Download Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka

Download Daftar Nilai Kurikulum Merdeka

Download Daftar Nilai Kurikulum Merdeka – Kali ini kami akan berikan contoh format Daftar Nilai Kurikulum Merdeka yang mungkin bisa dijadikan bapak atu ibu guru dalam pengelolaan Asesmen di Kurikulum Merdeka seklaigus melengkapi Administrasi Guru di sekolahan. Kata asesmen menjadi sering di gaungkan dalam Kurikulum Merdeka saat ini. Nilai dari hasil asesmen perlu kita olah dalam sebuah buku daftar nilai yang tentunya sangat berguna bagi para guru. Untuk mempermudah kami akan berikan format exel daftar nilai kurikulum merdeka.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Jadi Batang 2022 ke-56 Tahun, Klik Disini

Sebelum kami bagikan format daftar nilai kurikulum merdeka, sejenak kita pahami terlebih dahulu pembahasan terkait penilaian atau sering kita dengar dengan Asesmen. perlu sobat ketahui bahwa Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, dan menyediakan informasi yang holistik sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua, agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

Pengertian Asesemen dan Penjelasanya

Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Jenis asesmen sesuai fungsinya mencakup: asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as Learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for
Learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Usaha Membina Persatuan dan Kesatuan

Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.

Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar dan menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya.

Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai serta strategi tindak lanjutnya.

Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Baca Juga :  Link Twibbon HUT PPNI ke-48 Tahun 2022, Klik Disini

Agar pelaksanaan asesmen sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai, pendidik diharapkan memperhatikan
karakteristik dan fungsi asesmen formatif dan sumatif. Untuk mempermudah dalam pengelolan penilaian berikut kami share contoh daftar nilai kurikulum merdeka :

Download Buku Daftar Nilai Kurikulum Merdeka

Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Fase A, B, dan C. DOWNLOAD

Download Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka

Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Fase A (Kelas 1 dan 2). DOWNLOAD
Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Fase B (Kelas 3 dan 4), Dan Fase C (Kelas 5 dan 6).  DOWNLOAD DISINI

Penutup

Itulah contoh format Buku daftar Nilai kurikulum merdeka dan Aplikasi raport Kurikulum merdeka