10 SUV Termurah di Indonesia: Nomor 1 Dari Eropa, Bukan Dari Cina!

Berita Warganet – 10 SUV Termurah di Indonesia: Nomor 1 Dari Eropa, Bukan Dari Cina!. Insentif pajak penjualan atas barang mewah atau disingkat PPnBM yang ditanggung pemerintah Indonesia hingga 100 persen bagi mobil 1.500 cc dengan local purchase 70 persen, sudah diterapkan di Indonesia.

Kebijakan ini rupanya berdampak positif bagi penjualan mobil di Tanah Air, terlebih untuk mobil model Sport Utility Vehicle (SUV).

Bahkan, berdasarkan data dari Gaikindo yang kita ambil, angka realisasi penjualan SUV mengalami peningkatan signifikan hingga 212 persen pada bulan Maret 2021 dibandingkan bulan sebelumnya.

Sepanjang periode tersebut total pasar SUV murah mencapai 13.422 unit dengan penguasaan pasar 15,8 persen.

Wajar bila model mobil SUV ini laris di Indonesia, karena cocok untuk keluarga. Mobil ini mempunyai fungsi yang paling lengkap dan bertenaga dibanding jenis mobil lainnya.

Kapasitas SUV rata-rata berisi tujuh hingga delapan penumpang, serta bisa membawa muatan barang yang lebih banyak tentunya.

Ciri khas SUV yang lain adalah memiliki bodi yang besar dan ground clearance tinggi, sehingga bisa diandalkan untuk melaju di medan terjal sekalipun.

Sebelumnya, harga mobil SUV di Indonesia tergolong agak mahal karena memiliki fitur yang lebih lengkap dengan mesin lebih bertenaga dibanding mobil lainnya.

Tapi, saat ini beragam pilihan mobil SUV dengan harga terjangkau sudah bisa kita dapatkan. Bukan hanya karena faktor intensif pajak PPnBM tersebut.

Tetapi pabrikan otomotif kini juga mulai berlomba-lomba menghadirkan mobil SUV terbaik dengan harga yang makin kompetitif.

SUV digemari karena cocok untuk keluarga. Ingin beli? Simak rekomendasi kami.

Ingin tahu merek SUV mana saja yang digemari karena cocok untuk keluarga dan memiliki harga paling terjangkau di Indonesia pada tahun 2022? Simak rek0mendasi dari Berita Warganet yang telah kami rangkum di bawah ini (data Januari 2022):

 

10. Wuling Almaz

Harganya Mulai dari Rp269,8 juta

Meski mobil ini buatan dari pabrikan Cina, tetapi mobil ini jauh dari kesan mobil Cina karena kenyamanannya. Desain eksteriornya yag futuristik dan atraktif. Begitu pun interiornya yang tidak terkesan murahan dan juga canggih tentunya.

Wuling Almaz juga memiliki mesin turbo yang menghasilkan tenaga dan torsi besar, dengan fitur yang melimpah.

Kesan mewah juga terasa karena terdapat panoramic sunroof hingga terdapat head unit besar.

Untuk dapur pacu semua varian, mobil ini memiliki konfigurasi mesin empat silinder segaris, 1.451 cc DOHC DVVT Turbocharger.

Baca Juga :  KIA Carnival, Mobil Mewah Untuk Kalangan Atas

Almaz memiliki tenaga 140 Hp di 5.200 rpm serta torsi 250 Nm dalam rentang 1.800-3.600 rpm. Varian termurahnya Wuling Almaz Smart Enjoy MT 2021 dengan harga Rp269,8 juta.

 

9. MG ZS

Harga: Mulai dari Rp261,8 juta

 

MG merupakan singkatan dari Morris Garage, Vendor mobil ini berasal dari Inggris yang berdiri sejak tahun 1924. Namun, kini MG dimiliki SAIC Motor Corporation Limited, sebuah Perusahaan BUMN dari Cina.

MG ZS diperkuat mesin berkapasitas 1.498 cc DOHC, 4 silinder, 16 katup VTi-TECH dengan injeksi bahan bakar multi-point.

Mesin itu mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 114 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 150 Nm pada 4.500 rpm.

Meski harganya terbilang murah, beberapa fitur membuat mobil ini tetap terlihat mewah. Termasuk elektronik sunroof dan sistem infotainment dengan layar berukuran 8 inci.

Sistem tersebut bisa dikoneksikan dengan perangkat iPhone menggunakan Apple CarPlay. Varian termurah adalah MG ZS 2021 Excite dengan harga 261,8 juta.

