Download Rangkuman Modul PPG Bahasa Indonesia PGSD

Download Rangkuman Modul PPG Bahasa Indonesia PGSD

Download Rangkuman Modul PPG Bahasa Indonesia PGSD – PPG Dalam 2021 adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam rangka mendapatkan sertifikat pendidik. Setelah menempuh PPG Dalam Jabatan, seorang guru berhak mendapatkan sertifikat pendidik yang merupakan tanda bahwa Guru tersebut adalah Guru Profesional. Adapun tujuan dan manfaat PPG dijelaskan secara lengkap sebagai berikut

Tujuan Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Secara umum, tujuan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, yaitu menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Baca Juga :  Daftar Alamat JNE di Provinsi Jawa Tengah – Tegal, Sukoharjo, Sragen

Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sedangkan secara khusus, tujuan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) seperti yang tercantum dalam Permendiknas Nomor 8 Tahun 2009 Pasal 2 sebagai berikut.

1. Untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran.

2. Untuk menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik.

3. Untuk melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.

Dengan demikian, tujuan program Pendidikan profesi Guru (PPG) adalah untuk mewujudkan guru-guru yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya, yang pengakuan secara tertulisnya dibuktikan dengan dimilikinya Sertifikat Pendidikan Profesional.

Baca Juga :  Knalpot Racing Mobil Berkualitas dari HRS Racing Purbalingga

Baca Juga : Aplikasi Trading Forex Terpercaya

Manfaat Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

 

Beberapa manfaat yang diperoleh guru setelah mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan dinyatakan lulus oleh pihak penyelenggara diantaranya adalah

1. Meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar.

2. Menambah pengalaman tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.

3. Mendapatkan gelar sebagai guru profesional yang ditunjukan dalam Sertifikat Pendidik.

4. Membuka lapangan kerja secara lebih luas, khususnya untuk guru nonPNS.

5. Mendapatkan tunjangan sertifikasi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi sekolah diharapkan mampu menghasilkan calon tenaga pendidik yang memiliki kualitas baik dan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk percaya bahwa dunia pendidikan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan.

Baca Juga :  Waspada Gejala Tanaman Hias Terserang Penyakit

Namun sebelum itu, guru harus menyelesaikan serangkaian proses dan kegiatan yang harus dilakukan. Adapun PPG dalam jabatan 2021 digambarkan sebagai berikut

Baca Juga : Broker Saham Terbaik di Indonesia

Nah, kali ini beritawarganet akan memberikan link Download Rangkuman Modul PPG Bahasa Indonesia PGSD yang bisa menjadi acuan terutama bagi guru yang sedang melaksanakan Program PPG Dalam Jabatan. Beritawarganet sudah merangkumkan Modul 1 Bahasa Indonesia PGSD dari 195 halaman menjadi 55 halaman saja. Sehingga akan lebih mudah untuk pedoman dalam membuat tugas. Sobat warganet bisa mendownloadnya melalui tautan Berikut ini.

Download Rangkuman Modul PPG Bahasa Indonesia PGSD