Jawaban Soal tentang Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan

Jawaban Soal tentang Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan

Jawaban Soal tentang Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan – Tumbuhan berkembang biak dengan tujuan untuk memperbanyak jenisnya. Tahukah kamu bagaimana tumbuhan berkembangbiak? Nah, untuk lebih jelasnya, kalian dapat menyimak pembahasan soal berikut ini tentang perkembangbiakan tumbuhan. Materi ini diambil dari buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV Kurikulum Merdeka. Berikut ulasannya !

Jawaban Soal tentang Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan Halaman 16

Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan

Pertanyaan Esensial

1. Bagaimana tumbuhan berkembang biak?

2. Bagaimana cara tumbuhan menyebarkan bijinya?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

3. Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya?

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Pentingnya Fotosintesis

Jawaban :

1. Tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif.

2. Cara tumbuhan menyebarkan bijinya :

  • Hewan memakan buah-buahan. Bagian yang dimakan adalah daging buahnya. Hewan ini akan membuang biji yang tidak dimakannya.
  • Biji-biji yang berjarum kecil mudah menempel di bulu kelinci. Kelinci hewan yang suka masuk ke semak-semak tumbuhan. Saat kelinci berlompat dan berlari, biji akan jatuh dan tersebar.
  • Gajah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Badannya yang besar membuatnya juga memerlukan makanan yang banyak. Biji buah akan keluar bersama kotorannya. Saat itu gajah sudah berada di tempat yang lain dan biji tersebar dari induknya. Catatan: Arahkan peserta didik untuk mengaitkan keuntungan biji yang keluar bersama kotoran.
  • Bunga dandelion memiliki biji-biji yang ringan. Biji-biji itu akan tertiup terbawa angin dan jatuh di tempat lain.
  • Tumbuhan yang hidup di tempat berair seperti pantai, danau, sungai, dibantu oleh air untuk penyebaran bijinya. Buah kelapa akan terbawa oleh arus air laut dan terdampar di tempat yang lain.
Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Isi Teks Editorial

3. Tumbuhan perlu menyebarkan bijinya agar agar tumbuhan dapat tumbuh dilingkungan yang baik, mendapatkan matahari yang cukup.

Baca Juga : Jawaban Soal Refleksi tentang Bagian Tubuh Tumbuhan

Informasi Tambahan

Bunga Sempurna dan Tidak Sempurna : Benang sari dan putik adalah alat perkembangbiakan tumbuhan. Benang sari dan putik bisa terletak dalam 1 bunga yang sama. Ini dinamakan bunga sempurna. Namun, ada bunga yang benang sari dan putik terpisah dalam bunga yang berbeda. Ini disebut bunga tidak sempurna.

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD Topik 3 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Kesimpulan

Itulah pembahasan soal yang telah disajikan tentang perkembangbiakan tumbuhan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan referensi yang dapat digunakan untuk belajar. Jawaban yang disajikan tidaklah mutlak benar dan masih dapat dikembangkan.