Badai 28 Desember 2022 Dikabarkan akan Terjadi di Jabodetabek, Masyarakat Diminta Untuk Waspada

Badai 28 Desember 2022 Dikabarkan akan Terjadi di Jabodetabek, Masyarakat Diminta Untuk Waspada

Penyebutan badai dirasa terlalu berlebihan karena prediksi cuaca yang terjadi hingga awal tahun nanti adalah cuaca ekstrem paparnya.  “Istilah badai itu kurang lebih merupakan sikon tropis, jadi pusaran angin yang kencang yang juga mengakibatkan hujan ekstrem, itu badai,” katanya.

Dalam paparan prakiraan cuaca di Pulau Jawa hingga awal tahun nanti, BMKG memprediksi pada 28 Desember terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang di Jabodetabek. Sementara puncak hujan deras terjadi pada 30 Desember.

Baca Juga :  Ngeri!! Ada Amoeba Pemakan Otak di Korea Selatan, Periksa Gejalanya!

“Persoalan potensi ekstrem ini kami bekerja sama dengan BRIN, untuk melakukan menerapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang kita berupaya awan hujan yang masuk ke darat itu dapat dipaksa turun di Laut Jawa, atau di wilayah luar pemukiman,” kata Dwikorita.

Baca Juga: Profil Stefan Bajcetic, Wonderkid Liverpool Yang Sarangkan Gol pada Boxing Day

Potensi intensitas curah hujan lebat hingga sangat lebat, diperkirakan terjadi di sembilan wilayah yakni, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. Untuk potensi intensitas curah hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di 11 wilayah. Yakni Aceh, Bengkulu, Sumatera Barat, Lampung, dan Sumatera Selatan. Kemudian Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga :  Kalender 2024

Dwikorita Karnawati meminta pemerintah daerah terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman terkait pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi baik banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi

Baca Juga: Profil Bright Win, Yang baru saja merampungkan Konser Perdana

Masyarakat diminta untuk selalu mengupdate berita berita mengenai cuaca dan potensi bencana melalui BMKG dan selalu mengkonfirmasi kebenaran berita yang ada di media sosial sehingga bisa mengetahui kebenarannya. Masyarakat bisa mengkonfirmasi secara langsung melalui call centre yang ada. Namun dari berita diatas, sobat warganet harus tetap waspada dan mempersiapkan diri untuk menghadapi cuaca ekstrem yang kemungkinan bisa terjadi.