Ini Dia Perbedaan Antara Hosting dan Domain

Web hosting ini masih berhubungan dengan pemrograman website seperti HTML, CSS, PHP, Javascript, dan lain-lain. Anda sangat membutuhkan web hosting dan domain, tanpa web hosting, website yang anda buat tidak akan berarti apa-apa.

Situs web anda tidak akan dilihat oleh jutaan orang di dunia ini. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mempelajari hosting agar anda dapat mengetahui secara teknis bagaimana membuat website anda online dan dapat diakses oleh berbagai orang di seluruh dunia. Hal itulah yang menyebabkan perusahaan IT di Indonesia membayar gaji karyawan (IT).

Mereka relatif lebih rendah dibandingkan negara lain, tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa karyawan IT di Indonesia dibayar rendah. Ada satu lagi alasan klasik yaitu lemahnya potensi sumber daya manusia Indonesia di bidang IT. Berikut perbedaan hosting dan domain yang perlu anda ketahui.

Definisi Hosting

Hosting (Web Hosting) adalah layanan internet yang menyediakan sumber daya server yang memungkinkan orang lain untuk menyimpan informasi di internet (DNS, HTTP, FTP, Email).

Jadi intinya hosting adalah tempat yang berfungsi untuk menyimpan informasi yang kita masukkan di internet. Contoh lainnya adalah ketika anda mengunggah gambar atau status atau apapun di media sosial, nanti apa yang anda unggah akan disimpan di hosting.

Definisi Domain

Saat anda membuka browser untuk berselancar di internet, anda pasti akan mengetikkan sejumlah alamat web atau situs yang akan anda kunjungi di kota alamat di bagian atas browser. Alamat yang anda ketikkan inilah yang disebut dengan nama domain.

Nama domain digunakan untuk masuk ke halaman tertentu di internet, tanpa nama domain, dalam membuka situs harus menyebutkan dan menuliskan alamat IP berupa angka yang sangat sulit dihafal.

Baca Juga :  Inilah Cara Mudah Membuat URL Blogspot

Dengan nama domain ini, proses untuk menuju ke halaman tertentu menjadi lebih singkat. Sedangkan yang disebut domain adalah bagian terakhir dari nama domain yaitu .com, .co.id, .org dan lainnya. Sekian ulasan tentang perbedaan hosting dan domain, semoga bermanfaat.