Hyundai Creta 2022, Review Spesifikasi dan Harga

Berita Warganet – Hyundai Creta 2022, Review Spesifikasi dan Harga. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tak ingin ketinggalan mengumumkan hasil surat pemesanan kendaraan (SPK) selama penyelenggaraan GIIAS 2021. Hasilnya Hyundai Creta 2022 sebagai model yang paling banyak dipesan pengunjung.

Presiden Direktur HMID Sung-Jong Ha mengapresiasi antusiasme pengunjung GIIAS 2021 di kehadiran pertama pabrikan di pameran otomotif tersebut. Menurutnya, HMID mampu melakukan lompatan besar menjadi brand terdepan di Indonesia.

Salah satunya melalui Hyundai Creta yang belum lama ini diluncurkan pabrikan di Indonesia. Model tersebut merupakan produk pertama Hyundai yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang.

 

Model anyar tersebut bermain di segmen SUV kompak 5-penumpang. Kompetitornya tak lain tak bukan adalah Honda HR-V, Suzuki SX4 S-Cross, Mazda CX-3, dan MG ZS. Wajahnya terbilang menarik karena mewarisi tampang Hyundai Tucson seperti mobil yang datang dari masa depan.

Hyundai Creta 2022 di Indonesia terbagi atas beberapa trim. Paling rendah adalah Active yang hanya tersedia transmisi manual. Di atasnya ada Trend dengan transmisi manual dan matic IVT, lalu makin tinggi lagi ada Style dan Prime yang cuma diproduksi dengan transmisi matic IVT.

Harga Hyundai Creta 2022

Creta Active M/T Rp 279 juta
Creta Trend M/T Rp 299 juta
Creta Trend IVT Rp 319 juta
Creta Style IVT Rp 359 juta
Creta Prime IVT Rp 397,5 juta
Prime Two Tone Roof IVT Rp 399 juta

  • Eksterior

    Eksterior Hyundai Creta

    Secara tampilan mengadopsi wajah Hyundai Tucson generasi terbaru. Terdapat lampu daytime running light (DRL) yang menyamar dan mirip dengan bentuk grille mobil. Adapun lampu utamanya sejajar bumper dan sudah berteknologi LED. Di bawahnya juga ada aksen underguard supaya menguatkan kesan SUV.

    Dari samping Hyundai Creta untuk Indonesia memiliki over fender tipis kemudian dipadukan warna pilar dan atap terpisah. Di bawahnya ada desain pelek futuristik dan sentuhan aksen silver pada side skirt.

    Kemudian untuk belakangnya unik. Kombinasi lampu remnya terbilang radikal tidak seperti mobil kebanyakan yang bentuknya horizontal atau vertikal. Tapi tetap, pancarannya sudah LED. Di bawahnya pula ada bumper yang disematkan lampu, kalau bukan lampu kabut, berfungsi sebagai sein juga lampu mundur.

  • Interior

    Interior Hyundai Creta 2022

    Itu dari luar, masuk ke interiornya, Hyundai Creta terbaru ini punya desain yang serupa model di luar negeri. Ada head unit 8 inci model floating, pengaturan AC digital, serta layar panel instrumen 10,25 inci yang sudah sepenuhnya digital seperti Hyundai Palisade.

    Fitur yang dibenamkan bukan kaleng-kaleng, urusan pengereman sudah pakai electric parking brake, wireless charging, panoramic sunroof, speaker besutan BOSE, penjernih udara atau air purifier, armrest baris depan dan belakang, setir tilt/teleskopik, glovebox dengan pendingin, sampai jok yang bisa diatur kesejukannya alias ventilated seat.

     

  • Fitur

    Fitur Hyundai Creta 2022

    Hyundai Creta 2021 yang belum lama ini melakoni debut di Indonesia, ternyata dilengkapi fitur canggih dan modern. Bahkan mengalahkan para kompetitornya seperti Honda HR-V, Suzuki SX4 S-Cross, MG ZS, dan beberapa model lain di kelasnya.

    Pada tipe tertingginya telah dilengkapi fitur keselamatan Hyundai SmartSense berbasis Advance Driving Assistance System (ADAS) yang terdiri dari:

     

    • Forward Collision Avoidance Assist
    • Blind Spot Collision Avoidance Assist
    • Lane Keeping & Lane Following Assist
    • Driver Attention Warning
    • Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist
    • Safe Exit Warning
    • High Beam Assist

    Tapi tak cuma itu, ada juga fitur lainnya pada Hyundai Creta 2021, yang memungkinkan para pemiliknya bisa terhubung langsung menggunakan ponsel pintar melalui koneksi yang dinamakan Hyundai Bluelink. Fungsinya supaya penggunanya dimudahkan untuk mengecek informasi penting pada mobil.

    Namun ada lagi fungsi lainnya. Head of Before Service Hyundai Motors Indonesia Putra Samiaji menerangkan, fitur Hyundai Bluelink bisa mendukung kerja penunjang keamanan dan keselamatan, terkait kondisi pengguna maupun mobil itu sendiri.

    “Secara singkat Hyundai Bluelink pada Hyundai Creta adalah fitur telematics, yang tidak hanya beroperasi pada sistem kendaraan tapi juga untuk kenyamanan konsumen. Bluelink dihubungkan pada saat mobil diterima pemiliknya,” katanya dalam sesi konferensi pers, Senin (15/11).

    Hyundai Bluelink untuk Keamanan

    Ada dua keunggulan dari Hyundai Bluelink yang sistem kerjanya terkoneksi pada pusat layanan Hyundai. Pertama sebagai penunjang keselamatan yang meliputi fungsi Auto Collision Notification (ACN), Save Our Soul (SOS), Road Side Assistance (RSA).

    Khusus ACN, bekerja ketika mobil Hyundai Creta mengalami kecelakaan. Saat itu pula, sistem ACN langsung aktif memberikan sinyal darurat ke call center untuk langsung menghubungi pemilik mobil menanyakan kondisi terkini. Call center juga menghubungi otoritas setempat untuk dapat memberikan pertolongan.

    “Trigger-nya adalah airbag yang mengembang dan langsung ada notifikasi terlibat kecelakaan. Saat mobil sudah terhubung namun pemilik mobil tak bisa dihubungi, call center langsung menghubungi kepolisian dan layanan ambulans ke lokasi karena dapat dilacak keberadaannya,” lanjutnya.

    Fungsi lainnya ada SOS. Fitur ini berguna ketika dalam perjalanan mendapati kondisi yang tidak mengenakan dan keselamatan terancam, misalnya dikerubungi kawanan perampok. Saat mendapati itu pemilik mobil Hyundai Creta bisa menekan tombol SOS di mobil untuk terhubung langsung ke call center.

    Kemudian bisa juga mengaktifkan tombol Bluelink yang sama-sama dapat menghubungkan mobil ke call center, untuk meminta bantuan layanan darurat 24 jam. Setelah itu call center berkoordinasi untuk memberikan pertolongan sesuai kebutuhan, bisa berupa towing atau personel mekanik yang datang ke sana.

    Menariknya kerja sistem penunjang keselamatan ini sudah aktif secara otomatis. Komunikasinya juga bisa dua arah. Dalam artian sistem di mobil yang akan menghubungi call center atau sebaliknya. Tanpa harus penggunanya mengoneksikan dulu ponselnya ke Hyundai Creta.

    Hyundai Bluelink untuk Keamanan

    Kedua adalah kaitannya dengan keamanan, fungsinya meliputi Stolen Vehicle Immobilize (STI) dan Stolen Vehicle Tracker (SVT). Keduanya berguna ketika mobil dicuri. Penggunanya bisa menghubungi call center untuk meminta deaktivasi mobil, berupa tak bisa starter ketika hendak dihidupkan.

    Kemudian bisa juga untuk melacak keberadaan kendaraan. Sistemnya sama, pengguna Hyundai Creta tinggal meminta ke pusat layanan untuk mengetahui keberadaan terkini posisi mobil. Hanya saja, harus ada verifikasi data diri dan kendaraan serta laporan kehilangan supaya dapat diterapkan.

    “Call center bisa menonaktifkan kendaraan setelah mendapat laporan dari mobil yang telah dicuri. Metodenya tidak sembarang orang dapat melaporkan. Yang menelepon adalah pemilik kendaraan, berdasarkan permintaan bisa menonaktifkan kendaraan. Jadi ketika berhenti mobil tidka bisa dihidupkan kembali.”

    Selain semua fungsi tadi, Hyundai Bluelink pada Hyundai Creta yang terkoneksi dengan ponsel pintar bisa sebagai:

     

    • Remote Engine Start/Stop
    • Climate Control
    • Remote Door Lock/Unlock
    • Remote Horn & Light Control
    • Find My Car
    • Manual/Automatic Diagnostic Report
    • Driving Information and Vehicle Health Report
    • Vehicle Status Check/Notification
    • Geo-Fence Notification
    • Speed Notification
    • Time-Fence Notification
    • Valet Mode
    • Idling Time Notification.

     

  • Mesin dan Performa

    Spesifikasi Hyundai Creta 2022

    Oh iya fitur untuk pengemudinya dilengkapi lagi dengan mode berkendara kontrol traksi untuk jalanan berpasir atau lumpur. Pengaturannya model kenop putar pada cluster konsol tengah yang lagi-lagi serupa Hyundai Palisade.

    Adapun jantung mekanis Hyundai Creta menggunakan mesin bensin 1.500 cc Smartstream yang bertenaga 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.800 rpm. Daya maksimumnya itu ditransfer melalui transmisi manual 6-percepatan atau IVT Intelligent Variable Transmission.

    Sementara itu terkait variannya terdiri atas pilihan tipe Active, Style, dan Prime. Setiap pembeliannya berhak atas garansi 3+1 tahun atau 100 ribu km, juga gratis perawatan hingga 5 tahun atau 75 ribu km.

  • Kesimpulan

    Kesimpulan

    Sebagai SUV kompak yang bemain di B-segmen, mobil ini terbilang unik. Selain tampilannya yang futuristik serta mendapatkan fitur modern, Creta mendapat layanan berupa My Own Creta dimana mempersilahkan konsumen untuk mengkustom kendaraan menyesuaikan keinginan.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Jadi Rembang ke-281 Tahun 2022, Klik Disini