proklamator
proklamator

Kunci Jawaban Proklamator (Ir. Sokarno dan Moh. Hatta)

Daftar Isi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Proklamator (Ir. Sokarno dan Moh. Hatta). Seluruh rakyat Indonesia sangat antusias dalam menyambut Proklamasi Kemerdekaan. Antusiasme rakyat Indonesia sangat tinggi karena dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan berarti negara mereka sudah lepas dari belenggu penjajahan. Dalam peristiwa pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ada dua tokoh penting yang mewakili seluruh rakyat Indonesia, yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Kedua tokoh tersebut dikenal sebagai Proklamator.

Ayo Membaca

Proklamator

proklamator

Ir. Soekarno merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) danPahlawan Proklamator. Beliau menjadi Presiden RI sejak tahun 1945 sampai dengan 1967. Ir. Soekarno dikenal pandai berpidato dan menguasai beberapa bahasa asing sehingga dijuluki sebagai “Singa Podium”. Ir. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901. Jenjang pendidikannya dimulai dari Indische School (IS) di Tulungagung. Setelah lulus, Soekarno melanjutkan pendidikannya di Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Jawa Timur; Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS), sekarang menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Jawa Barat, dan memperoleh gelar insinyur

 

Drs. Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden Pertama RI (1945-1957) dan Bapak Koperasi Indonesia. Beliau juga sangat berperan dalam upaya memperoleh pengakuan dari pemerintah Belanda terhadap kedaulatan RI. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat pada tanggal 12 Agustus 1902. Jenjang pendidikannya ditempuh di Europoesche Lagere School (ELS) di Bukittinggi, Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Padang, dan Handels Middelsbare School (HMS) di Jakarta.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 7 halaman 84 Jurnal Harian IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

 

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Ir. Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan dan Drs. Moh. Hatta sebagai pendampingnya. Bahkan, dalam teks Proklamasi tersebut, tercantum nama dan tanda tangan mereka berdua atas nama bangsa Indonesia. Oleh karena itulah, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta diberi gelar sebagai Pahlawan Proklamator pada tahun 1986.

 

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

 

1. Siapakah nama tokoh diatas?

Ir. Soekarno

2. Kapan dan dimanakah Beliau dilahirkan?

Ir. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Listrik Statis dan Listrik Dinamis"

3. Bagaimanakah riwayat pendidikannya?

Jenjang pendidikannya dimulai dari Indische School (IS) di Tulungagung. Setelah lulus, Soekarno melanjutkan pendidikannya di Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Jawa Timur; Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS), sekarang menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Jawa Barat, dan memperoleh gelar insinyur.

 

4. Julukan apa yang diberikan kepadanya? Mengapa dijuluki seperti itu?

Soekarno dikenal pandai berpidato dan menguasai beberapa bahasa asing sehingga dijuluki sebagai “Singa Podium”.

 

5. Apa saja yang sudah diperjuangkan bagi bangsa dan negara Indonesia?

Memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama Muhammad Hatta

Menuntut kemerdekaan Indonesia dari pada masa penjajahan Belanda, meski harus dipenjara dan diasingkan

Memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di masa pendudukan Jepang

Merumuskan Pancasila

 

 


1. Siapakah nama tokoh diatas?

Drs. Mohammad Hatta

2. Kapan dan dimanakah Beliau dilahirkan?

Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat pada tanggal 12 Agustus 1902

 

3. Bagaimanakah riwayat pendidikannya?

Jenjang pendidikannya ditempuh di Europoesche Lagere School (ELS) di Bukittinggi, Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Padang, dan Handels Middelsbare School (HMS) di Jakarta.

 

Baca Juga :  Jawaban Pengertian Algoritma serta Cara Memahami dan Menganalisis

4. Julukan apa yang diberikan kepadanya? Mengapa dijuluki seperti itu?

Dalam bidang ekonomi, pemikiran dan sumbangsih Mohammad Hatta terhadap perkembangan koperasi membuat ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi Indonesia

 

5. Apa saja yang sudah diperjuangkan bagi bangsa dan negara Indonesia?

Mendirikan perhimpunan Indonesia (IP)

Menjadi pemimpin Putera (Pusat Tenaga Rakyat)

Menjadi anggota Panitia Sembilan dalam merumuskan Piagam Jakarta

Bersama Ir. Soekarno menandatangani naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Menjadi pemimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda tanggal 23 Agustus–2 November 1949

Pada tanggal 27 Desember 1945, menandatangani naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia

Drs. Mohammad Hatta dipercaya mendampingi Ir. Soekarno menjadi wakil presiden pertama Republik Indonesia

 

Sobat BW pembuatan dan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan tidak akan lepas dari persan serta Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Merekalah yang merancang dan menandatangai teks Proklamasi atas nama bangsa Indonesia, dan Ir. Soekarnolah yang membacakan teks Proklamasi tersebut. Patutlah mereka berdua, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta dijuluki sebagai “Sang Proklamator”.

Semoga bermanfaat ya..