Jawaban Rancangan Penelitian Sederhana

Jawaban Rancangan Penelitian Sederhana

Jawaban Rancangan Penelitian Sederhana – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tabel 2.4 tabel rancangan penelitian sederhana yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 41, Kurikulum Merdeka.

Jawaban Rancangan Penelitian Sederhana Halaman 41

Sobat, sebelum masuk dalam pembahasan soal, pahami terlebih dahulu mengenai teks eksposisi dan cara penulisannya yang benar, sehingga dapat memudahkan sobat dalam menjawab soal.

Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya mengenai jawaban rancangan penelitian sederhana berikut ini.

Menulis Teks Eksposisi Hasil Penelitian Sederhana

Sebagai Bahan untuk Menyampaikan Kritik Sosial

Menulis teks eksposisi hasil penelitian sederhana sebagai sumber penyampaian kritik sosial yang akurat.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, anekdot merupakan salah satu cara untuk menyampaikan kritik terkait fenomena sosial yang terjadi. Agar kritik yang disampaikan bertanggung jawab, kalian harus memiliki data atau informasi yang valid terkait fenomena yang diangkat ke dalam teks.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jelaskan Majas Personifikasi dan Contohnya! Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kali ini, kalian akan diajak untuk melakukan penelitian sederhana menggunakan metode survey sebagai bahan sebelum melakukan kritik. Hasil penelitian yang kalian lakukan dapat dituangkan dalam sebuah teks eksposisi laporan. Teks eskposisi laporan adalah teks yang menyampaikan sebuah gagasan atau temuan berdasarkan hasil sebuah penelitian atau peristiwa yang terjadi. Perhatikan langkah-langkah berikut.

1. Tentukan topik fenomena sosial yang akan kalian gali lebih dalam. Pilihlah topik yang kalian temui dalam kehidupan sehari-hari, contohnya kebiasaan membaca di sekolah.

2. Tentukan siapa atau apa yang akan menjadi responden atau sumber data penelitian kalian. Kalian dapat memilih teman-teman, keluarga, atau orang lain di sekitar kalian sebagai responden sesuai dengan topik yang diangkat. Semakin banyak responden penelitian, semakin valid hasil penelitiannya.

Baca Juga :  Jawaban Pertanyaan Puisi “Tapi”

3. Rumuskan hal-hal yang ingin kalian ketahui dari topik yang dipilih dalam bentuk pertanyaan. Contoh pertanyaan yang dapat dibuat adalah, berapa jam yang kalian habiskan untuk membaca buku dalam sepekan? Buku apa saja yang kalian baca? Hal apa saja yang jadi pertimbangan kalian dalam memilih buku bacaan?

4. Tentukan cara pengambilan data. Apakah survey akan dilakukan dengan menyebarkan angket isian atau berupa wawancara.

5. Kumpulkan data sesuai dengan cara pengambilan data yang telah dipilih.

6. Olah data yang telah didapat. Kalian dapat mengolah data dengan menggunakan persentase, misalnya berapa persen yang menjawab A, B, atau C.

7. Sajikan data kalian dalam bentuk teks eksposisi laporan. Teks disajikan dengan struktur sebagai berikut:

a. Pernyataan pendapat

Tuliskan pendapat kalian terhadap topik yang akan dibahas. Sampaikan pula pendapat kalian mengenai alasan pemilihan topik sehingga penting untuk dibahas.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Berlatih 185 Pemanasan Global IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

b. Argumen/hasil penelitian

Sampaikan hasil penelitian kalian dengan jelas. Kalian juga dapat menampilkan tabel, grafik, atau diagram untuk menunjukkan data yang diperoleh.

c. Penegasan ulang/simpulan

Sampaikan simpulan atau penegasan pendapat kalian terhadap hasil yang sudah dibahas.

Tabel 2.4 Tabel rancangan penelitian sederhana

Gunakanlah format berikut untuk merancang penelitian sederhana kalian.

Topik                                               :
Alasan memilih topik                    :
Responden                                   :
Daftar pertanyaan                       : 1. 2. 3. 4.
Instrumen yang akan digunakan     : angket/wawancara
Hasil penelitian:
simpulan:

Jawaban    :

Topik                                               : Kebiasaan waktu main game yang berlebihan
Alasan memilih topik                    : Dengan adanya fenomena waktu main game yang berlebihan dilingkungan sekitar, berdasarkan hasil penelitian anak yang bermain lebih dari 9 jam dalam seminggu memiliki kemungkinan yang signifikan untuk memiliki perilaku yang buruk, penelitian dikutip oleh health.detik.com
Responden                                   : Andi (Teman main/ tetangga rumah)  
Maulana (Teman main/ tetangga rumah)  
Satria (Teman main/ tetangga rumah)
Daftar pertanyaan                       : 1. Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain game dalam satu hari ?
2. Apakah bermain game setiap hari ?
3. Apakah sudah tahu dampak buruk bermain game terlalu lama ?
Instrumen yang akan digunakan     : Wawancara
Hasil penelitian: Hasil penelitian melalui wawancara menyebutkan rata-rata responden bermain game selama 1-3 jam perhari atau bisa dikatakan responden bermain game selama 7-21 jam dalam seminggu. Rata-rata waktu tersebut bukanlah waktu yang pasti, karena responden menyebut itu hanya rata-rata. Salah satu responden bahkan menyebutkan bisa bermain game lebih dari 3 jam saat libur sekolah. Dari tiga responden yang diwawancarai hanya satu yang pernah membaca hasil penelitian tentang dampak buruk jika bermain game dalam waktu yang lama (lebih dari 9 jam dalam seminggu)
Simpulan: Kebiasaan buruk bermain game yang terlalu lama terjadi disekitar kita. Mereka bermain game lebih dari 9 jam dalam seminggu. Mirisnya hal tersebut bahkan disadari oleh sebagian orang yang mengetahui dampak buruk bermain game terlalu lama.

Selain dalam bentuk tertulis, teks eksposisi laporan kalian dapat juga dituangkan dalam bentuk infografik yang menarik. Berikut ini beberapa contoh infografik yang menyajikan data hasil penelitian.

Gambar 2.3 Infografik efek penggunaan plastic

Sumber 3

Gambar 2.4 Infografik internet dan pelaku perundungan

Kesimpulan

Nah, itulah jawaban mengenai rancangan penelitian sederhana yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 41 Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :