Daftar Lomba 17 Agustus Menarik

20 Daftar Lomba 17 Agustus Unik dan Menarik untuk HUT RI 2022

Berita Warganet – 20 Daftar Lomba 17 Agustus Unik dan Menarik untuk HUT RI 2022. Untuk memeriahkan HUT RI ke-77 kali ini sudah disiapkan daftar perlombaan supaya di 17 Agustus 2022 nantinya akan menarik dengan berbagai perlombaan yang diadakan.

Pada tanggal 17 Agustus, Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-77. Setiap tahun, baik di desa maupun kota besar, acara kemerdekaan Indonesia selalu dimeriahkan dengan kompetisi yang unik.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tidak lengkap tanpa kemeriahan perlombaan. Ide untuk kontes 17 Agustus sering disiapkan sejak lama.

Selain mendekorasi kampung serta lomba panjat pinang, berbagai lomba pada 17 Agustus pun tak lepas dari tradisi Hari Kemerdekaan Indonesia. Jadi, ide apa untuk kontes 17 Agustus ini yang cocok untuk mengisi ulang tahun Republik Indonesia yang ke-77.

Daftar Rekomendasi Lomba 17 Agustus

Tanpa bingung, berikut beberapa ide yang bisa Sobat pertimbangkan dan dijamin akan membuat para peserta dan penonton lomba akan bahagia, yang sudah disiapkan dari berbagai sumber berikut.

1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk
Lomba Makan Kerupuk

Tentang 17 Agustus :

Lomba Makan kerupuk merupakan salah satu lomba yang sering diadakan saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga :  Teknik Penyiraman Tanaman

Lomba ini sangat sederhana serta dapat diikuti oleh semua orang dari segala umur baik anak-anak, para remaja, ibu-ibu atau bahkan bapak-bapak sekalipun.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk perlombaan ini hanyalah kerupuk dan tali. Kerupuk yang digunakan biasanya adalah jenis kerupuk putih.

Penentuan pemenang hanya berdasarkan siapa yang paling cepat dari peserta lain dalam menghabiskan kerupuk yang tergantung. Saat perlombaan berlangsung, tidak boleh ada bantuan tangan dan setiap peserta tangannya berada di belakang punggung atau diikat.

2. Lomba Panjat Pinang

Lomba Panjat Pinang
Lomba Panjat Pinang

Baca Juga : Logo HUT RI ke-77 Tahun 2022, Download Format PNG

Untuk rekomendasi kedua terdapat lomba Panjat pinang. Perlombaan ini merupakan kompetisi yang dilakukan dengan cara memanjat pohon pinang atau sering juga diganti dengan pohon pisang atau bambu yang sudah dikuliti dan diberi cairan pelicin.

Untuk memperebutkan barang-barang yang digantungkan di atasnya, biasanya diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Perlombaan ini merupakan salah satu lomba tradisional yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Sebuah pohon pinang atau bambu yang sudah dikuliti yang tinggi dan batangnya dilumuri dengan pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan.

Bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon yang pada umumnya ialah pohon pinang.

3. Lomba Balap Karung

Lomba Balap Karung
Lomba Balap Karung

Balap karung merupakan permainan kompetitif yang dilakukan dengan memasukkan kedua kaki peserta kedalam karung atau sarung bantal yang mencapai pinggang atau leher mereka dan melompat ke depan dari titik awal menuju garis finis.

Baca Juga :  Twibbon Hari Buruh 2021 Gratis

Baca Juga : Link Twibbon HUT RI 2022, Download Gratis Sekarang !!

Orang pertama yang melewati garis finis adalah pemenang perlombaan. Permainan tradisional ini juga memiliki banyak variasi dan Balap karung secara tradisional dipandang sebagai kegiatan yang sering dilakukan di perayaan HUT RI biasanya lomba ini untuk anak-anak, tetapi orang dari segala usia dapat berkompetisi.

4. Lomba Balap Kelereng

Lomba Balap Kelereng
Lomba Balap Kelereng

Lomba balap kelereng atau bisa juga disebut Lari kelereng ini adalah salah satu perlombaan yang paling poluper dilaksanakan pada perayaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di 17 Agustus.

Untuk peralatan yang harus disiapkan yaitu Kelereng, Sendok dan juga Ember untuk meletakan kelereng nantinya.

Peraturan atau cara bermain lomba balap kelereng ini pastinya sangat sederhana seperti halnya lomba 17an lainnya yaitu peserta hanya perlu berjalan cepat setengah lari menjaga kelereng agar tidak jatuh, apabila kelereng jatuh dari sendok maka dinyatakan kalah dan untuk menentukan pemenang dilihat dari jumlah kelereng di dalam ember.

5. Lomba Pecah Balon Air

Lomba Pecah Balon Air
Lomba Pecah Balon Air

Rekomendasi lomba 17 Agustus yang juga sering dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa selanjutnya adalah lomba pecah balon.

Serunya dari permainan ini yaitu pada usaha dari peserta yang sudah ditutup matanya untuk bisa memecahkan balon atau balon bisa diganti dengan plastik yang diletakan di atas kepala mereka.

Baca Juga :  Bingkai Foto HUT Kabupaten Mojokerto ke-729, Rekomendasi 2022

Permainan ini seperti buah simalakama, jika peserta tidak mampu memecahkan balon maka dianggap kalah, tapi jika dapat memecahkannya baju peserta akan basah sebab di dalam balon terdapat air. Walaupun nantinya akan basah dengan air, peserta yang menang akan bahagia, pastinya karena adanya hadiah yang diperoleh.

Rekomendasi lain Lomba 17 Agustus

Selain dari kelima rekomendasi untuk lomba 17 Agustus yang telah disebutkan di atas, Terdapat banyak lagi perlombaan unik lainnya yang tak kalah menghibur. Berikut di antaranya :

6. Lomba menebak benda dalam kotak tertutup

7. Lomba menjaga lilin tetap menyala sembari jalan

8. Lomba memindahkan air pakai sendok

9. Lomba berjalan di atas bambu

10. Lomba estafet air

11. Lomba sepeda lambat

12. Lomba meniup lilin, wajah pakai stocking

13. Lomba memindahkan karet menggunakan sedotan

14. Lomba futsal pakai sarung

15. Lomba balap egrang

16. Lomba tangkap belut

17. Lomba tarik tambang

18. Lomba joget balon

19. Lomba gebuk bantal atau guling

20. Lomba memasukkan paku ke dalam botol

Demikian beberapa rekomendasi untuk lomba 17 Agustus yang bisa dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 yang dijamin akan menghibur di wilayah Sobat. Pastikan untuk tetap saling menjaga kesehatan di masa ini. Meski di tengah persaingan lomba Agustusan. Semoga bermanfaat.