Jawaban Mengenali Majas Sarkasme Dalam Cerita Fantasi

Jawaban Mengenali Majas Sarkasme Dalam Cerita Fantasi

Jawaban Mengenali Majas Sarkasme Dalam Cerita Fantasi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas tentang jawaban mengenali majas sarkasme dalam cerita fantasi halaman 58 yang terdapat pada buku bahasa indonesia untuk smp kelas VII.

Pembahasan jawaban ini terdapat pada materi kegiatan 8 tentang mengenali majas sarkasme dalam cerita fantasi buku Bahasa Indonesia kelas VII. Jawaban ini dibuat diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, bacalah kembali cerita “kue-kue mao”. Kemudian tuliskan pengungkapan tokoh yang menggunakan majas sarkasme. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika 9 Latihan 4.1 Halaman 212

Jawaban Mengenali Majas Sarkasme Dalam Cerita Fantasi Halaman 58

kegiatan 8:

Mengenali Majas Sarkasme Dalam Cerita Fantasi

“kau mau jadi sok jagoan, ya? jauhi mao atau kami semua akan menjauhimu!”

pernyataan di atas adalah contoh sarkasme. majas sarkasme adalah majas yang berisi sindiran yang bertujuan untuk menyakiti perasaan seseorang. majas sarkasme digunakan penulis untuk menggambarkan perilaku tokoh antagonis, yaitu tokoh yang memiliki perilaku buruk dalam cerita.

Baca Juga : Jawaban Mengidentifikasi Alur dalam Cerita Fantasi

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 5 halaman 177 Harga Masker Melejit IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

majas sarkasme biasanya diucapkan secara langsung oleh tokoh cerita. dalam cerita komik, pengungkapan langsung dapat dikenali dari penulisannya dalam balon kata. bacalah ulang cerita “kue-kue mao” dan tuliskan pengungkapan tokoh yang menggunakan majas sarkasme. sebutkan pula nama tokoh yang mengucapkannya. jangan lupa menuliskan tanda baca yang tepat untuk ungkapan langsung tersebut. kalian dapat mengikuti contoh di bawah ini.

  1. “dasar bodoh! kau selalu membuat kekacauan!” kata yari.

jawaban     :

  1. “dasar bodoh! kau selalu membuat kekacauan!” kata yari.
  2. “Mulai sekarang, jangan dekati dia. Nanti kita ketularan bodohnya,” ucap Yari.
  3. “Kau mau jadi sok jagoan, ya? Jauhi Mao atau kami semua akan menjauhimu!” bentak Yari.
  4. “Wah, wah, peri bodoh bisa marah juga!” sindir Yari.
  5. “Teman-teman,hentikan! Kenapa kalian malah makan?!” teriak Yari.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Apakah Pemilihan Bentuk dan Ukuran Huruf Telah Mendukung Kejelasan Informasi pada Infografik? Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 75 Kurikulum Merdeka

Kesimpulan

nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban mengenali majas sarkasme dalam cerita fantasi halaman 58 yang terdapat pada buku bahasa indonesia untuk smp kelas VII. semoga pembahasan di atas dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga : Jawaban Pengertian Puisi Rakyat

disclaimer : pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak benar dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.