Jawaban Soal Refleksi tentang Penyebaran Biji Tumbuhan

Jawaban Soal Refleksi tentang Penyebaran Biji Tumbuhan

Jawaban Soal Refleksi tentang Penyebaran Biji Tumbuhan – Dalam artikel ini kita akan belajar tentang soal refleksi tentang penyebaran biji tumbuhan. Nah, untuk lebih jelasnya, kalian dapat menyimak pembahasan soal berikut ini.

Materi ini diambil dari buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya. Selamat membaca !

Jawaban Soal Refleksi tentang Penyebaran Biji Tumbuhan Halaman 24

Mari Refleksikan

1. Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya?

2. Apa manfaat bagi makhluk hidup lain dengan adanya penyebaran biji?

3. Apa saja yang membantu tumbuhan menyebarkan bijinya?

4. Setelah mempelajari penyerbukan dan penyebaran biji, menurut kalian apa yang dibutuhan oleh tumbuhan dari manusia?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jelaskan Pengertian Jaringan Lokal! Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Jawaban :

1. Tumbuhan perlu menyebarkan bijinya agar bisa tumbuh di lingkungan yang baik, tidak mengalami persaingan denganinduknya, dan mendapatkan akses ke cahaya Matahari.

2. Manfaat bagi makhluk hidup lain dengan adanya penyebaran biji adalah sebagai sumber makan untuk hewan-hewan tersebar di banyak tempat. Hewan-hewanjuga bisa menggunakan tumbuhan sebagai tempat berlindung. Manusia bisa mendapat udara segar.

3. Yang membantu tumbuhan menyebarkan bijinya adalah hewan, angin, air, dan tumbuhan itu sendiri (pecahnya kulit biji/buah).

4. Yang dibutuhkan tumbuhan dari manusia adalah merawat dan menjaga keteraturan yang sudah ada. Manusia juga bisa membantu penyebaran biji dan penyerbukan. Maksudnya keteraturan adalah tanpa campur tangan manusia alam sudah memiliki cara sendiri untuk bertahan hidup. Manusia dengan akal yang diberikan perlu mencari cara agar keteraturan ini tetap terjaga.

Baca Juga :  Sebutkan Ciri dan Pengertian Gurindam, Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 37 SMP/MTS Mengenal dan Mengidentifikasi Unsur Puisi Rakyat Kurikulum Merdeka

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Cara Tumbuhan Berbunga Berkembangbiak

Informasi Tambahan

Contoh cara penyebaran biji :

  • Hewan memakan buah-buahan. Bagian yang dimakan adalah daging buahnya. Hewan ini akan membuang biji yang tidak dimakannya.
  • Biji-biji yang berjarum kecil mudah menempel di bulu kelinci. Kelinci hewan yang suka masuk ke semak-semak tumbuhan. Saat kelinci berlompat dan berlari, biji akan jatuh dan tersebar.
  • Gajah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Badannya yang besar membuatnya juga memerlukan makanan yang banyak. Biji buah akan keluar bersama kotorannya. Saat itu gajah sudah berada di tempat yang lain dan biji tersebar dari induknya.
  • Bunga dandelion memiliki biji-biji yang ringan. Biji-biji itu akan tertiup terbawa angin dan jatuh di tempat lain.
  • Tumbuhan yang hidup di tempat berair seperti pantai, danau, sungai, dibantu oleh air untuk penyebaran bijinya. Buah kelapa akan terbawa oleh arus air laut dan terdampar di tempat yang lain.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 5 Kurikulum Merdeka Lengkap!

Kesimpulan

Itulah pembahasan soal tentang yang dapat disajikan. Melalui pembahasan soal di atas sobat diharapkan dapat belajar memahami tentang penyebaran biji tumbuhan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan referensi yang dapat digunakan untuk belajar. Jawaban yang disajikan tidaklah mutlak benar dan masih dapat dikembangkan.

Baca Juga : Jawaban Soal tentang Penyerbukan pada Teks Hubungan antara Serangga dan Bunga