Kunci Jawaban Aktivitas 1 halaman 70 IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 1 halaman 70 IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 70. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 1

Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman-teman kelompok kalian!

1. Apa yang dimaksud dengan praaksara?

Jawaban:

Masa pra aksara atau biasa disebut masa prasejarah adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Manusia yang diperkirakan hidup pada masa pra aksara adalah manusia purba. Pada masa ini, kita tidak dapat mengetahui sejarah serta kebudayaan manusia melalui tulisan. Satu-satunya sumber untuk mengetahui kehidupan manusia purba hanya melalui peninggalan-peninggalan mereka yang berupa fosil, alat-alat kehidupan, dan fosil tumbuh-tumbuhan maupun hewan yang hidup dan berkembang pada masa itu.

Zaman pra aksara di Indonesia berlangsung sangat lama, yaitu sejak manusia belum mengenal tulisan hingga manusia mulai mengenal dan menggunakan tulisan. Zaman manusia mengenal dan menggunakan tulisan disebut zaman aksara atau zaman sejarah.

Baca Juga :  Jawaban Menyimak Teks Laporan Observasi secara Kritis

Zaman pra aksara di Indonesia berlangsung sampai abad ke-3 Masehi. Jadi, pada abad ke-4 Masehi, manusia Indonesia mulai mengenal tulisan. Hal ini dapat diketahui dari batu bertulis yang terdapat di Muara Kaman, Kalimantan Timur. Meskipun prasasti tersebut tidak berangka tahun, tetapi bahasa dan bentuk huruf yang digunakan menunjukkan bahwa prasasti tersebut dibuat kurang lebih tahun 400 Masehi.

2. Bagaimana proses pembentukan bumi?

Jawaban:

Dalam Al-Qur’an,banyak sekali ayat yang menjelaskan tentang penciptaan alam semesta, namun diantaranya hanyalah gambaran secara besar (global) dan memang tidak rinci. Halitu disengaja oleh Allah, ditegaskan dalam QS, Al Kahfi ayat 51 yang berbunyi :

مَّآ أَشْهَدتُّهُمْ خَلْقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَلَا خَلْقَ أَنفُسِهِمْ وَمَا كُنتُ مُتَّخِذَ ٱلْمُضِلِّينَ عَضُدًا

Aku tidak menghadirkan mereka untuk menyaksikan penciptaan langit dan bumi dan tidak (pula) penciptaan diri mereka sendiri

Menegaskan bahwa memahami pengetahuanterciptanya alam semesta secara global, hal tersebut sudah cukup bagi seorang muslim.

Kemudian Allah menciptakan seisi langitdan bumi dalam waktu 6 hari. Hal ini dijelaskan dalam QS. Al-A’raf ayat 54 yangberbunyi :

إِنَّ رَبَّكُمُ ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ ٱسْتَوَىٰ عَلَى ٱلْعَرْشِ يُغْشِى ٱلَّيْلَ ٱلنَّهَارَ يَطْلُبُهُۥ حَثِيثًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ وَٱلنُّجُومَ مُسَخَّرَٰتٍۭ بِأَمْرِهِۦٓ ۗ أَلَا لَهُ ٱلْخَلْقُ وَٱلْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ ٱللَّهُ رَبُّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Sesugguhnya Tuhan kalian, yaitu Allah, Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam 6 hari, kemudian Dia beristiwa di atas Arsy. (QS. al-A’raf: 54)

Kemudian 6 hari tersebut diperinci penjelasannya dalam QS. Fushilat Ayat 9-12 :

قُلْ أَإِنَّكُمْ لَتَكْفُرُونَ بِالَّذِي خَلَقَ الْأَرْضَ فِي يَوْمَيْنِ وَتَجْعَلُونَ لَهُ أَنْدَاداً ذَلِكَ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua hari dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam”.(9)

وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِنْ فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا وَقَدَّرَ فِيهَا أَقْوَاتَهَا فِي أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَاءً لِلسَّائِلِينَ

Baca Juga :  Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 55 Puisi-Puisi Perjuangan dari Chairil Anwar "Diponegoro dan Antara Karawang-Bekasi" PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan penghuninya dalam empat hari. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. (10)
ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ وَهِيَ دُخَانٌ فَقَالَ لَهَا وَلِلْأَرْضِ ائْتِيَا طَوْعاً أَوْ كَرْهاً قَالَتَا أَتَيْنَا طَائِعِين

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati” (11)
فَقَضَاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ فِي يَوْمَيْنِ وَأَوْحَى فِي كُلِّ سَمَاءٍ أَمْرَهَا وَزَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَحِفْظاً ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua hari. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (12)

Seperti yang kita tau bahwasannya teori yang paling populer dalam pembentukan alam semesta adalah teori Big-Bang. Pasalnya teori tersebut merupakan teori yang paling masuk akal dan mudah diterima oleh logika.

Maka dapat diambilkecocokan bahwa sebelum penciptaan alam semesta, segala macam materi yang adadi jagad raya ini adalah satu kesatuan. Tentu kebenarannya adalah wallahu a’lam.

Namun apabila kitamenilik unsur sejarah, yangmana teeori big bang dietukkan pada tahun 1920,sedangkan ayat diatas sudah diturunkan pada masa Rasulullah salallahu ‘alaihi wa sallam jauh sebelumteori big bang dijelaskan. Tentunya kita akan mulai memahami betapa tidak adakeraguan di dalam Al Qur’an

Atas penjelasan diatas,kita dapat memahami bahwa penciptaan bumi dan segala isinya terjadi karenasuatu alasan. Dan untuk mengimani akan mukjizat Al-Qur’an, tentu kita harussenantiasa menjaga bumi dan mengelolanya dengan baik.

Catatan

Teori Allah itu mutlak kebenarannya walaupun bisa di buktikan ataupun tidak dibuktikan.

Baca Juga :  Tandai Kalimat yang Tidak Menggunakan Kata 'Boraks' dengan Tepat! Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 77 Nomor 3 Kurikulum Merdeka

Teori Manusia itu bohong kecuali dapat di buktikan.

3. Bagaimana makhluk hidup dapat muncul pada masa awal pembentukan bumi?

Jawaban:

Alquran menyatakan bahwa Allah menciptakan segala yang hidup dari air. Air memiliki peranan amat penting bagi kehidupan di muka Bumi, tetapi tidak ada keterangan bagaimana dan kapan kehidupan itu bermula di muka Bumi.

Dalam buku Tafsir Ilmi ‘Samudra dalam perspektif Alquran dan Sains’ yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan, fosil-fosil makhluk hidup tertua di permukaan Bumi umumnya ditemukan dalam bentuk mikroorganisme bersel tunggal pada batuan.

Pada zaman Archaean, barulah sejarah kehidupan Bumi dimulai. Fosil-fosil ini berupa fosil mikroorganisme bersel tunggal yang kemudian dikenal sebagai ganggang biru-hijau. Ganggang biru-hijau (blue-green algae) yang dikenal sebagai cyanobacteria merupakan mikroorganisme fotosintetik bersel tunggal yang hidup di laut. Berbeda dengan yang lainnya, ganggang biru-hijau memiliki dinding sel yang tebal sebagai pelindung. karena bantuan suatu makhluk hidup berupa tanaman/ alga yang memperkaya oksigen di bumi, lalu setelah oksigen terpenuhi, nak barulah berkembang makhluk hidup seperti hewan,dll.

4. Bagaimana cara makhluk hidup untuk tetap lestari hidup di permukaan bumi?

Jawaban:

Cara Melestarikan Makhluk Hidup

a. Melakukan Sistem Tebang Pilih

Cara melestarikan makhluk hidup salah satunya bisa dilakukan dengan melaksanakan sistem tebang pilih. Selanjutnya, penebangan pohon juga diiringi dengan reboisasi. Reboisasi adalah penghijauan kembali atau penanaman kembali hutan yang pohonnya telah ditebangi.

b. Melindungi Hewan dan Tumbuhan

Perlindungan terhadap hewan dan tumbuhan penting untuk dilakukan terutama pada jenis yang langka. Untuk spesies hewan bisa dilindungi di suaka margasatwa dan kebun binatang. Sedangkan, tumbuhan bisa dilindungi di hutan wisata, kebun raya, dan juga hutan lindung.

c. Membantu Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan

Membantu perkembangbiakan hewan dan tumbuhan juga termasuk salah satu cara melestarikan makhluk hidup. Perkembangbiakan tumbuhan dilakukan dengan cara pembudidayaan.

5. Bagaimana hikmah yang kalian dapatkan dari proses pembentukan bumi dengan isu pemanasan global dan kerusakan bumi?

Jawaban:

Hikmah yang didapatkan adalah sebagai makhluk hidup kita harus menjaga bumi karena jika pemanasan global dan kerusakan bumi terus terjadi maka yang rugi adalah diri kita sendiri.

6. Presentasikan hasil dari diskusi kelompok kalian dengan bimbingan guru!

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.