Jenis Jenis Mobil Yang Ada di Di Indonesia, Mana Yang Paling Banyak Digemari?

Berita Warganet – Jenis Jenis Mobil Yang Ada di Di Indonesia, Mana Yang Paling Banyak Digemari?. Di Indonesia dengan populasi penduduk yang sangat tinggi menjadikannya salah satu pasar otomotif potensial.

Berbagai pabrikan bersaing merebut hati konsumen di Indonesia. Mereka menawarkan bermacam jenis mobil, baik yang fungsional atau untuk memenuhi hasrat hobi.

Tak semua pabrikan mobil bisa bertahan tapi banyak pula yang sukses. Pastinya, tak berlebihan jika mengatakan semua jenis mobil yang ada di dunia ada di Indonesia.

Berbagai jenis mobil yang ada itu pun menciptakan segmen pasarnya masing-masing. Satu pabrikan pun merilis beberapa jenis mobil mereka untuk bersaing satu sama lain.

Menarik bagi kami untuk menampilkan jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia.

Jika demikian, jenis mobil mana yang paling kita suka. Apakah sesuai fungsinya, sesuai hobi kita, atau bisa keduanya. Berikut jenis-jenis mobil tersebut menurut versi berita warganet:

 

Sports Car

Punya dana berlimpah untuk membeli mobil mewah serta ingin tampil beda, sports car sangat cocok untuk dijadikan pilihan.

Mobil ini memiliki spesifikasi, desain, dan fitur yang serbamewah dan tidak terdapat pada versi mobil lainnya, apalagi kategori mobil biasa.

Bentuk dari mobil ini biasanya menyerupai sedan, akan tetapi desainnya jauh lebih sporty. Pengendaliannya pun sempurna.

Sudah pasti tenaga yang besar menjadi syarat utama mobil ini. Meski mahal, sports car sangat populer dan disukai semua kalangan.

Baik yang banyak uang atau sekadar masuk ke dalam daftar impian. Siapa tahu kelak kita bisa memilikinya. Aamiin.

 

SUV

Singkatan dari Sport Utility Vehicle. Inilah jenis mobil paling populer di dunia dan sudah berlangsung sangat lama.

Baca Juga :  Menjelang Mudik Lebaran Tarif Tol Naik? Lah Kok Bisa? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Desain pada mobil ini memadukan mobil jeep dan mobil sedan. Anda bisa menggunakan mobil ini di medan apa saja sebab SUV memang dirancang agar bisa digunakan di segala kondisi.

Pada umumnya, SUV lebih mengutamakan torsi yang besar, selain fleksibilitasnya yang bisa digunakan di segala medan jalan.

Pada pasar Indonesia, SUV pun sangat digemari. Tampaknya, tak ada yang tak suka SUV. APM di Indonesia pun berlomba menjual SUV sebanyak-banyaknya.

 

Convertible

Mobil ini hadir dengan bodi kecil dan atap yang terbuka. Ada juga tipe mobil convertible yang atapnya dapat dibuat tertutup maupun terbuka.

Tipe tersebut lebih dikenal sebagai mobil Convertible Soft Top dan Convertible Hard Top, tergantung dari materi atapnya.

Istilah convertible sendiri sebetulnya sering digunakan di Amerika Serikat dan cabriolet serta oleh manufaktur Eropa.

Inti dari istilah tersebut sama saja, yaitu mobil dengan atab terbuka. Sejauh ini ada banyak para pencinta mobil jenis ini karena karakteristiknya yang menarik.

 

Coupe

Coupe berasal dari kata couple yang memiliki arti dua atau sepasang. Jenis mobil coupe ini merupakan tipe kendaraan yang ukurannya kecil.

Jumlah pintunya yang terbatas dan jok penumpangnya hanya ada dua. Ini coupe klasik yang sekarang lebih berkembang.

Ada mobil coupe dengan empat pintu tapi bodi desainnya masih menganut ciri khas coupe yang sangat kental.

Umumnya mobil ini mempunyai desain atap yang lebih mengarah ke belakang. Harganya juga tidak tanggung-tanggung, sama seperti harga sports car.

Sejauh ini sudah banyak kategori mobil tersebut yang sudah beredar di Indonesia dan bisa ditemukan dengan mudah.

 

Hatchback

Hatchback merupakan sebuah mobil turunan dari sedan yang bagian bagasinya khusus ditiadakan dan bagian belakangnya dibentuk seperti MPV.

Baca Juga :  Harga Renault Kiger Terbaru, Spesifikasi dan Interior 2022!

Ini membuat bagasinya dilengkapi dengan kabin. Kapasitas mobil ini maksimum lima penumpang, sehingga sangat cocok digunakan saat bersama keluarga.

Kelebihan dari mobil sedan jenis ini adalah, lebih lincah saat di perkotaan sebab mempunyai dimensi yang lebih pendek.

Hatchback tetap memberi suasana kabin sedan yang nyaman. Beberapa jenis-jenis mobil hatchback diantaranya adalah small, medium, dan Luxury hatchback.

Small hatchback adalah mobil jenis hatchback yang berukuran lebih kecil jika dibandingkan jenis lain.

Biasanya sering disebut juga dengan city car atau kei car di Jepang. Small Hatchback murah bernama LCGC saat ini sedang menjamur di Indonesia.

Medium hatchback merupakan mobil yang mempunyai harga dan fitur hampir sama dengan versi sedannya.

Sedangkan Luxury hatchback merupakan hatchback yang mewah sebab mempunyai fitur, harga dan kualitas pembuatan menyamai luxury sedan.

 

MPV

Singkatan dari Multi Purpose Vehicle yang berarti mobil serbaguna. Kapasitas penampung jadi prioritasnya.

MPV dapat memuat tujuh penumpang atau bahkan lebih jika badannya kecil. MPV sendiri dibagi menjadi beberapa segmen.

Medium MPV, Luxury MPV, Low MPV, dan Compact MPV. Medium MPV berada satu kelas di atas low-MPV.

Mobil ini berdimensi bongsor, sebab mengutamakan kelegaan kabin. Kapasitas daya angkutnya juga banyak.

Luxury MPV adalah jenis yang mewah dan biasanya dipilih oleh orang-orang kaya untuk kenyamanan kelas atas bagi keluarganya.

Selanjutnya, Compact MPV yang berdimensi sama dengan low MPV namun harganya lebih mahal sebab kualitas, fitur dan kenyamanannya lebih  baik.

Sedangkan Low MPV merupakan produk yang sangat terjangkau dengan daya tampung tujuh orang atau lebih.

 

Station Wagon

Mobil Station Wagon adalah mobil yang mempunyai kargo yang luas dan desain atap yang panjang pada bagian belakang mobil.

Jenis mobil ini mempunyai lima pintu. Akan tetapi, mobilI ini tidak terlalu banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Baca Juga :  Ford Mustang Mach-E Ternyata Diciptakan Untuk Menyaingi Porsche Macan

Pada beberapa negara, mobil station wagon umum disebut estate, sedangkan di Jerman, mobil ini disebut kombi.

Mobil ini sangat cocok sebenarnya bila di pakai oleh masyarakat di Indonesia. Sayang, baik di Indonesia atau di dunia, station wagon kurang populer.

 

Sedan

Sedan merupakan kategori mobil perkotaan yang mengutamakan kenyamanan, tapi punya performa yang lumayan besar untuk dipacu pada kecepatan tinggi.

Umumnya, mobil ini dipakai oleh kalangan menengah ke atas, sebab harganya yang cukup mahal.

Dengan kapasitas yang hanya dapat menampung lima penumpang dan bagasi khusus di bagian belakang harga termurah mobil ini sekitar Rp300 jutaan.

Sedan terbagi dalam beberapa jenis. Beberapa segmen tersebut adalah Medium Sedan, Luxury Sedan, dan Mini Sedan.

Medium sedan yang terdapat di Indonesia sendiri sudah begitu banyak sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Kabin yang terdapat pada medium sedan lebih lapang dari mini sedan. Namun, tentu saja untuk fitur dan harganya pasti juga lebih tinggi.

Selanjutnya, untuk mini sedan merupakan jenis sedan dengan harga yang paling rendah untuk kalangan menengah.

Salah satu contoh mobil jenis ini misalnya seperti Suzuki Baleno. Sedangkan Luxury sedan merupakan sedan mewah dengan harga yang sudah pasti sangat tinggi.

 

Off-road

enis mobil ini merupakan salah satu kendaraan yang mempunyai penggerak empat roda. Desain mobil ini pada umumnya cukup tinggi.

Jadi, bagi Anda yang sering melewati kondisi jalan yang rusak, sangat cocok menggunakannya.

Desain yang diterapkan pada mobil ini memang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melintasi daerah dengan kondisi jalan yang tidak rata.

Desain mobil off-road biasanya memakai garis yang lebih tegas dan kaku. Berbeda dengan SUV yang lebih manis penampilannya.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jenis Jenis Mobil Yang Ada di Di Indonesia, Mana Yang Paling Banyak Digemari? yang dipublish pada Maret 8, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait