Ford EcoSport Akan Stop Produksi Pada Pertengahan Tahun 2022

Berita warganet – Ford EcoSport Akan Stop Produksi Pada Pertengahan Tahun 2022. Pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, mengalami kegagalan dalam mencapai target penjualan pada salah satu produknya, yaitu Ford EcoSport.

Alhasil, merek tersebut mengalami nasib nahas. Produksi Ford EcoSport akan dihentikan di Amerika Serikat, seperti dikutip dari The Detroit Free Press.

Blue Oval, julukan Ford, juga akan menutup pabrik di India yang membangun crossover kecil itu. Namun, kendaraan ini masih akan terus tersedia di AS hingga pertengahan tahun 2022.

Produksi untuk Eropa masih akan berlangsung di Rumania, dan Ford_EcoSport akan tetap menjadi model di sana.

Baca Juga :  Pabrikan Lotus Akan Beralih Ke Mobil Listrik, Sederet mobil Berbahan Bakar Ini Hentikan Produksinya

Ford_EcoSport hingga kini memang belum menjadi pemimpin penjualan untuk Ford. Perusahaan hanya menjual 60.545 unit mobil tersebut pada 2020, atau turun 6,4 persen dari 64.708 unit pada 2019.

Hingga Agustus 2021, Ford telah menjual 32.697 unit EcoSport, atau turun 22,3 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Sebagai perbandingan, Ford Bronco Sport sudah mengungguli Ford Ecosport dengan 69.518 unit pengiriman Ford Baby Bronco dalam delapan bulan pertama tahun ini.

Ford_EcoSport akhirnya harus menerima kenyataan tidak bisa bertahan lama di Negeri Paman Sam.

Baca Juga :  Ulang Tahun Kutaringin ke-419 Tahun, Gambar Ucapan 2022

Mobil ini menjalani debutnya pada November 2016 lalu dalam ajang pameran otomotif Los Angeles Auto Show, meskipun penjualannya tidak langsung dimulai sampai awal 2018.

Saat diluncurkan, crossover kecil ini tersedia dengan mesin turbocharged tiga silinder 1,0 liter atau empat silinder 2,0 liter. Powertrain yang lebih besar tersedia dengan penggerak semua roda.

Namun dengan menyingkirkan Ford_EcoSport, itu akan membuka jajaran Ford Amerika Serikat untuk membuat celah yang lebih besar bagi truk pikap Ford Maverick yang akan datang.

Dengan harga dasar 19.995 dolar AS (Rp285 juta), truk kecil tersebut sudah hampir memotong harga crossover EcoSport.

Baca Juga :  Honda CBR250RR 2022 di Banderol Dengan Harga Spesial

Ada juga skala ekonomi dengan memprioritaskan Ford Maverick daripada Ford EcoSport.

Ford Maverick menggunakan platform yang sama dengan Ford Escape dan Ford Bronco Sport, yang berarti Ford dapat memfokuskan investasi pada ketiga produk serupa ini.

Sudah ada indikasi Ford Maverick akan lebih sukses dalam penjualan daripada Ford EcoSport.

Terbukti pada akhir Agustus 2021 lalu, Ford sudah mendapatkan 100.000 unit pemesanan untuk truk pikap mungil itu.

Kebanyakan dari Ford Maverick tersebut berasal dari California, Florida, dan Texas. Sang automaker mengharapkan untuk menjual 110.000 unit per tahunnya.