Dibanderol Rp 1,8 Miliar, Honda Civic FD Type R Mugen RR ini Ternyata Langka

Berita Warganet – Dibanderol Rp 1,8 Miliar, Honda Civic FD Type R Mugen RR ini Ternyata Langka. Anda akan kesulitan menemukan Honda Civic FD2 Type R hari ini yang harganya melampaui 100.000 dolar AS (di atas Rp1,4 miliar), tetapi model khusus di Inggris ini dijual lebih mahal.

Itu karena mobil ini bukanlah sedan Honda Civic berlencana merah biasa. Ini adalah Honda Civic FD2 Type R Mugen RR.

Mobil ini adalah salah satu dari hanya 300 unit yang pernah dibuat khusus untuk pasar Jepang.

Dan sekarang, mobil ini dijual di situs Torque GT, yang juga membawahi Mugen, bengkel tuning Honda yang terkenal itu.

Baca Juga :  Diproduksi Hanya 30 Unit, Honda NSX Acura Type S Dibanderol Rp3,6 Miliar

Lantas apa istimewanya Honda langka ini? Terlepas dari warna cat Milano Red eksklusif,  Honda Civic FD2 Type R Mugen RR ini memiliki bobot yang lebih ringan.

Yaitu 2.767 pound (1.255 kilogram) dengan beberapa peningkatan pada serat karbon dan kap mesin aluminium.

Yang juga eksklusif pada Honda Civic FD2 Type R Mugen RR ini adalah, kursi bucket balap Recaro SP-X dan item interior lainnya.

Satu set pelek Mugen 7-spoke 18 inci khusus juga hadir sebagai standar dan tentu saja, lencana asli Mugen RR di dalam dan luar kendaraan.

Baca Juga :  New Honda Genio 2022 Rilis, Matic Baru Hanya 18 Jutaan

Pada bagian bawah kap mesin, Honda Civic FD Type R Mugen RR yang akan dijual ini didukung oleh mesin 2,0 liter. Tenaganya ditingkatkan menjadi 237 tenaga kuda (177 kilowatt).

Mobil ini memiliki torsi 161 pound-feet (218 Newton-meter) melalui bagian Mugen khusus seperti camshafts, knalpot sistem, dan ECU. Ini tentu saja dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan.

Meskipun ada kemungkinan Anda menemukan contoh mobil Mugen RR yang dijual di jalan raya, namun untuk model yang ini sepertinya tidak.

Sebab, sebagian besar “hidupnya” memang dalam penyimpanan setelah diekspor ke Inggris.

Faktanya, dari 32.899 mil (52.946 kilometer) yang sudah digunakan, hanya 273 mil (440 km) yang dikendarai di jalan raya Inggris.

Baca Juga :  Banyak Yang Tidak Tahu Kenapa Mitsubishi Lancer Evolution di Suntik Mati, Ternyata Ini Alasannya!

Selain mobil langka itu, pembeli juga akan mendapatkan dompet dan buku pegangan asli pemilik Mugen RR, serta catatan riwayat servis asli Jepang.

Mengenai harga mobil ini, pihak Torque GT memasang harga 89.990 poundsterling atau sekitar 127.000 dolar AS (Rp1,8 miliar) dengan nilai tukar saat ini.

Tidak terlalu mahal, apalagi mengingat kelangkaan dari model ini. Sekadar catatan, Honda Civic FD Type R Mugen RR yang tersedia ini merupakan serial ke-24 dari 300 unit di seluruh dunia.