Jawaban Menyusun Opini dalam Bentuk Paragraf

Jawaban Menyusun Artikel Opini Sesuai dengan Fakta

Jawaban Menyusun Artikel Opini Sesuai dengan Fakta – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi tentang jawaban menyusun artikel opini sesuai dengan fakta. Materi ini terdapat pada buku kelas XII yaitu buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sebaiknya sobat membaca contoh di bawah mengenai menyusun artikel opini sesuai dengan fakta. Setelah itu, sobat dapat menyusunnya sesuia dengan pemahaman sendiri dan dapat membandingkan dengan jawaban yang akan dibahas.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk memfasilitasi sobat dalam belajar. Untuk pembahasan selengkapnya, simak ulasan berikut ini !

Jawaban Menyusun Artikel Opini Sesuai dengan Fakta Halaman 180

Kegiatan 1

Menyusun Artikel Opini Sesuai dengan Fakta

Pada umumnya, ada banyak jenis artikel yang dapat kita temukan, misalnya liputan berita, fitur, sosok, dan artikel panduan, dan sebagainya. Meskipun setiap jenis artikel memiliki ciri khusus, kita masih dapat melihat kesamaannya, yakni mulai dari merangkai bentuk, melakukan penelitian, sampai dengan menulis dan menyunting hasil tulisan. Adapun manfaat dari menulis artikel adalah kita bisa berbagi informasi yang penting dan menarik

kepada para pembaca. Sementara itu, di pembahasan sebelumnya kamu telah mengetahui perbedaan antara fakta dan opini dalam sebuah artikel.

Baca Juga : Jawaban Menemukan Unsur Kebahasaan Artikel Opini dan Buku Ilmiah

Teks utuh Fakta
Kertas adalah suatu media alat tulis yang

sangat diperlukan oleh umat manusia untuk menulis. Menurut sejarah, kertas ternyata sudah ditemukan di masa lampau oleh orang cina.

Dia bernama Cai Lun (Ts’ai Lun). Cai Lun adalah orang yang berkebangsaan Tionghoa yang lahir pada zaman Dinasti Han yang sudah ada pada abad ke 1 Masehi. Cai Lun lahir di daerah Guiyang namun sekarang nama wilayahnya adalah Provinsi Hunan, nama lengkapnya adalah Cai jungzhon. Ia diperkirakan lahir pada tahun 50 Masehi.

Cai Lun mendapatkan sebuah ide mengenai kertas ini ketika dia sudah ”muak” dengan metode menulis yang kuno, yaitu menulis di bambu atau bisa juga di sebuah potongan sutra yang bisa juga bisa disebut dengan Chih. Nah, pada zaman itu, sutra adalah barang yang mahal, dan juga bambu adalah benda yang lumayan berat, sehingga inilah yang menjadi cikal bakal adanya kertas.

Cai Lun kemudian mendapat ide membuat kertas ini dari kulit pohon, sisa sisa rami, kain kain, dan juga jaring ikan. Nah, dulu Cai Lun membuat kertas yang terbuat dari kulit kayu murbei. Bagian dalam dari kulit kayu murbei ini di dalamnya direndam di

dalam air dan dipukul-pukul sampai seratnya terlepas. Bersama dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur. Hingga kemudian jadilah kertas, meskipun tentunya tidak sebagus dengan kertas sekarang ini. Namun penemuan ini sangat penting dalam kehidupan umat manusia.

Di tahun 105 M (Seratus Lima Masehi), Cai Lun memperkenalkan dan mempersembahkan kertas temuannya kepada Kaisar Dinasti Han. Catatan tentang penemuan kertas ini terdapat dalam penulisan sejarah resmi Dinasti Han. Konon kaisar amat girang atas penemuan Cai Lun, dan Cai Lun pun naik

pangkat, mendapat gelar kebangsawanan dan menjadi cukong (Pengusaha yang memiliki kekayaan besar dan terkenal di mana mana). Cai Lun sendiri wafat pada tahun 121 Masehi. Hingga sekarang, dunia mengenal Cai Lun sebagai penemu Kertas yang merupakan salah satu penemuan terpenting sepanjang peradaban manusia dimana sebelumnya orang-orang lebih banyak menggunakan media kulit binatang atau pelepah pohon seperti yang digunakan bangsa Arab dan Mesir kuno sebagai media tulis menulis.

a. Kertas adalah suatu media tulis yang sangat diperlukan oleh umat manusia untuk menulis.

b. Cai Lun lahir di daerah Guiyang (sekarang masuk wilayah Provinsi Hunan).

c. Cai Lun mendapatkan sebuah ide mengenai kertas ketika dia sudah ”muak”

dengan metode menulis yang kuno, yaitu menulis di bambu atau bisa disebuah potongan sutra. Pada zaman itu, sutra adalah barang yang mahal dan bambu adalah benda yang lumayan berat.

d. Sepanjang peradaban manusia, sebelumnya orang-orang lebih banyak menggunakan media kulit binatang atau pelepah pohon seperti yang digunakan bangsa Arab dan Mesir kuno sebagai media tulis menulis.

Baca Juga : Jawaban Menyusun Fakta dalam Bentuk Artikel

Tugas 1

Setelah memahami contoh di atas, kerjakanlah tugas berikut (kamu bisa mengerjakannya pada buku kerjamu). Cermatilah fakta di bawah ini.

Kemudian, buatlah menjadi artikel utuh! Cermatilah fakta-fakta di bawah ini. Kemudian, buatlah menjadi artikel utuh!

Jawaban    :

Fakta Artikel utuh
1. Gempa bumi merupakan peristiwa bergesernya lempengan bumi di daratan maupun dasar laut yang merambat ke permukaan bumi.

2.Gempa bumi yang berpusat di dasar laut

dapat menyebabkan tsunami.

3.Hentakan gempa yang besar dapat mengakibatkan tanah longsor, bangunan roboh atau retak.

4. Merusak bangunan waduk atau tanggul sehingga air meluap dan banjir besar.

5.Tanah, jalan raya atau jembatan merekah atau ambruk.

6.Memakan korban jiwa karena tertimpa

reruntuhan atau tersapu oleh gelombang

tsunami.

Gempa bumi merupakan peristiwa bergesernya lempengan bumi yang merambat ke permukaan bumi.

Peristiwa gempa bumi dapat menimbulkan dampak seperti tanah longsor, jebolnya waduk atau tanggul, serta ambruknya jalan raya ataupun jembatan.

Dampak yang paling serius ketika gempa bumi adalah tsunami, jika gempa  berpusat di dasar.

Seperti di Indonesia tsunami pernah  terjadi di Aceh pada tahun 2004, peristiwa itu menimbulkan luka yang mendalam. Banyaknya korban jiwa dan kerusakan infrastruktur hampir di seluruh wilayah Aceh.

Oleh karena itu, mengingat kondisi Indonesia yang berpotensi terjadi gempa, harus dilakukan upaya untuk mengurangi dampak akibat gempa adalah membuat bangunan yang kuat dan tahan terhadap gempa.

Selain itu, BMKG juga harus dapat menyampaikan peringatan secara dini apabila disinyalir akan terjadi gempa, sehingga masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga : Jawaban Menyusun Opini dalam Bentuk Paragraf

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang jawaban menyusun artikel opini sesuai dengan fakta. Materi ini terdapat pada buku kelas XII yaitu buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018. Semoga artikel ini dapat bermanfaat !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.

Baca Juga :  Jawaban Menyusun Opini dalam Bentuk Paragraf