian modal usaha dan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga miskin di desa itu agar kemiskinan menjadi berkurang.
16. Seorang anak berminat pada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang tua berkukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter, agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisika-kimia. Sebagai wali kelas, apa yang akan Anda lakukan?
a. Menasehati si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknya.
b. Memberikan saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenali secara objektif kemampuannya, dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang peminatan yang sesuai.
c. Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu pada jurusan kedokteran.
d. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi agar orang tua memahami potensi anaknya.
e. Bersama guru BK, anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dengan menggunakan data-data sebagai dasar keputusan objektif.

17. Di wilayah Anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI, melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan kepada pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda adalah guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi, apa yang akan Anda lakukan?
a. Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana.
b. Memberi nasehat kepada teman GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya.
c. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberi kontribusi dalam bentuk uang.
d. Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu membiayai perwakilan GTT ke Jakarta.
e. Mengusulkan kepada pengurus PGRI daerah agar membawa perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya.

18. Bagaimana sikap Anda terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran dengan model ancaman dan pemaksaan kepada peserta didik agar berprestasi unggul?
a. Sangat tidak setuju terhadap tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa.
b. Tidak setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi unggul siswa.
c. Cukup setuju dengan tindakan yang dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan prestasi unggul siswa.
d. Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi belajar unggul siswa.
e. Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi unggul siswa.

19. Menurut anda, sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang dianutnya adalah . . . .
a. Rajin ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang mencerminkan sikap toleransi yang tinggi dengan apa pun dan siapa pun.
b. Rajin beribadah dan tidak mentolerir waktu yang mengganggu ritual keagamaannya dan menolong orang tanpa pamrih.
c. Rajin ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang tanpa pamrih dengan tetap menunjukkan identitas keagamaan yang berbeda.
d. Rajin ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang toleran, namun tetap menunjukkan prinsip tegas yang perlu diketahui orang lain.
e. Rajin beribadah disertai dengan sikap dan perilaku yang proaktif menolong kepada siapapun, serta menunjukkan perilaku-perilaku keteladanan.

20. Anda memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Di samping itu, Anda menjadi salah seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah. apa yang Anda lakukan?
a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak mengganggu tugas mengajar.
b. Saya mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus koperasi sekolah.
c. Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksanakan tugas-tugas pengurus koperasi sekolah.
d. Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas mengajar.
e. Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang terlaksana.

21. Anda memiliki siswa pintar yang ingin sekali menguasai keterampilan yang menurut Anda belum saatnya dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang dapat melatihnya, namun Anda tidak memiliki waktu luang. Ucapan yang tepat dikatakan kepada siswa adalah . . . .
a. Bahwa siswa tidak perlu belajar keterampilan itu, dan tidak perlu berlatih kepada saya.
b. Bahwa siswa belum waktunya manguasai keterampilan itu, dan saya sibuk sehingga tidak bisa melatihnya.
c. Bahwa siswa itu bisa belajar untuk menguasai keterampilan itu.
d. Bahwa siswa tetap memiliki kesempatan menguasai keterampilan itu, dan memintanya mencari pelatih yang diinginkan dari luar sekolah.
e. Bahwa siswa itu memiliki kemampuan yang baik, punya kesempatan menguasai keterampilan itu, dan mengatur waktu lagi untuk bisa berlatih dengan saya.

22. Sebagai seorang guru, seringkali merasakan waktu yang sangat terbatas, padahal banyak hal yang harus diselesikan. Terkait dengan hali ini, gambaran yang paling mendekati diri Anda sebenarnya sebagai berikut . . . .
a. Saya tidak peduli dengan batasan waktu karena apa pun saya kerjakan ketika saya menginginkannya.
b. Banyak waktu yang tidak saya gunakan dengan baik, dan banyak hal yang tidak bisa saya capai dalam hidup ini.
c. Sebagian besar waktu sudah saya gunakan dengan baik, namun ada beberapa hal yang belum sempat saya lakukan.
d. Saya dapat menggunakan seluruh waktu dengan baik, namun beberapa hal masih belum bisa dilakukan dengan lebih baik.
e. Seluruh waktu saya gunakan dengan baik, saya berusaha untuk mengembangkan diri secara optimal.

