Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Massa

Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Massa

Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Massa – Halo sobat, dalam artikel ini kita akan belajar tentang soal refleksi tentang apa itu massa. Nah, untuk lebih jelasnya, kalian dapat menyimak pembahasan soal berikut ini.

Materi ini diambil dari buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya. Selamat membaca !

Jawaban IPAS Kelas 4 Soal Refleksi tentang Massa Halaman 37

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian apa itu massa?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 37 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

2. Berdasarkan pengamatan kalian, apa hubungan antara massa dengan ukuran benda? Apakah benda yang ukurannya lebih kecil massanya selalu lebih kecil?

3, Bagaimana cara menentukan massa suatu benda?

Jawaban :

1. Menurut saya, ,massa adalah besaran dari suatu benda.

2. Hubungan antara massa dengan ukuran benda : massa tidak selalu berhubungan dengan ukuran benda. Biasanya benda dengan ukuran besar memiliki massa yang lebih besar juga dan benda yang memiliki ukuran kecil juga memiliki massa lebih kecil. Namun tidak selalu seperti itu, karena terdapat juga benda yang ukurannya lebih besar tapi memiliki massa lebih kecil, seperti kertas yang ukurannya lebih besar tapi massanya lebih kecil dan kelereng memiliki ukuran yang kecil tapi massanya lebih besar.

Baca Juga :  Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh pada platfom Merdeka Mengajar

Baca Juga : Jawaban IPAS Kelas 4 Soal tentang Materi Makhluk Apa Itu?

3. Cara menentukan massa suatu benda yaitu dengan neraca.

Informasi Tambahan

  • Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.
  • Massa adalah besaran dari suatu benda.
  • Ketika suatu benda memiliki massa maka benda itu merupakan materi.
  • Perbedaan massa yang berbeda pada suatu benda dengan benda yang lain disebabkan oleh banyaknya jumlah zat pada benda tersebut.
  • Massa benda dipengaruhi oleh banyaknya zat/materi dalam suatu satuan. Semakin banyak zat/materinya, maka massa benda akan semakin besar.
Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD Topik 3 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan. Melalui pembahasan soal di atas sobat diharapkan dapat belajar memahami tentang apa itu massa dan cara mengukur massa. Semoga bermanfaat dan selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan referensi yang dapat digunakan untuk belajar. Jawaban yang disajikan tidaklah mutlak benar dan masih dapat dikembangkan.

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Penyebaran Biji Tumbuhan