 

8. Toyota Rush

Harga: Mulai dari Rp240,5 juta

Toyota Rush yang diperkuat mesin berkapasitas 1.495 cc yang mampu mengeluarkan tenaga mencapai 108 PS pada 6.000 rpm.

Desain pada bodi mobil ini terlihat sangat sporty didukung sistem keamanan terbaik di kelasnya.

Pada mobil ini tersedia tiga baris kursi dengan nuansa interior yang mewah dan modern, dengan kapasitas tempat duduk tujuh orang.

Dimensinya 4.435 mm P x 1.695 mm L x 1.705 mm T, dengan kapasitas tangki BBM 45 liter. Varian termurahnya adalah tipe G/MT dengan harga Rp Rp 240,5 juta.

 

7. Honda BR-V

Harga: Mulai dari Rp239,5 juta

Honda BR-V dikenal karena kenyamanannya saat berkendara. Mobil ini mampu memuat hingga 7 penumpang di dalamnya dengan kabin yang terbilang cukup luas.

Tersedia dalam pilihan mesin dengan bahan bakar bensin di Indonesia, SUV baru dari Honda ini hadir dalam 8 varian.

Bicara soal spesifikasi mesin, Honda BR-V ditenagai dua pilihan mesin bensin berkapasitas 1497 cc.

Honda BR-V tersedia dalam transmisi manual and CVT, tergantung variannya. Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan wheelbase 2.662 mm.

Penggunaan bahan bakar pada mobil ini juga terbilang irit karena memakai mesin L15 yang legendaris.

Honda melengkapi BR-V dengan headlamp LED dan foglamp, hingga kapasitas bagasi yang cukup luas untuk menampung banyak muatan barang bawaan.

Varian termurahnya adalah Honda BR-V S 6MT dengan harga Rp 239,5 juta (harga diskon PPnBM). Mobil ini bertenaga 118 hp.

 

6. Suzuki XL7

Harga: Mulai dari Rp224 juta

Suzuki XL7 resmi diluncurkan di Indonesia pada 15 Februari 2020. Mobil ini hadir dengan tampilan maskulin, tangguh dan berkarakter.

Baca Juga :  Wow,,Produk Honda City Hatchback RS Laku Keras di Indonesia

Desain modern SUV 7-Seater memberikan kebanggaan dan kepercayaan bagi penggunanya. Dilengkapi fitur canggih, semakin membuat Suzuki XL7 menjadi SUV luar biasa di kelasnya.

Mobil ini juga didukung fitur Electronic Stability Programme (ESP) yang mampu mencegah saat mobil berbelok terlalu understeer atau oversteer.

Tampilannya yang gagah didukung ground clearance yang mencapai 200 mm.

Mesin generasi terbaru Efficient K15B DOHC mampu memberikan performa lebih bertenaga dengan standarisasi euro4.

Varian termurah dari Suzuki XL7 di Indonesia adalah Zeta M/T berharga Rp224 juta.

 

5. Nissan Magnite

Harga: Mulai dari Rp219,8 juta

Didesain di Jepang, All-New Nissan Magnite menampilkan kedinamisan dan ketangguhan yang sejalan dengan DNA SUV global Nissan.

Magnite didukung mesin 1,0 liter turbocharged terbaru dan pertama di kelasnya, menawarkan pengalaman berkendara yang bertenaga, menyenangkan, dan hemat bahan bakar.

Mengusung mesin hemat bahan bakar dan yang pertama di kelasnya, HRAO 1,0 liter Turbo, yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 100 PS dan torsi maksimum hingga 160 Nm.

Nissan juga memberikan serangkaian fitur keselamatan mulai dari struktur bodi yang efisien dan berkekuatan tinggi dalam menyerap energi benturan.

Juga terdapat fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), dan Vehicle Dynamic Control (VDC).

Terdapat pula  Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), hingga airbag ganda SRS dengan sabuk pengaman pretension dan load limiter untuk pengemudi dan penumpangnya.

Varian termurahnya adalah All-New Nissan Magnite Upper MT dengan harga MT Rp 219,8 juta.

 

4. DFSK Glory 560

Harga: Mulai dari Rp202,5 juta

DFSK Glory 560 menawarkan SUV dengan kekuatan dan kesan sporty melalui tampilan eksterior yang dinamis.

Pada interior terdapat floating head unit dengan layar sentuh 8 inci dilengkapi navigasi GPS, radio, dan sambungan bluetooth.

