Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka

Contoh Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka

Contoh Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka – Buat sobat guru yang sedang mencari format maupun contoh buku analisis penilaian Kurikulum Merdeka tentunya sangat tepat berkunjung ke situs kami. Sebab kali ini kami akan bagikan Download Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka untuk sobat guru semua.

Bicara tentang Analisis Penilaian tentunya sobat guru sudah sangat paham tentang apa itu analisis penilaian dan apa saja fungsinya. Namun kami akan ingatkan sepintas tentang Apa itu analisis penilaian maupun fungsinya sebelum link download dibawah ini kami share.

Pada pola pembajaran terkini yang mengusung pembelajaran paradigma baru, psobat guru diharapkan lebih berfokus pada asesmen formatif dibandingkan sumatif dan menggunakan hasil asesmen formatif untuk perbaikan proses pembelajaran yang berkelanjutan.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Ayo Kita Berlatih 7.3 Halaman 91 Semester 2 Bagian Esai

Pengertian Analisis Penilaian

Analisis penilaian ialah peroses mengolah nilai / hasil penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasil hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan dan hasil analisis tersebut digunakan untuk menentukan tindak lanjut jika dalam hasil penilaian yang di peroleh tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Fungsi Penilaian

Menurut Kunandar (2007:391) menyatakan bahwa penilaian mempunyai fungsi sebagai berikut:

  • Formatif, yaitu merupakan umpan balik bagi guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan mengadakan program remedial bagi siswa yang belum menguasai sepenuhnya materi yang dipelajari.
  • Sumatif, yaitu dapat mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, menentukan angka nilai sebagai bahan keputusan kenaikan kelas dan laporan perkembangan belajar siswa, serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
  • Diagnostik, yaitu dapat mengetahui latar belakang siswa (psikologis, fisik, dan lingkungan) yang mengalami kesulitan belajar.
  • Seleksi dan penempatan, yaitu hasil penelitian dapat dijadikan dasar untuk menyeleksi dan menempatkan siswa sesuai dengan minat dan kemampuannya.
Baca Juga :  Logo Kota Ambon PNG, Download Lambang Gambar HD

Karakteristik asesmen formatif dan sumatif dijelaskan sebagai berikut:

Formatif : 

  • Terintegrasi dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung, sehingga asesmen formatif dan pembelajaran menjadi suatu kesatuan. Demikian pula perencanaan asesmen formatif dibuat menyatu dengan perencanaan pembelajaran;
  • Melibatkan peserta didik dalam pelaksanaannya (misalnya melalui penilaian diri, penilaian antarteman, dan refleksi metakognitif terhadap proses belajarnya);
  • Memperhatikan kemajuan penguasaan dalam berbagai ranah, meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, motivasi belajar, sikap terhadap pembelajaran, gaya belajar, dan kerjasama dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan metode/ strategi pembelajaran dan teknik/instrumen penilaian yang tepat.

Sumatif :

  • Dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya satu lingkup materi, akhir semester, atau akhir tahun ajaran;
  • Pelaksanaannya bersifat formal sehingga membutuhkan perancangan instrumen yang tepat sesuai dengan capaian kompetensi yang diharapkan dan proses pelaksanaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip asesmen;
  • Sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah kepada orang tua dan peserta didik, pemantauan kepada pemangku kepentingan (stakeholder);
  • Digunakan pendidik atau sekolah untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 10 halaman 225 Karakteristik Daerah Pontianak Pada Masa Syarif Abdurrahman IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Download Analisis penilaian

Penilaian sekarang pada Kurikulum Merdeka memiliki bahasa yang sudah sering kita dengar dengan sebutan Asesmen. Nah penjelasan terkaiat penilaian atau asesmen sudah kami share diatas. Seperti janji kami diatas berikut kami akan share Download Buku Analisis penilaian untuk sobat semua :

Download Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka Fase A, B, dan C – DISINI

Penutup

Itulah Link Download Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka Fase A, B, dan C beserta penjelasan terkait asesmen. Semoga bermanfaat