Jawaban Menulis Resensi dari Buku Kumpulan Cerita

Jawaban Menulis Resensi dari Buku Kumpulan Cerita

Jawaban Menulis Resensi dari Buku Kumpulan Cerita – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban menulis resensi dari buku kumpulan cerita halaman 233 yang terdapat pada buku bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sobat, baca dan pahami terlebih dahulu materi di bawah, mengenai menulis resensi dari buku kumpulan cerita sehingga sobat mampu membuat resensi berdasarkan sistematika dan unsur-unsur resensi. Untuk itu, mari kita simak bersama pembahasan berikut ini. Harapannya melalui pembahasan ini dapat membantu sobat dalam belajar.

Jawaban Menulis Resensi dari Buku Kumpulan Cerita Halaman 233

Kegiatan 2

Menulis Resensi dari Buku Kumpulan Cerita

Menulis resensi tidaklah mudah. Untuk melakukan kegiatan ini diperlukan beberapa persyaratan. Berikut persyaratan tersebut.

1. Penulis harus memiliki pengetahuan di bidangnya. Artinya, jika seorang penulis akan meresensi sebuah novel, maka ia harus memiliki pengetahuan tentang teori novel dan perkembangannya.

2. Penulis harus memiliki kemampuan menganalisis. Sebuah buku novelvterdiri atas unsur internal dan eksternal atau yang lebih dikenal denganvunsur intrinsik dan ekstrinsik. Seorang penulis harus mampu menggalivunsur-unsur tersebut.

3. Seorang penulis juga dituntut memiliki pengetahuan dalam acuan yang sebanding. Artinya, penulis akan membandingkan sebuah karya lain yang sejenis. Dengan demikian, ia akan mampu menemukan kelemahan dan keunggulan sebuah karya.

Tugas

Bacalah dengan saksama cuplikan novel di bawah ini!

Judul : Perahu Kertas

Penulis : Dee (Dewi Lestari)

Penerbit : Bentang Pustaka

Tahun Terbit : Februari, 2010

Jumlah Halaman : 444 halaman

Kugy dan Keenan. Dua manusia yang dapat diibaratkan seperti bumi dan langit. Kugy memiliki penampilan berantakan namun ia memiliki imajinasi yang tinggi, sedangkan Keenan merupakan sosok yang cerdas dan pelukis hebat nan artistik. Saat keduanya bertemu, keduanya menjadi semakin dekat. Namun, apa daya? Kugy telah memiliki seorang cowok yang tidak mudah ia tinggalkan. Dalam hati Keenan, terbersit rasa cinta itu tetapi ia juga berusaha untuk menampiknya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 10 halaman 195 Lembaga Pembiayaan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Wanda dan Keenan seperti sosok yang senasib. Keduanya berbakat menjadi pelukis namun kedua orang tua mereka jugalah yang tidak setuju karena orang tua mereka berpendapat bahwa lukisan tidak bisa menghasilkan uang untuk hidup. Karena merasa senasib, hubungan keduanya semakin dekat. Namun, saat Kugy melihat hal itu, ia seperti cemburu namun ia juga berusaha untuk menampiknya. Toh, dia juga sudah punya cowok. Entah apa yang ada dibenak Wanda hingga ia mau melakukan apa saja demi menunjukkan rasa cintanya pada Keenan. Ia memang berhasil! Ia memang berhasil membuat Keenan menjadi kekasihnya sekarang.

Saat mendengar bahwa Wanda dan Keenan sudah menjadi sepasang kekasih, Kugy seakan ditombak peluru tepat pada dadanya. Kugy tidak tahu apa yang ia rasakan. Kugy bingung dengan perasaannya sendiri. Di satu sisi, ia memiliki Ojos kekasihnya, namun di satu sisi ia merasa ada perasaan spesial terhadap Keenan.

Ojos mulai merasakan perubahan sikap pada Kugy. Ia merasa Kugy sudah tidak peduli lagi padanya. Hingga akhirnya, hubungan mereka kandas. Sementara itu, hubungan Wanda dan Keenan juga jauh dari kata harmonis. Wanda berpikir, Keenan tidak sepenuhnya mencintainya hingga mereka berdua menghadapi konlik besar dan akhirnya mereka kandas juga.

