tarian tradisional
tarian tradisional

Kunci Jawaban “Tari Tradisional Berbagai Daerah”

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Tari Tradisional Berbagai Daerah”. Indonesia kaya akan ragam seni tari dari setiap daerah. Mulai dari Sabang sampai Merauke, memiliki tarian tradisionalnya masing-masing. Apa tarian tradisional di daerah tempat tinggal Sobat BW? Apakah Sobat BW bisa menarikannya?

Mari kita mengenal beberapa jenis tarian dari beberapa daerah yang ada di Indonesia!

Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui tari-tari daerah Indonesia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Frederich Silaban, Sang Arsitek"

Amatilah gambar tari berikut ini!

tarian tradisional
 

Ayo Berlatih!

Kamu akan melakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima orang. Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut!

Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.

  1. Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu.

  2. Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.

  3. Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu bersama dengan teman sekelompokmu.

 

Tari Saman dari Aceh

Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.2 halaman 5 Perbandingan Ilmuan Sains Indonesia dan Luar Negeri IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

Sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukaddimah atau pembukaan, tampil seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

Lagu dan syair pengungkapannya secara bersama dan berkesinambungan, pemainnya terdiri dari pria-pria yang masih muda-muda dengan memakai pakaian adat. Penyajian tarian tersebut dapat juga dipentaskan, dipertandingkan antara grup tamu dengan grup sepangkalan (dua grup). Penilaian dititik beratkan pada kemampuan masing-masing grup dalam mengikuti gerak, tari dan lagu (syair) yang disajikan oleh pihak lawan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Dampak Perubahan Lingkungan

Tarian Saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman, yakni tepuk tangan dan tepuk dada. Diduga, ketika menyebarkan agama Islam, Syekh Saman mempelajari tarian Melayu kuno, kemudian menghadirkan kembali lewat gerak yang disertai dengan syair-syair dakwah islam demi memudakan dakwahnya .Dalam konteks kekinian, tarian ritual yang bersifat religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.

Tari Saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik, kerena hanya menampilkan gerak tepuk tangan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, lingang, surang-saring (semua gerak ini menggunakan bahasa Bahasa Gayo).

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Saman

 

Tari Saman merupakan tari yang sering ditampilkan pada festival-festival tari Internasional karena keunikkannya. Mungkin beberapa orang menganggap tari saman tarian yang mudah karena unsur dasar dalam tari saman hanya tepuk tangan dan tepuk dada, tetapi ketika mencobanya sendiri Sobat BW akan merasakan bagaimana sulitnya mengikuti musik iringan pada tari saman. Sobat BW boleh menuliskan contoh tari lain yang ada di daerah tempat Sobat BW ya..

Semoga bermanfaat..