Jawaban Mencari Kata Sifat Dalam Teks Biografi Mohammad Hatta

Jawaban Mencari Kata Sifat Dalam Teks Biografi Mohammad Hatta

Jawaban Mencari Kata Sifat Dalam Teks Biografi Mohammad Hatta – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban mencari kata sifat dalam teks biografi Mohammad Hatta yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, bacalah kembali teks biografi Mohammad Hatta, lalu sobat temukan kata sifat yang terdapat dalam teks tersebut.

Mari kita simak pembahasan selengkapnya ulasan berikut ini.

Jawaban Mencari Kata Sifat Dalam Teks Biografi Mohammad Hatta Halaman 143

D. Memahami Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Memahami aspek kebahasaan dalam teks biografi Setiap teks memiliki ciri kebahasaannya masing-masing. Sebagai teks yang menceritakan kisah hidup seseorang, teks biografi memiliki unsur-unsur kebahasaan yang sering terdapat di dalamnya. Beberapa unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks biografi adalah sebagai berikut.

1. Kata ganti (pronomina)

Kata ganti dipakai untuk mengacu pada kata benda (nomina) lain. Kata ini sering digunakan untuk menggantikan nomina yang sudah diketahui agar tidak disebutkan berulang-ulang. Kata ganti biasanya terletak pada subjek atau objek. Terdapat berbagai jenis kata ganti, tetapi dalam teks biografi yang sering digunakan adalah kata ganti orang (pronomina persona).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan dan Kesatuan

Berikut ini penggunaan kata ganti orang dalam teks biografi. Kata ganti orang ketiga tunggal ia dan beliau digunakan untuk menggantikan sosok R.A. Kartini.

Lahir dari keluarga berpengaruh membuat R.A. Kartini memperoleh pendidikan yang baik. Ia disekolahkan di ELS (Europese Lagere School). Di sinilah beliau mempelajari bahasa Belanda dan menuntut ilmu sampai usianya 12 tahun.

2. Kata kerja material

Kata yang menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan subjek atau menunjukkan adanya tindakan fisik atau mental. Sebagai contoh, kata membentuk dan bekerja terdapat dalam kalimat berikut merupakan kata kerja material.

Ki Hadjar Dewantara membentuk Komite Bumipoetra.

Ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar.

3. Kata sifat (adjektiva)

Kata sifat umumnya berupa kata yang menjelaskan atau membuat kata benda atau kata ganti orang lebih spesifik. Kata sifat dapat menerangkan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas, maupun penekanan suatu kata. Contoh penggunaan kata sifat tampak pada kata yang ditulis miring dalam kalimat berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Ki Hadjar Dewantara dikenal sebagai penulis andal.

Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam, dan patriotik.

4. Kata kerja pasif

Kata kerja pasif berupa kata kerja yang subjeknya dikenai suatu pekerjaan. Umumnya kata kerja yang memiliki imbuhan -di atau -ter. Contoh penggunaan kata kerja pasif tampak pada kata dibesarkan dan dipercaya pada contoh kalimat berikut.

Ia dibesarkan di lingkungan keluarga keraton Yogyakarta.

Ki Hadjar Dewantara dipercaya Presiden Soekarno untuk menjadi menteri

5. Kata kerja aktivitas mental

Kata kerja aktivitas mental ini merupakan jenis kata kerja yang mengutarakan suatu respons atau reaksi individu terhadap sebuah sikap, kondisi, atau pengalaman tertentu. Contoh penggunaan kata kerja pasif tampak pada kata mencurahkan dan menghendaki pada contoh kalimat berikut.

Ki Hadjar Dewantara semakin mencurahkan perhatiannya pada bidang pendidikan.

Mereka menghendaki dibuang ke Negeri Belanda

6. Kata-kata penanda urutan waktu

Kata-kata penanda urutan waktu ini terdiri atas kata hubung (konjungsi), kata depan (preposisi), dan kata benda (nomina) yang berkenaan dengan urutan waktu (kronologis). Contoh penggunaannya tampak pada beberapa kalimat berikut.

Pada masanya, Ki Hadjar Dewantara dikenal sebagai penulis andal. Akhirnya, mereka diizinkan ke Negeri Belanda sejak Agustus 1913. Kegiatan menulisnya ini terus berlangsung hingga zaman Pendudukan Jepang.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 4.5 Matematika Halaman 176 Kelas 8

Setelah kemerdekaan Indonesia berhasil direbut dari tangan penjajah.

Latihan

Untuk latihan, silakan bentuklah kelompok yang terdiri atas 4—5 siswa. Selanjutnya, bacalah kembali teks biografi Mohammad Hatta di atas. Kemudian, identifikasi dan tuliskan unsur-unsur kebahasaannya. Unsur kebahasaan tersebut mencakup kata ganti orang (pronomina), kata kerja material, kata sifat (adjektiva), kata kerja pasif, kata kerja aktivitas mental, dan kata penanda urutan waktu. Kerjakan dan diskusikan latihan tersebut melalui kerja kelompok.

Unsur kebahasaan teks biografi tersebut dapat kalian tuliskan dalam isian tabel di bawah ini!

  1. Kata Ganti/Pronomina
  2. Kata Kerja Material
  3. Kata Sifat

Tabel 5.10 Isian kata sifat dalam teks biografi Mohammad Hatta

Jawaban    :

NoKata SifatKalimat dalam Teks
1BiasaOrang-orang di Bukittinggi biasa memanggil Mohammad Hatta dengan nama Athar.
2AktifHatta bergabung dan aktif dalam organisasi Indische Vereniging (Perkumpulan Hindia), yang sebenarnya adalah organisasi social, tetapi kemudian berubah menjadi organisasi politic.
3CocokPoetera juga berusaha mengubah system pendidikan warisan Belanda menjadi system yang lebih cocok untuk Indonesia. Poetera sedikit banyak berhasil menggalang persatuan sebagai bangsa, juga meningkatkan kemampuan rakyat.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban mencari sifat dalam teks biografi Mohammad Hatta yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

You May Also Like