Tak Disangka, Ikonik Honda CX500 Disulap Jadi CafeRacer Unik!

Berita Warganet – Tak Disangka, Ikonik Honda CX500 Disulap Jadi CafeRacer Unik!. Honda pernah punya satu motor legendaris di masa lalu yang tampak masih gagah di masa kini. Motor itu adalah Honda CX500 yang diproduksi pada 1970-an dan 1980-an.

Untuk sebuah motor klasik, banyak yang merestorasinya sehingga tampil seorisinal mungkin. Tapi, banyak pula yang menginginkan dimodifikasi total.

Seperti pada kasus yang diterima bengkel modifikasi asal Amerika Serikat, Purpose Built Moto (PBM).

Mereka menerima Honda CX500 yang sudah setengah jadi dan proyeknya tak berlanjut sehingga tampak agak kacau.

Baca Juga :  Ford Pastikan Ford Raptor Hybrid Tidak Akan Pernah Dibuat

PBM pun harus sangat berhati-hati mengambil proyek yang setengahnya sudah dikerjakan orang lain.

Ini lebih rumit daripada membangun motor dengan rancangan sendiri. Tantangan inilah yang harus dihadapi PBM saat mengerjakan Honda CX500 ini.

Satu hal yang pasti, konsep motor setengah jadi ini adalah caferacer. PBM pun setidaknya punya benang merahnya untuk mengerjakan proyek penyelamatan ini.

Pemilik Honda CX500 adalah pria bernama Joseph yang telah menghabiskan cukup banyak waktu dan biaya untuk membangun motornya.

Termasuk menanamkan shockbreaker depan Suzuki GSX-R, mengubah per belakang menjadi monoshock, mengurut kabel, dan beberapa bagian yang dibuat khusus.

Baca Juga :  Jeep Wagoneer 2022, SUV Mewah, Aman, Tapi Boros

Bantuan lain yang didapat PBM adalah daftar masalah yang disodorkan Joseph sehingga jelas arah perbaikannya.

Joseph sendiri adalah pengendara dan bukan mekanik sehingga dia hanya bisa menyebutkan bagian mana yang tak enak dirasa saat berkendara.

Contohnya, jok yang tidak nyaman sama sekali dan terserah PBM untuk mencari tahu mengapa hal-hal itu terjadi lalu memperbaikinya.

Menurut PBM, sebagian besar pekerjaan fabrikasi cukup bagus. Sayangnya, hampir semua hal lain yang telah dilakukan oleh builder sebelumnya perlu diperbaiki.

Baca Juga :  BLT Minyak Goreng Akan Segera Cair Oleh Jokowi, Ini Tips Beli Mobil Sebelum Lebaran 2022

 

Dalam pembuatanprojek caferacer ini ditemukan banyak kesalahan kabel, kegagalan menggunakan bantalan baru dalam konversi front-end.

Lalu, bagaimana mendapatkan rearset tepat pada Honda CX500 bisa sangat rumit, dan banyak lagi.

Estetika itu penting tapi salah memasang kunci kontak bukanlah sesuatu yang baik dalam proses modifikasi sebuah motor.

Pada akhirnya, Honda CX500 caferacer ini pun jadi. Kondisinya kian rupawan dengan ubahan yang terasa begitu pas.

Kami berharap Joseph mendapatkan banyak kesenangan dari motornya ini setelah PBM sukses menjalankan misi penyelamatan ini.