Juga GPS Navigation, Mirroring Smartphone (iOS dan Android), sampai kamera belakang untuk memudahkan parkir.

DFSK Glory 560 menggunakan mesin 1,5 liter turbocharged dikombinasikan dengan CVT yang memiliki daya maksimum 150 PS dan torsi hingga 230 Nm.

Selain itu tersedia juga DFSK Glory 560 dengan mesin 1,8 liter berpadu transmisi CVT yang menghasilkan tenaga maksimal 139 PS dan torsi 187 Nm.

Varian termurah adalah Glory 560 1.5T MT B Type dengan harga Rp202,5 juta.

 

3. Daihatsu Terios

Harga: Mulai dari Rp200 juta

Daihatsu All New Terios merupakan Sport Utility Vehicle (SUV) kompak yang sudah menemani masyarakat Indonesia selama 15 tahun.

Diproduksi langsung oleh pabrikan Tanah Air, PT Astra Daihatsu Motor, mobil ini memiliki berbagai fitur menarik dalam balutan desain yang modern.

Dengan ground clearance yang cukup tinggi, mobil ini sanggup diajak berpetualang ke berbagai medan.

Baca Juga :  Lexus Akhirnya Perkenalkan Lexus NX 2022!

Selain tangguh, Terios dilengkapi dengan fitur- fitur keamanan dan keselamatan terkini.

Sehingga memberikan rasa aman dan tenang kepada pengendara dan penumpang dari SUV 7-seater ini.

Fitur keselamatan yang ada pada Daihatsu Terios terdiri dari ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution)

Kedua fitur itu memaksimalkan performa pengereman. Juga, ada fitur VSC (Vehicle Stability Control) yang membuat mobil melaju lebih stabil.

Daihatsu Terios memiliki spesifikasi mesin yang tidak jauh berbeda dengan Toyota Rush. Varian termurahnya adalah Daihatsu Terios X MT dengan harga Rp 200 juta setelah insentif PPnBM.

 

2. KIA Sonet

Harga: Mulai dari Rp193 juta

Peluncuran KIA Sonet di Indonesia dilakukan secara virtual pada tanggal cantik, 11 November 2020.

KIA Sonet dibekali mesin empat silinder berkubikasi 1.497 cc DOHC dual CVVT dan Fuel Injection.

Memiliki tenaga puncak 114 daya kuda pada 6.300 RPM dan torsi maksimal 144 Nm pada 4,500 RPM.

Mesin tersebut dipadukan transmisi manual 6-percepatan dan transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear.

Terdapat fitur keselamatan seperti 6 airbag, VSC yang mencakup ABD, EBD, Hill Assist Control dan rear camera dengan dynamic guide.

Pada eksterior, KIA Sonet dibekali sunroof dengan fungsi power sliding and tilting, fog lamp projector, serta LED untuk lampu utama, DRL yang juga berfungsi sebagai lampu sein, dan lampu belakang.

KIA Sonet juga punya fungsi Remote Engine Start yang dapat menyalakan mesin serta AC dengan mobil masih dalam keadaan terkunci.

Varian termurahnya adalah KIA Sonet Standard MT 2021 dengan harga Rp 193 juta.

 

1. Renault KWID Climber

Harga: Mulai dari Rp152,4 juta

SUV termurah yang beredar di Indonesia dalam daftar ini ternyata bukan dari Cina, melainkan berasal dari pabrikan ternama asal Prancis, Renault.

Ya, SUV ini adalah Renault KWID Climber yang dihargai Rp 152,4 juta (tipe MT) dan Rp 161,4 juta (tipe AMT).

SUV mungil ini mengusung mesin 999 cc 3-silinder dengan output 67 tenaga kuda pada 5.500 rpm dan torsi 91 Nm pada 4,250 rpm.

Salah satu keunggulannya yaitu pada ground clearence 184 milimeter dan terdapat roof rail pada bagian atapnya yang menambah kesan SUV.

Sistem infotainment menggunakan head unit touch screen 8 inci dengan akses Android Auto dan Apple Car Play disertai fitur voice command dan kamera mundur.

Fitur keamanan di antarnya ABS pada pengereman. Tambahan fitur keamanan yaitu dual airbag pada bagian depan.

Renault KWID Climber yang tersedia juga sangat fleksibel saat membawa barang, dan bagasi yang berkapasitas hingga 279 liter.

Bagasi juga bisa dimaksimalkan dengan melipat kursi belakang hingga kapasitasnya bertambah menjadi 620 liter.