aplikasi manajemen BOP 2021

Aplikasi Manajemen BOP 2021 Versi Terbaru, Berikut Cara Download dan Isi Datanya

Aplikasi BOP 2021 Versi Terbaru, Berikut Cara Download dan Isi DatanyaAplikasi manajeman BOP 2021 adalah Aplikasi yang di khususkan untuk sekolah jenjang PAUD dan Kesetaraan (PKBM dan SKB). Aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi dikalangan para Tutor jenjang Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ).

Karena pentingnya Aplikasi Bantuan Operasional Penyelenggaraan atau BOP di tingkat PAUD maka penting sekali setiap penyelenggara atau para Tutor PAUD memahami cara kerja Aplikasi BOP 2021 ini.

Ada beberapa pembahasan yang akan Berita Warganet infokan disini terkait Aplikasi BOP 2021, antara lain :

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 1 Mengenal Asesmen Awal Pembelajaran Literasi Kelas Awal

Apa Fungsi dari BOP ?

Dimana Tempat Download Aplikasi BOP 2021 ?

Nah buat para tutor dan semua yang berkepentingan di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ), maka bisa menyimak penjelasan berikut ini :

Apa Aplikasi BOP 2021 ?

menurut laman bop.kemdikbud.go.id dijelaskan bahwa Aplikasi BOP 2021 adalah  Aplikasi  versi terbaru dari Aplikasi Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) dari Kemdikbud untuk PAUD dan Pendidikan Kesetaraan.

Apa Fungsi Dari BOP ?

kadang ada pertanyaan dikalangan tutor PAUD maupun masyarakat secara umum, Apa si fungsi dari aplikasi BOP? BOP 2021 ini berfungsi sebagai platform pengolahan data, lembar kerja untuk menghimpun rekap proposal, SK nominatif, alur pencairan dana, dan juga laporan Bantuan Operasional. Dari berbagai fungsi yang ada diatas maka sudah dapat dipastikan bahwa Aplikasi BOP ini sangat penting.

Baca Juga :  Jawaban IPAS Kelas 4 Soal tentang Materi Makhluk Apa Itu?

Bagaimana Cara Download BOP 2021 Kemdikbud ?

Berikut akan BW share tutorial cara download Aplikasi BOP 2021 Kemdikbud dan link downloadnya. Aplikasi BOP 2021 merupakan web aplikasi yang bisa sobat buka melalui Browser yang ada di laptop, PC maupun Smartphone milik sobat.

Link Aplikasi BOP 2021

Buat yang sedang mencari Alamat atau link BOP 2021 sobat bisa kunjungi alamat atau link website resmi dari BOP kemdikbud pada alamat disamping . Alamat BOP 2021 resmi Kemdikbud adalah https://bop.kemdikbud.go.id/.

Buat para tutor paud maupun yang berkepentingan mengurus operasional PAUD maka sangat penting untuk mengetahui seputar Aplikasi BOP 2021.

Cara Penggunaan Aplikasi Manajemen BOP 2021

Buat sobat BW yang baru pertama kali menggunakan Aplikasi BOP maka kadang masih bingung cara penggunaanya, tapi tenang saja, berikut cara sederhana penggunaan Aplikasi BOP 2021.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas Belajar 2 halaman 128 “Kembali Kepada Karakter dan Jati Diri Bangsa PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

aplikasi manajemen BOP 2021

Cara Pengisisan Pelaporan – pelaporan yang ada di Aplikasi BOP 2021 cukup gampang, berikut tutorialnya :

  1. Pertama silahkan sobat masuk ke link berikut : https://bop.kemdikbud.go.id/bop/login.php.
  2. Proses berikutnya silahkan sobat bisa klik SSO, lalu login kedalam aplikasi BOP dengan memasukkan username dan password.
  3. Di aplikasi BOP ini sobat akan banyak menggunakan menu Data Perencanaan dan Data Laporan.
  4. Klik menu Data Perencanaan, klik Rencana Penggunaan, lalu Anda bisa scroll kebawah.
  5. Akan muncul form Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan yang bisa Anda. jika sudah mengisi klik Simpan.
  6. Sobat bisa klik menu Data Laporan, tap Data Pelaporan, lalu Anda bisa melihat dan mengatur Rincian Penggunaan Data.

Penutup

Itulah penjelasan tentang Aplikasi BOP 2021 baik secara pengertian, fungsi dan tempat downloadnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat.