Cara Mencari NISN Siswa SD

Cara mencari NISN sangatlah mudah, sebetulnya cara ini tidak hanya untuk mencari NISN bagi siswa SD saja, tetapi juga untuk jenajang lainya seperti SMP/Sederajat dan SMA / Sederjat.

Sebelum jauh menjelaskan cara mencari NISN, alangkah baiknya kita cari tahu dulu, apa si NISN ? apa tujuan dan manfaatnya ?

Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Baca Juga :  7 Momen Ramadhan Jadul Yang Dirindukan

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Tujuan dan Manfaat Nomor Induk Siswa Nasional ( NISNS )

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Baca Juga :  May Day 1 Mei 2021

3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Baca Juga Berikut Cara Daftar BLT Anak Sekolah , Penyaluran Tahap 2 di Bulan April 2021

Cara Mencari NISN

Kadang beberapa orang tua murid untuk berbagai keperluan menanyakan perihal Nomor Induk Siswa Nasional kepihak sekolah. Padahal jika nomor ini sangat dibutuhkan dan hari itu juga tidak bisa kesekolah anak, ada cara mudah mencari NISN anak kita yang di SD, SMP maupun SMA. Cara mencari NISN anak kita bagaimana ?

Baca Juga :  Twibbon Idul Fitri 2021, Download Gratis

Ok sob, Berita Warganet akan beritahukan cara cek NISN hanya dengan nama dan sangat mudah, begini langkah – langkahnya.

  1. Pertama Login ke link yang digunakan untuk mencari NISN klik ( DISINI )

2. Kemudian akan muncul menu dan isian seperti dibawah ini

3. Silahkan isi lengkap dari Nama, Tempat Tanggal Lahir, Nama ibu dan centang capta

4. Terahir silahkan klik Cari Data

5. Kemudia akan muncul data yang kita cari seperti dibawah ini

Download, SS atau tulis saja datanya siapa tahu akan dibutuhkan kembali, Ok selamat mencari