iklan internet

Kunci Jawaban Macam-Macam Iklan Elektronik

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Macam-Macam Iklan Elektronik. Sobat BW iklan merupakan suatu bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari kita. Setiap hari kita akan menemui iklan di jalan, papan pengumuman, dalam bentuk media cetak maupun elektronik. Iklan yang kita temui dapat berupa iklan tentang produk primer seperti produk perawatan tubuh dan makanan, ada juga iklan tentang alat komunikasi sampai pembelian tiket secara onlline. Sekarang informasi mengenai suatu produk, jasa, layanan masyarakat, dan lainnya dapat kita temui dalam sebuah iklan.

 

Sore hari, Edo sedang duduk santai bersama ayah dan ibunya. Mereka duduk sambil menonton siaran televisi swasta yang sedang menyampaikan berita. Pada saat-saat tertentu acara di televisi ada jeda iklan. Setelah iklan selesai, acara di televisi kembali dilanjutkan.

 

Ayo Mengamati
Ketika Edo sedang asyik menonton berita bersama ayah dan ibunya, tiba-tiba diselingi iklan. Salah satu iklan yang muncul, terlihat dalam cuplikan gambar berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Adaptasi dengan Alam Sekitar

iklan internet

 

Amatilah iklan yang dilihat Edo.

Setelah mencermati iklan tersebut, lakukan kegiatan berikut.

1. Informasi apa saja yang kamu peroleh?

Informasi yang saya peroleh dari iklan diatas adalah badan akan wangi dan segar apabila kita memakai sabun tersebut untuk mandi

 

2. Simpulkan informasi yang kamu peroleh dengan kalimat sendiri.

Apabila ingin badan menjadi wangi dan segar maka harus mandi mnggunakan sabun “Keren”

 

Ayo Membaca

Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa:

Macam-Macam Iklan Elektronik

1. Iklan Radio

Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam.

 

2. Iklan Televisi

Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Cara Membuat Kolase dari Sampah Plastik"

 

3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)

Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi.

 

Ayo Berlatih

Amatilah iklan elektronik, baik iklan di radio, televisi, maupun internet. Tuliskan informasi yang disampaikan dari iklan yang kalian amati. Berikan juga tanggapan terhadap iklan yang kamu amati. Apakah iklan menarik dan jelas dalam penyampaiannya?

 

Media elektronik: Televisi

Produk yang Diiklankan: Kecap

Tanggapan: Iklan sangat menarik karena dalam iklan di tampilkan berbagai masakan nusantara yang dimasak menggunakan kecap yang menggugah selera

 

Media elektronik: Internet

Produk yang Diiklankan: Produk Kecantikan (lotion)

Tanggapan: Iklan menarik karena ditampilkan gambar, suara, informasi mengenai produk kecantikan dan juga manfaatnya bagi konsumen

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Hubungan Antara Gaya dan Gerak"

Media elektronik: Radio

Produk yang Diiklankan: Pengobatan menggunakan obat herbal

Tanggapan: iklan cukup menarik karena memperdengarkan manfaat produk dan juga testimoni dari masyarakat yang sudah pernah mengkonsumsi obat tersebut

 

Pernahkah kamu mengamati iklan elektronik yang berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan? Coba, carilah iklan dari media elektronik berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Ceritakan iklan yang kamu amati dengan menuliskan pada kolom berikut.

 

 

Iklan diatas merupakan sebuah iklan layanan masyarakat di Internet. Iklan tersebut berisi anjuran untuk tetap menjaga jarak karena pandemi, tetapi persatuan antar masyarakat tetap harus selalu dieratkan agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

 

Nah Sobat BW, iklan dapat kita temui diberbagai media elektronik seperti radio, televisi, dan juga internet. Kalian bisa mendapatkan informasi dari beragai macam produk, jasa, bahkan iklan layanan melalui iklan.

Semoga bermanfaat ya.