Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume

Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume

Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume – Halo sobat, dalam artikel ini kita akan belajar tentang soal refleksi tentang apa itu volume. Nah, untuk lebih jelasnya, kalian dapat menyimak pembahasan soal berikut ini.

Materi ini diambil dari buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya. Selamat membaca !

Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume Halaman 39

A2. Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume

Baca Juga :  Kunci Jawaban Apakah Puisi Rakyat itu? Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 37 SMP/MTS BAB 2 Berkelana di Dunia Imajinasi, Kurikulum Merdeka

Selain memiliki massa, ciri-ciri dari materi adalah menempati ruang. Maksudnya setiap materi pasti memiliki ukuran tertentu. Misalnya air yang bisa disimpan di dalam gelas atau botol. Udara yg bisa memenuhi paru-paru kita atau ruangan. Dengan kata lain, materi juga memiliki volume tertentu.

Baca Juga : Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Massa

Mari Mencoba

Apa Itu Volume?

Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan volume, guru kalian akan mendemonstrasikan aktivitas mengukur volume suatu benda. Guru kalian akan membawa beberapa jenis wadah dan sejumlah air atau cairan tertentu.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 7.4 halaman 207 Migrasi ke Bumi Baru? IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Lakukan Bersama

Berapa Volumenya?

Bersama dengan teman-teman sekelas kalian, carilah bungkus kemasan minuman, botol minyak, oli, atau botol sirup yang ada di lingkungan sekolah. Kemudian, carilah di bungkus kemasan itu angka yang diberi akhiran mL atau L . Laporkan hasilnya pada guru kalian.

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian apa itu volume?

2. Berdasarkan yang sudah kalian pelajari di aktivitas sebelumnya, menurut kalian apa perbedaan antara volume dengan massa?

3. Bagaimana cara menentukan volume suatu benda?

Baca Juga : Jawaban IPAS Kelas 4 Soal tentang Materi Makhluk Apa Itu?

Jawaban :

Baca Juga :  Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Benda Padat

1. Volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat.

2. Perbedaan antara volume dengan massa adalah volume biasanya digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair seperti air, minuman, oli dan lain sebagainya, sedangkan massa digunakan untuk mengukur banyaknya zat padat.

3. Cara menentukan volume suatu benda yaitu bisa menggunakan alat ukur seperti gelas ukur, yakni sebuah gelas yang di dalamnya terdapat ukuran-ukuran tertentu.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan. Melalui pembahasan soal di atas sobat diharapkan dapat belajar memahami tentang volume. Semoga bermanfaat dan selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan referensi yang dapat digunakan untuk belajar. Jawaban yang disajikan tidaklah mutlak benar dan masih dapat dikembangkan.