Saat dua pasang kekasih itu tidak lagi menjalin cinta. Kugy memutuskan untuk mengambil mata kuliah sebanyak-banyaknya guna menyibukkan diri. Alhasil, ia bisa lulus lebih cepat tapi tetap dengan nilai yang memuaskan A+. Sementara itu, Keenan malah memutuskan untuk hidup sendiri jauh dari keluarganya yakni di Ubud, Bali. Ia mengambil keputusan besar untuk hidup sendiri dan dengan uang hasil keringatnya sendiri melalui melukis.

Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Unsur Kritik dan Esai

Awal pahit sempat ia kecap namun tak lama karena kurang lebih satu tahun kemudian, ia bisa dibilang telah sukses menjalankan usaha melukisnya. Setelah lulus, Kugy langsung mendapatkan pekerjaan dan parahnya lagi ia juga mendapatkan pacar baru, yakni atasannya dia sendiri “Pak Remi” namanya. Keenan juga tidak mau kalah! Ia menemukan pengganti Wanda, “Luhde”. Saat usaha lukis Keenan semakin sukses serta hubungan cintanya dengan Luhde sedang manis-manisnya, Keenan terpaksa harus kembali ke Jakarta karena mendapat kabar bahwa ayahnya terkena penyakit stroke. Sementara itu, Kugy yang telah mendapatkan pekerjaan yang nyaman memilih untuk mengundurkan diri karena ia merasa pekerjaan yang dilakukannya bukan jiwanya. Walaupun Keenan melakukan hubungan jarak jauh dengan Luhde dan Kugy tidak bisa selalu bertemu tiap hari dengan Remi, hubungan cinta mereka baik-baik saja. Mereka merasa telah menemukan cinta masing-masing. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama. Luhde merasa hati Keenan tidak sepenuhnya untuk dirinya dan Remi-pun juga merasa seperti itu. Pada akhirnya, lukisan dan dongeng itu bersatu serta hati dan impian mereka bertemu.

Setelah selesai membaca, lakukanlah resensi berdasarkan sistematika dan unsur-unsur resensi!

Jawaban    :

  1. Resensi Novel Perahu Kertas
  2. Identitas Resensi

Judul : Perahu Kertas

Penulis : Dee (Dewi Lestari)

Penerbit : Bentang Pustaka

Tahun Terbit : Februari, 2010

Jumlah Halaman : 444 halaman

3. Pendahuluan

     Novel Perahu Kertas merupakan karya dari Dee (Dewi Lestari). Novel ini juga           diangkat menjadi menjadi sebuah film dengan judul yang sama yaitu Perahu kertas. Perahu Kertas menceritakan kisah cinta antara dua manusia yaitu Kugy dan Keenan.

4. Isi Resensi

     Cerita ini berawal dari pertemuan Kugy dan Keenan, keduanya menjadi semakin dekat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Unsu dan Ciri Bahasa Iklan Elektronik

Akan tetapi keduanya memiliki karakter yang berbeda, Kugy memiliki penampilan berantakan namun ia memiliki imajinasi yang tinggi, sedangkan Keenan merupakan sosok yang cerdas dan pelukis hebat nan artistik.

     Karena situasi yang pelik, keduanya tidak sempat saling mengungkapkan perasaan satu sama lain. Keduanya sama-sama memiliki hubungan dengan orang lain. Alur cerita semakin kompleks karena dipisahkan oleh jarak. Kisah percintaan dalam novel ini memiliki akhir yang mengejutkan Kugy dan Keenan berpasrah diri terhadap kisah cinta mereka. Mereka merasa telah menemukan cinta masing-masing. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama. Pada akhirnya, lukisan dan dongeng itu bersatu serta hati dan impian mereka bertemu.

5. Keunggulan Buku

     Novel Perahu Kertas sangat menarik untuk dibaca karena memiliki alur cerita yang penuh dengan kejutan. Selain itu novel ini mengandung pesan tentang persahabata, cinta, dan impian.

6. Kekurangan Buku

     Penggambaran cerita menggunakan latar yang berubah-ubah, sehingga membuat pembaca bingung sehingga untuk membacanya membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

7. Penutupan

Novel ini mengajarkan bahwa kita harus yakin dengan apa yang kita impikan, harus tetap  optimis untuk mewujudkan mimpi walau sulit dan penuh rintangan. Selain itu, juga menceritakan tentang arti persahabatan yang sesungguhnya.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban menulis resensi dari buku kumpulan cerita halaman 233  yang terdapat pada buku bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :