Daftar Isi
Berita Warganet – Kunci Jawaban Sebutkan 7 Aspek Praktika Informatika untuk Informatika SMA Kelas 10. Dalam artikel ini telah disiapkan untuk Sobat yang ingin mengetahui Jawaban dari pertanyaan Sebutkan 7 Aspek Praktika Informatika Penjelasan Lengkap untuk Informatika SMA Kelas 10.
Langsung simak penjelasannya di bawah ini:
Sebelum masuk ke jawaban dari Aspek Praktik Informatika, alangkah baiknya kita menambah wawasan kita seputar informatika. Menurut buku Masailul Fiqhiyah Wal Hadisah (Fikih Kontemporer), Muhammad Sukri, S.Pd (2022: 64), informatika merupakan ilmu meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin komputer.
Jawaban:
Tujuh aspek praktika informatika itu adalah:
- Membina dan menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
- Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputasi.
- Mengenali dan mendefinisikan persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan sistem komputasi.
- Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
- Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
- Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.
- Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memperhatikan hak kekayaan intelektual.
Penjelasan – penjelasan
Penjelasan dari Membina dan menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif
Budaya kerja masyarakat digital adalah melakukan hampir seluruh aktivitas menggunakan perangkat digital.
Kolaborasi dalam Tim,
Kolaborasi tim adalah kolaborasi yang dilakukan dalam tim kerja, dengan masing-masing anggota tim mempunyai tugas, batasan waktu, dan tujuan yang sudah dinyatakan jelas. Untuk mencapai tujuan bersama, masing-masing tim harus menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan pada batasan waktu tertentu.
Teknologi pendukung kolaborasi dalam masyarakat digital
Untuk keperluan kolaborasi di era teknologi digital saat ini, banyak perangkat lunak atau platform yang dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan kolaborasi.
Beberapa teknologi yang tersedia saat ini, diantaranya sebagai berikut:
- Aplikasi Rapat Online
- Aplikasi Pengirim Pesan
- Pengelola Email
- Perangkat Lunak untuk Desain
- Perangkat Lunak Dokumentasi
- Berbagi File
- Perangkat Lunak untuk Manajemen Proyek
- Software Tools
Apakah tujuan dalam berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing
Bahwa dalam sistem komputer, terjadi interaksi dan kolaborasi, seperti perangkat lunak yang digunakan di sebuah toko, warnet, kantor, rumah sakit, dan sebagainya.
Contoh penerapan kolaborasi dalam sistem komputer adalah ketika membeli laptop baru dan akan digunakan.
Maka, kita perlu menginstal sistem operasi terlebih dulu, sebelum aplikasi pengolah kata.
Hal ini menunjukkan bahwa kedua perangkat lunak di atas saling bekerja sama satu sama lainnya, sebuah perangkat lunak bergantung pada perangkat lainnya.
Salah satu contoh dari interaksi perangkat keras dengan sesama perangkat adalah saat kita mencolokkan sebuah perangkat keras dengan perangkat keras lain.
Contoh lain penerapan kolaborasi dalam sistem komputer adalah ketika mencolokkan flashdisk atau mouse ke komputer. Selain itu, saat kita mengambil foto menggunakan webcam yang ada pada komputer dan kemudian hasilnya akan dicetak menggunakan printer, ini juga contoh penerapan kolaborasi dalam sistem komputer.
Baca Juga: Sistem Bilangan Heksadesimal: Penjelasan, Fungsi, dan Cara Penulisan
Manfaat Kolaborasi dalam Sistem Komputer
Kolaborasi dalam sistem komputer memiliki manfaat, yakni:
- Memudahkan kehidupan sehari-hari,
- Efisiensi waktu dan tenaga,
- Mengembangkan produktivitas sumber daya manusia,
- Mengembangkan keterampilan,
- Mempercepat penanggulan masalah,
- Meningkatkan perkembangkan teknologi,
- Memperjelas komunikasi,
- Meningkatkan pertumbuhan bangsa dan negara di bidang teknologi
Sumber: Informatika Kelas X. Musthofa, dkk. 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Berita Warganet tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Sobat Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Kunci jawaban pada unggahan Berita Warganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
Demikian tadi mengenai pembahasan kunci jawaban Tujuh Aspek Praktika Informatika yang dapat Sobat gunakan sebagai bahan belajar, Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi Sobat.