Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 152 Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 152 Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 8 halaman 271 Lipatan dan Patahan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMA/SMK Kelas 10 halaman 152. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka tentang Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut:

a. Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya?

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Peran Polisi dalam Kehidupan Sehari-hari"

Kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya yaitu

Terdapat tiga pembicara dalam sidang yang diadakan oleh BPUPKI dalam merumuskan dasar negara dengan mempertimbangkan kebergaman yang ada.

Namun paparan dari ketiga tokoh tersebut belum menghasilkan kesepakatan. Masalah yang paling mendasar adalah adanya kebergaman agama sehingga menghasilkan perbedaan pendapat antara golongan agamis yang dalam hal ini berarti Islam dan juga golongan nasionalis.

Setelah dilakukan diskusi yang cukup panjang, akhirnya tercetuslah piagam Jakarta yang isinya memuat rumusan dasar Pancasila yang ternyata belum memberikan kepuasan hasil bagi semua pihak karena dinilai mendukung agama tertentu saja (tidak universal). Akhirnya sila pertama kembali didiskusikan dan diganti menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

b. Berikan analisismu atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia?

Jawaban:

Baca Juga :  Tandai Kalimat yang Tidak Menggunakan Kata 'Kudapan' dengan Tepat! Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 77 Nomor 2 Kurikulum Merdeka

Analisis saya atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia adalah sebagai berikut:

Konflik-konflik bernuansa Suku dan Agama kerap terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Konflik bernuansa suku dan agama terjadi karena kesadaran masyarakat terhadap isu diskriminasi suku dan toleransi beragama masih rendah. Fenomena tindak intoleransi dan diskriminasi ini memiliki dampak tidak langsung terhadap situasi demokratisasi di Indonesia dan akan merusak kehidupan harmoni masyarakat yang telah terbentuk sekian lama.

Menurut saya, intoleransi dan diskriminasi yang bersinggungan dengan nuansa suku dan agama belum menunjukkan tanda-tanda akan melandai dan masih kerap terjadi.

c. Apa manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ke kelompok minoritas?

Jawaban:

Manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ke kelompok minoritas, diantaranya:

1. Membuka mata dan mengembangkan sudut pandang yang berbeda dalam memandang kelompok minoritas

2. Menambah pemahaman dan keyakinan tentang pentingnya dukungan bagi kaum minoritas

3. Mengetahui keluhan, permasalahan-permasalahan dan pengalaman diskriminasi yang mungkin pernah di alami oleh kaum minoritas

4. Mengubah pola pikir tentang kelompok minoritas

5. Memiliki wawasan yang luas dalam memandang suatu kelompok minoritas

d. Setelah kalian berkunjung ke kelompok minoritas, bagaimana persepsi kalian terhadap mereka?

Jawaban:

Setelah saya berkunjung ke kelompok minoritas,persepsi saya terhadap mereka adalah:

Awalnya saya memiliki persepsi negatif serta sikap “alergi” terhadap kelompok minoritas ini. Tetapi setelah saya berkunjung ke kelompok minoritas saya baru dapat menyadari dan memahami ternyata anggapan saya selama ini salah. Selanjutnya sikap saya terhadap mereka adalah menghormati dan menghargai mereka dimanapun mereka berada sekalipun mereka kelompok minoritas.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.

Artikel Terkait