Akhirnya Ford Bronco Raptor 2022 Hadir di Indonesia |Spesifikasi dan Harga|

Berita Warganet – Akhirnya Ford Bronco Raptor 2022 Hadir di Indonesia |Spesifikasi dan Harga|. Pabrikan Ford agaknya belum puas dengan Ford Bronco yang laris manis di pasaran. Mereka pun akhirnya meluncurkan Ford Bronco Raptor 2022 agar makin mendominasi segmen pasar SUV off-road.

Memanfaatkan sasis yang ditingkatkan secara ekstensif, dengan lebih banyak suspension travel, lebih banyak ground celarance, dan kemampuan menaklukkan medan lebih luas dengan mesin bertenaga 400 horse power, ada banyak alasan untuk percaya bahwa Ford Bronco Raptor akan berhasil baik di jalur off-road maupun di showroom dealer sebagai yang teratas dari seri Bronco.

“Kami mencurahkan semua hasrat kami dan semua pengetahuan Bronco dan Raptor kami untuk menciptakan monster balap gurun ini,” kata CEO Ford, Jim Farley.

“Mobil ini bukan untuk pertunjukan dan bukan untuk semua orang. Tapi, untuk orang yang suka menaklukkan alam liar, ini yang terbaik. Hanya Ford yang bisa membuat Bronco Raptor. Inilah real deal!”

Ford Bronco Raptor tidak lagi menggunakan mesin V6 2,7 liter, namun langsung mendapatkan mesin twin-turbo EcoBoost V6 3,0 liter yang menghasilkan setidaknya 400 tenaga kuda (289 kilowatt).

Angka akhir untuk tenaga dan torsi memang belum diumumkan, namun mesin ini sendiri telah menghasilkan 400 dk dan torsi 415 pon-kaki (563 Newton-meter) di versi Explorer ST.

Baca Juga :  Termasuk Langka, Harga Honda Civic Type R Mugen Ini Dibanderol 1,8Miliar

Ford mengatakan bahwa mesin akan memiliki “raungan” khusus untuk Raptor yang dihasilkan lewat sistem induksi dan intercooling yang ditingkatkan serta sistem pembuangan multi-mode true-dual.

Satu-satunya transmisi yang ditawarkan ialah tansmisi otomatis 10 kecepatan dengan sistem paddle-shift untuk memberi lebih banyak keleluasaan kepada pengendara.

Tenaga disalurkan melalui driveshaft depan dan belakang yang lebih besar, terhubung melalui axle Dana yang telah ditingkatkan, sama seperti SUV balap Bronco DR yang jelas tidak legal digunakan di jalan raya.

Sistem 4×4 memiliki fitur transfer case yang ditingkatkan, kopling berkapasitas lebih tinggi, serta Baja Mode yang menyertakan anti-lag system.

Ford Bronco Raptor juga mendapatkan mode tow/haul dengan kapasitas beban yang ditarik mencapai 4.500 pon (2.041 kg).

Suspensi Terinspirasi Ultra4 Racing

Tentu, tenaga yang lebih besar selalu menjadi kabar baik. Namun, keunggulan Bronco Raptor tak berhenti sampai di situ.

Mobil ini juga dilengkapi dengan peningkatan suspensi produktif dari Ultra4 Racing yang terkenal bandel.

Axle yang sempat disebut di atas adalah bagian dari sistem ini, namun tak berhenti sampai di situ.

Ford Bronco Raptor menggunakan sistem High-Performance Off-Road Stability Suspension (HOSS) yang ditingkatkan dengan menambahkan peredam semi-aktif Fox yang serupa dengan yang ada pada F-150 Raptor.

Mobil ini juga dilegkapi dengan sensor yang berfungsi memantau ketinggian suspensi dan kondisi medan untuk menyesuaikan pengaturan peredam dengan cepat.

Baca Juga :  10 Mobil Termahal di Dunia Saat Ini Terbaru, Faktanya Bugatti Merajai Pasar!

Semua sistem ini terhubung ke rangka yang diperkuat dengan shock tower yang lebih kaku di bagian atas dan lengan kontrol depan/belakang yang dikembangkan oleh Ford Performance di bagian bawah.

Hasilnya, Bronco Raptor memiliki suspensi 13,0 inci di deplan dan 14,0 inci di belakang, meningkat 60 persen (bagian depan) dan 40 persen (bagian belakang) dibandingkan model basic Bronco.

Kuda-kudanya pun lebih lebar dengan 8,6 inci, dan dengan dukungan frame ekstra yang berasal dari pilar B dan C yang diperkuat, Raptor memiliki kekakuan torsi 50 persen lebih banyak.

Ground clearance minimumnya mencapai angka 13,1 inci, dan jika pengendara menggunakan setiap incinya, pelat selip di bawahnya menutupi semua komponen vital.

Widebody dari Pabrik

Dua jenis roda berkemampuan beadlock 17 inci terpasang pada mobil ini, dibungkus dengan ban BF Goodrich K02 37 inci yang menurut Ford adalah yang terbesar dari yang pernah dipasang pada SUV bawaan pabrikan Amerika Serikat tersebut.

Rak kemudi listrik dan batang pengikat yang telah ditingkatkan membantu menangani karet yang gemuk, dan dengan suar pender di tempatnya, Bronco Raptor lebih lebar 9,8 inci dibanding model standar.

Flare sendiri bukan satu-satunya peningkatan eksterior yang dimiliki Bronco Raptor.

Ford juga menukar spatbor, panel seperempat, dan kap versi standar dengan suku cadang khusus Raptor.

Baca Juga :  Ini di Minivan Sienna Toyota, Mobil Yang Cocok di Jadikan Mobil Keluarga

Termasuk dalam paket ini adalah pintu applique dan gril khas Raptor yang dibuat Ford dengan nuansa berani.

Peningkatan visual tambahan juga termasuk lampu daytime running yang unik dan bumper depan modular dari Ford Performance dengan kait derek built-in.

Paket grafik Bronco Raptor yang tersedia juga terlihat ramai dengan pola percikan di eksteriornya, lengkap dengan warna bawaan Code Orange.

Warna Code Orange juga terdapat di dalam mobil, termasuk pada kluster instrumen digital 12 inci yang menampilkan pengaturan khas Raptor.

Bronco Raptor juga mendapatkan lingkar kemudi yang lebih tebal, jok yang ditingkatkan dari Ford Performance, opsi trim khusus, dan High Package yang disertakan dalam paket pembelian standar.

Harga Ford Bronco Raptor 2022

Ford Bronco Raptor 2022 dijual mulai harga 69.995 dolar AS (sekitar Rp1,004 miliar), termasuk biaya pengiriman sebesar 1.495 dolar AS (Rp21,4 juta).

Dengan harga ini, Broco Raptor masih lebih terjangkau dibanding pesaing utamanya, Jeep Wrangler Rubicon 392 yang dibekali mesin V8 bertenaga 470 dk yang dibanderol harga sekitar 75.000 dolar AS (Rp1,076 miliar).

Pemesanan akan dibuka pada Maret 2022, tapi Ford tidak menyebutkan secara detail kapan akan memulai produksi.

Namun, dengan statusnya sebagai kendaraan model 2022, besar kemungkinan mobil ini akan mencapai dealer pada akhir tahun ini.