Jawaban Mengidentifikasi Kemunculan Latar Belakang Penulis

Jawaban Mengidentifikasi Kemunculan Latar Belakang Penulis

Jawaban Mengidentifikasi Kemunculan Latar Belakang Penulis – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban mengidentifikasi kemunculan latar belakang penulis yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 50 Kurikulum Merdeka.

Jawaban Mengidentifikasi Kemunculan Latar Belakang Penulis Halaman 50

Sobat, sebelum kita masuk dalam pembahasan soal, bacalah novel yang akan kamu identifikasi sehingga dapat memudahkan sobat dalam menjawab soal.

Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya mengenai jawaban mengidentifikasi kemunculan latar belakang penulis berikut ini.

Jurnal Membaca

Mengidentifikasi hubungan latar belakang penulis terhadap isi cerita sebuah novel. Latar belakang penulis memengaruhi tulisan yang dibuatnya, termasuk novel.

Latar belakang penulis yang dapat memengaruhi cerita dapat berupa latar belakang budaya, pendidikan, ekonomi, maupun sosialnya. Contohnya, pengaruh latar belakang pendidikan, hobi, dan pekerjaan Donny Dhirgantoro dapat kita lihat pada karyanya “5 cm”. Novel tersebut mengungkapkan unsur-unsur yang sangat berkaitan dengan penulis,

Baca Juga :  Jawaban Analisis Struktur Teks Anekdot

seperti munculnya pengalaman penulis yang pernah mengikuti demo saat masih mahasiswa dan dimunculkan dalam kegiatan yang dilakukan tokoh. Pada novel tersebut juga dimunculkan hobi yang dilakukan penulis ternyata dilakukan juga oleh tokoh lain pada novel.

Menulis cerita yang sesuai dengan latar belakang penulis sangat membantu dalam membuat cerita lebih realistis. Penulis akan dapat menggambarkan atau menyampaikan cerita dengan lebih menjiwai.

Sekarang, identifikasikanlah hubungan antara latar belakang penulis dan isi novel yang kalian baca. Sebelumnya, kalian harus membaca referensi terkait penulis agar dapat memahami latar belakangnya.

Kalian dapat menggunakan novel-novel berikut untuk dianalisis.

Kalian pun dapat menggunakan novel lain yang dapat dibaca, baik dari perpustakaan maupun sumber lainnya.

1. Kubah karya Ahmad Zamzuri;

2. Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer;

3. Pertemuan Dua Hati karya N.H. Dini; dan

4. Lembata karya F. Rahardi.

Gunakanlah bagan berikut untuk mengidentifikasi kemunculan latar belakang penulis dalam novel!

Jawaban    :

  • Identitas buku (penulis, tahun terbit, judul penerbit, dan jumlah halaman)
Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 254

Penulis              : N.H Dini

Tahun terbit      : 2003

Judul                 : Pertemuan Dua Hati

penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama

Jumlah halaman : 85 Halaman

  • Latar belakang pengarang yang muncul (budaya, sosial, pendidikan, dll)

Pengarang novel ini Bernama Sri Hardini Siti NuKatin atau dikenal dengan nama N.H Dini dan lahir di Semarang (Jawa Tengah) pada 29 Februari 1936. N.H Dini merupakan seorang sastrawati dan novelis di Indonesia. Beliau dilahirkan dari pasangan salyowidjojo dan Kusaminah yang merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Ulang tahunnya itu dirayakan setiap 4 tahun sekali dan masa kecil beliau penuh dengan larangan. N.H Dini memiliki darah Jawa dan Bugis, beliau mengaku mulai tertarik menulis sejak beliau kelas tiga SD.

Buku-buku pelajarannya penuh dengan tulisan-tulisan yang merupakan ungkapan pikiran dan perasaannya. Beliau mengakui bahwa tulisan-tulisannya tersebut merupakan pelampiasan hati.

  • Kutipan dalam novel yang menggambarkan latar belakang penulis
Baca Juga :  Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 230 Bulan IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Nilai moral yang terdapat pada novel Pertemuan Dua Hati karya N.H Dini, ada pada halaman 32 alinea 1 yang Berisi”…kami semua sepakat bahwa anak-anak tumbuh tidak hanya memerlukan makanan, mereka juga membutuhkan kemesraan, menginginkan perhatian, rasa cinta kepada mereka yang diperlihatkan, menanamkan benih kekuatan tersendiri…”

Nilai sosial yang terdapat pada novel Pertemuan Dua Hati karya N.H Dini yaitu hubungan seorang guru dengan anak didiknya, bahwa seorang guru tidak hanya sebatas memberikan pelajaran di kelas melalui sistem kurikulum, akan tetapi seorang guru harus dekat dan penuh kasih sayang terhadap anak didiknya sehingga dapat melahirkan penerus bangsa yang dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Kesimpulan

Itulah jawaban mengenai mengidentifikasi kemunculan latar belakang penulis yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 50 Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :