Honda Civic Type R Limited Edition 2021

Berita Warganet – Honda Civic Type R Limited Edition 2021. Honda Civic yang ada pada saat ini ada, tak akan panjang lagi usianya karena generasi penerusnya dipastikan bakal hadir pada tahun depan.

Honda tampaknya ingin menambahkan bumbu pelengkap di mobil baru mereka. Inilah Honda Civic Type R Limited Edition 2021.

Sesuai namanya, mobil ini akan dibuat terbatas di model ini. Tak dapat dibayangkan betapa spesialnya mobil ini.

Honda dengan Tipe R saja sudah merupakan kelas tersendiri, apalagi ini ditambah inisial LE atau Limited Editon.

Jadilah Honda Civic Type R LE 2021 tampil dengan warna kuning Phoenix dengan aksen hitam glossy di atap, spoiler, tutup spion, dan kap mesin.

Pelek aluminium tempa BBS menghemat hingga dua kilogram (kg) untuk tiap roda. Honda juga menghilangkan

Wiper belakang, pelindung kargo, dan beberapa bagian tak penting pada interior sehingga bisa menghemat 22,6 kg.

Lebih penting lagi, Honda Civic Type R LE 2021 memakai ban Michelin Pilot Cup 2 terbaru yang mampu menghilangkan 9,9 kg unsprung mass.

Dengan memanfaatkan pemotongan tersebut dan ban yang lebih lengket dengan aspal, Honda menyetel kembali peredam dan kemudi. Ini mengurangi body roll dan meningkatkan respons.

Kendati demikian, tetap saja Honda Civic Type R LE 2021 dianggap hanya mengalami sedikit perubahan. Apalagi, perangkat dapur pacunya sama persis dengan Tipe R biasa.

Mesinnya 2,0 liter turbocharged yang menghasilkan 306 daya kuda dan torsi 400 Nm melalui girboks manual enam kecepatan.

Jika demikian, roda yang lebih ringan, ban yang lebih lengket, dan suspensi yang disetel ulang tidak akan benar-benar terlihat di jalan.

Baca Juga :  Wow! Ferrari Keluaran Tahun 1963 Jadi Mobil Ter mahal di Dunia Sepanjang Sejarah

Untuk itulah kami harus melihatnya sendiri di trek. Apakah Honda Civic Type R LE 2021 ini bisa memenuhi ekspektasi kami atau tidak.

 

Honda Civic Hatchback

Performa Tak Disangka

Pada saat pengujian Thermal Club di Sirkuit South Palm, Memberi kami cukup waktu untuk mempelajari trek dan menjadi akrab dengan keluarga Civic Type R ini.

Kami pun memulainya dari model Honda Civic Type R Touring 2021. Cengkeraman dan akselerasinya kuat berkat pembaruan di model 2020.

Ini mencakup peningkatan pendinginan mesin dan Sistem Peredam Aktif yang disetel ulang dengan mengambil sampel input lebih sering.

Setelah beberapa lap di Honda Civic Type R Touring, tibalah waktunya untuk menyelinap di belakang kemudi Honda Civic Type R LE.

Pada kecepatan yang lebih rendah, perubahan yang terkait dengan tipe dasar R tidak terlihat jelas.

Tapi, setelah melewati garis start-finish beberapa kali, Phoenix Yellow LE ini mulai lebih masuk akal.

Ban yang lebih lengket dan peredam yang lebih kokoh menghasilkan kecepatan yang jauh lebih tinggi di tikungan.

Sementara pengurangan bobot tanpa beban 22 pon berarti akselerasi yang lebih cepat saat keluar dari tikungan. Luar biasa.

Kami bisa merasakan perbedaan itu di trek dan menyadari bahwa kami membawa lebih banyak kecepatan di akhir setiap lintasan lurus.

Ini menunjukkan bahwa Honda Civic Type R LE memang berbeda dan sangat layak ditempatkan di posisi tertinggi di antara kerabatnya.

Penulis kami bukanlah seorang pengemudi mobil balap profesional, jadi meskipun sendirian di trek balap tetap saja tidak optimal.

Baca Juga :  Review Spesifikasi, Interior dan Harga Mercedes Benz CLS Coupe Terbaru!

Namun demikian, jelas terlihat bahwa perubahan kecil yang dilakukan para insinyur Honda pada model Honda Civic Type R LE ini menghasilkan peningkatan yang khas.

Suatu prestasi yang semakin mengesankan mengingat tata letak kecepatan rendah yang relatif pendek di trek South Palm Selatan.

Kami tidak menghitung waktu setiap kendaraan, tetapi pengalaman kami di Thermal Club membuat kami sangat percaya dengan kemampuan Honda Civic Type R LE ini.

Pengandalian Honda Civic Type R Limited Edition 2021 ini juga terasa lebih mumpuni dan meyakinkan. Sebagian besar berasal dari power steering listrik yang disetel kembali.

Untuk mode mengemudi paling agresif bisa dipilih R+ tapi opsi Comfort dan Sport juga tersedia.

Pengujian kami kian menyenangkan saat memahami sepenuhnya bahwa mobil ini juga memakai ban yang tepat dengan daya cengkeraman yang sangat optimal.

Saat hendak berbelok, sedikit demi sedikit setor kami belokkan dan sebenarnya kami hampir saja understeer. Ini lebih disebabkan oleh setir yang berat.

Dalam tempo 15 menit yang berat, Honda Civic Type R LE 2021 ini tidak pernah kesulitan. Satu-satunya kekurangan bagi kami adalah posisi duduk dan setir.

Terasa kurang nyaman tapi inilah mobil dengan aroma balap yang kental dan balapan itu sangat tidak mudah.

Honda Civic Turbo

Mobil Spesial

Honda memang hanya memberikan kesempatan kami menjajal Honda Civic Type R LE 2021 di trek, tapi tidak dengan model Honda Civic Type R Touring 2020.

Kami berkesempatan membawa model Touring itu dari markas kami di Los Angeles hingga ke Thermal Club.

Baca Juga :  Volkswagen Luncurkan VW Van Transporter T6.1, Lebih Sporty

Mengendarai mobil yang berkategori ekonomis tapi memakai pelek 20 inci bukanlah resep yang baik untuk kenyamanan berkendara.

Namun, ternyata tidak demikian dengan mobil ini, apalagi saat berada di jalan tol. Ini berkat struktur mobil yang sangat baik.

Apalagi, bagian interiornya pun cukup menyenangkan. Jok dibentuk dengan berbagai penyangga sehingga siapa pun yang duduk di situ bisa nyaman.

Diatur ke moda Comfort, peredam adaptif melakukan pekerjaan yang baik untuk menyerap sebagian besar ketidaksempurnaan.

Sebuah kompromi yang dapat diterima untuk kinerja sebuah Honda Type R. Dua hal  kurang memuaskan adalah deru ban yang tiada henti dan suara mesin yang gemeretak.

Memang, untuk soal suara, Honda Type R terasa seperti kurang garing. Butuh sentuhan hentakan turbo ketimbang suara klik pelan dari sistem injeksi.

Secara keseluruhan, Honda Civic Type R adalah mobil harian yang fantastis. Enak dibawa berlari kencang tapi tetap bisa memberikan kenyamanan.

Sayangnya, kami tidak sepenuhnya yakin kami dapat mengatakan hal yang sama tentang Honda Civic Type R LE 2021.

Dengan body roll yang dikurangi, kami yakin mobil edisi terbatas ini akan berbeda dengan kerabatnya di model Touring saat melintasi jalanan yang agak kasar.

Kabarnya, Honda Civic Type R LE 2021 hanya dibuat 600 unit dengan harga yang relatif mahal, yaitu 43.995 dolar AS (sekitar Rp621,2 juta).

Itu harga di Amerika Serikat yang pastinya akan berbeda pula jika masuk ke Indonesia dan pengemudi biasa pun akan kurang berminat.

Sebaliknya, Honda Civic Type R Edisi Terbatas 2021 dijamin akan menjadi bintang bagi para kolektor.