Jawaban Soal tentang Penyerbukan pada Teks Hubungan antara Serangga dan Bunga

Jawaban Soal tentang Penyerbukan pada Teks Hubungan antara Serangga dan Bunga

Jawaban Soal tentang Penyerbukan pada Teks Hubungan antara Serangga dan Bunga – Dalam artikel ini kita akan belajar tentang proses penyerbukan melalui sebuah teks bacaan. Nah, untuk lebih jelasnya, kalian dapat menyimak pembahasan soal berikut ini. Materi ini diambil dari buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV Kurikulum Merdeka.

Jawaban Soal tentang Penyerbukan pada Teks Hubungan antara Serangga dan Bunga Halaman 19

Hubungan antara Serangga dan Bunga

Pernahkah kalian melihat lebah yang terbang di sekitar bunga? Serangga ini senang sekali dengan bunga. Bagaimana tidak? Bunga adalah sumber makanannya. Serangga ini senang sekali dengan nektar atau sari bunga. Warna bunga yang cerah dan aromanya yang harum memikat para serangga untuk hinggap di bunga.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.1 Matematika Kelas 8 Halaman 68 Semester 2 Bagian 2

Lebah dan serangga lainnya kemudian asyik menikmati sari bunga yang lezat. Ketika itu, serbuk sari akan menempel pada tubuh serangga. Ada yang menempel di ekornya, di sayapnya, atau di sekitar mulutnya. Setelah selesai menikmati nektar di bunga ini, lebah dan serangga akan terbang ke bunga yang lain.

Saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga. Lalu, terjadilah yang namanya penyerbukan. Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel di kepala putik. Ini adalah cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 9 halaman 158 Selat Malaka IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Baca Juga : Jawaban Soal tentang Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan

Apa yang terjadi setelah proses penyerbukan? Dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya. Walaupun tanaman tidak punya kaki untuk berpindah tempat, namun ada serangga dan hewan-hewan yang membantu tumbuhan berkembang biak.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1. Mengapa serangga senang hinggap di bunga?

2. Apa itu proses penyerbukan?

3. Bagaimana cara serangga membantu proses penyerbukan?

4. Apa yang terjadi pada bunga setelah proses penyerbukan?

Jawaban :

1. Serangga senang hinggap di bunga karena bunga adalah sumber makanannya.

2. Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel di kepala putik.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Roro Jonggrang"

3. Cara serangga membantu proses penyerbukan yaitu saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga. Lalu, terjadilah yang namanya penyerbukan.

4. Yang terjadi pada bunga setelah proses penyerbukan dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya.

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Pentingnya Fotosintesis

Kesimpulan

Itulah pembahasan soal tentang penyerbukan. Melalui hubungan antara serangga dan bunga kita belajar memahami tentang proses penyerbukan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan referensi yang dapat digunakan untuk belajar. Jawaban yang disajikan tidaklah mutlak benar dan masih dapat dikembangkan.