Baca Juga :  Dirgahayu ke-281 Kabupaten Wonogiri, Gambar Ucapan Tahun 2022

23. Berdasarkan introspeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah . . . .
a. Orang yang sulit untuk mengapresiasi perbedaan cara siswa dalam menyelesaikan soal karena membuat bingung yang lain.
b. Orang yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal-hal yang hanya dapat dipahami saja.
c. Orang yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan tidak senang terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menilai sesauatu.
d. Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dan memiliki keberanian untuk berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleran.
e. Orang yang terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakinan diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain.

24. Saat terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda lakukan?
a. Mambahas bersama pihak internal sekolah dan segera menemukan solusinya.
b. Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan.
c. Mamanggil guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasihat.
d. Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar mendapat bantuan.
e. Membiarkan peristiwa tersebut menghilang secara alamiah agar tidak memalukan sekolah.

25. Menurut saya, gambaran ideal seorang guru adalah . . . .
a. Memahami pentingnya perencaan kerja dan bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya.
b. Memahami pentingnya pelaksanaan kerja dan perwujudan tanggung jawab agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya.
c. Melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya.
d. Melaksanakan tugas-tugas sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung jawabnya agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya.
e. Melaksanakan tugas secara mandiri maupun kolaborasi, sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung jawabnya agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya.

26. Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah didapatkan. Seandainya Anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda nilai sebagai yang paling penting?
a. Pengembangan wawasan melalui belajar.
b. Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan.
c. Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja.
d. Peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil studi lanjut.
e. Pengembangan diri sebagai guru yagn dapat bermanfaat untuk diri dan orang lain.

27. R adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi kebutuhan anak-anaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya Anda lakukan adalah . . . .
a. Memberikan uang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya
b. Memperbolehkan R untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberi kesempatan untuk R belajar menolong orang tua dan bekerja
c. Memberikan penjelasan pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan
d. Memberikan penjelasan pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi

28. Ada siswa yang menunjukkan kurang bergairah belajar di kelas Anda. Terkait dengan hal ini, tindakan yang Anda lakukan sebagai guru adalah . . . .
a. Membiarkan saja karena sangat mungkin siswa tersebut tidak berminat pada mata pembelajaran.
b. Mengingatkan, namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa-siswa lain yang menunjukkan kemajuan.
c. Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit.
d. Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya.
e. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya.

29. Bayangkan suatu ketika Anda sedang berjalan bersama dengan anak Anda. Tiba-tiba ada orang memaki Anda dengan tidak sopan, padahal Anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Membalas makian orang itu agar anak melihat Anda bukan orang tua yang lemah dan mengajarkan pertahanan diri.
b. Menarik orang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas perlakuan orang yang tidak benar.
c. Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaimana caranya menjaga harga diri.
d. Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar bagaimana caranya menghindari keributan.
e. Mengajak bicara baik-baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya berkomunikasi dalam kondisi sengketa.

30. Untuk mengerjakan tugas dengan baik, apalagi tugas bertumpuk-tumpuk, selalu diperlukan banyak energi. Terkait hal ini, pilihlah salah satu jawaban yang paling mendekati diri Anda!
a. Tidak peduli pada banyaknya tugas apapun, yang penting saya baik-baik saja.
b. Kehabisan tenaga, bahkan sebelum semua tugas terselesaikan.
c. Energi terkuras habis setelah mengerjakan seluruh tugas, sehingga kurang siap mengerjakan tugas-tugas berikutnya.
d. Energi hampir terkuras habis, perlu beristirahat beberapa waktu sebelum mengerjakan tugas berikutnya.
e. Semua terselesaikan sesuai waktu yang direncanakan, sehiungga masih ada energi untuk tugas berikutnya.

31. Seringkali dalam bekerja tim, kelompok memilih pandangan yang bertentangan dengan pendapat Anda. Pernyataan yang paling menggambarkan reaksi Anda adalah . . . .
a. Keluar dari kelompok, karena saya tidak bisa menerima keputusan yang bertentangan dengan keyakinan.
b. Tetap bergabung dengan kelompok, namun diam-diam mengharapkan kelompok gagal menjalankan yang diputuskan.
c. Tetap bergabung dengan kelompok, namun mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh hati.
d. Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap keputusan yang telah diambil.
e. Menerima sepenuhnya keputusan kelompok dan melakukan introspeksi bila ada pandangan pribadi yang keliru.

Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1

Untuk mencoba Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1 Sobat Warganet bisa mengunjungi link berikut ini. Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1 bisa sobat warganet coba baik secara mandiri ataupun mengajak teman yang lain.

Simulasi PPG Dalam Jabatan 1

Untuk mencoba simulasi klik link dibawah ini

Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1