Kegunaan GPS dan Fungsinya Pada Mobil

Berita Warganet – Kegunaan GPS dan Fungsinya Pada Mobil. Global Positioning System atau yang sering kita sebut dengan GPS adalah alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan mobil. GPS merupakan sistem navigasi satelit yang didesain untuk menyediakan informasi mengenai posisi mobil secara cepat dan tepat.

Dengan memasang GPS pada mobil, Anda dapat melacak posisi kendaraan dalam keadaan real-time. Lalu, seperti apakah cara kerja dan kegunaan GPS pada mobil? Simak Penjelasan Berita Warganet selengkapanya.

 

Cara kerja dan kegunaan GPS mobil

GPS pada mobil menggunakan jaringan satelit untuk menentukan lokasi kendaraan mobil Anda. Dasar teknologi ini adalah proses trilateration yang digunakan untuk menentukan lokasi fisik kendaraan berdasarkan jarak melalui tiga satelit.

Titik lokasi kendaraan berada akan dikirimkan melalui sinyal GPS melalui tower operator. Pada server, data posisi mengenai posisi mobil akan dikonversi dan diproses untuk ditampilkan melalui web browser, aplikasi desktop, mobile browser, hingga aplikasi smartphone.

Baca Juga :  Tampil Baru dan Bergaya dengan Fireblade nya, Ini Dia Honda CBR150R 2022

Kalau secara detail, maka cara kerja GPS mobil adalah sebagai berikut:

  • GPS menerima informasi tentang koordinat bumi minimal dari tiga buah sumber satelit.
  • GPS mengirimkan informasi tersebut ke server operator melalui ketersediaan tower-tower seluler.
  • Semua posisi dari kendaraan akan diproses terlebih dahulu oleh server agar bisa mengirimkan keberadaan lokasinya.
  • Data posisi kendaraan yang dilacak menggunakan GPS mobil akan bisa dilihat di berbagai macam browser, baik itu melalui desktop maupun smartphone.

Fungsi dan kegunaan GPS mobil

Lebih dari sekadar alat yang dipakai untuk melacak kendaraan, GPS juga memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Mengantisipasi pencurian

Fungsi GPS melacak posisi kendaraan secara real time tentunya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan kendaraan dari risiko pencurian.

GPS memang paling tepat dipasang di dalam mobil untuk mengantisipasi pencurian. Setidaknya apabila terjadi tindak kejahatan, maka pemilik mobil bisa segera tahu di mana lokasi mobil berada.

Beberapa jenis GPS pun telah dilengkapi dengan fitur mematikan mesin mobil dari jarak jauh.

  • Melihat histori perjalanan
Baca Juga :  Toyota Tacoma TRD Pro 2022 Lebih Gahar

Di samping melacak posisi mobil terkini, GPS pun menyimpan histori perjalanan. GPS mobil dapat menyajikan data lengkap histori perjalanan kendaraan selama kurun waktu tertentu.

Sebagai pemilik, Anda bisa tahu lokasi, waktu keberangkatan, dan kedatangan. Semua informasi tersebut akan tersimpan di dalam sistem GPS dan sewaktu-waktu bisa Anda akses.

  • Menyadap pembicaraan dalam mobil

Fitur kegunaan GPS mobil kini makin beragam. Contohnya fitur penyadapan yang dapat merekam seluruh pembicaraan di dalam mobil.

Apabila terjadi tindak pencurian pada mobil, maka Anda bisa mengakses GPS untuk mencari tahu lokasi terkininya. Selanjutnya, pilih fitur sadap untuk merekam percakapan yang terjadi. Dengan begitu, rekaman pembicaraan bisa jadi bukti tindak kejahatan.

  • Mendeteksi kantor polisi terdekat

Tak hanya menunjukkan lokasi, GPS mobil juga memiliki fitur keamanan, yaitu mendeteksi kantor polisi terdekat.

Fitur ini dapat Anda manfaatkan ketika terjadi hal buruk selama perjalanan. Jika misalnya terjadi tindak kriminal, cukup tekan tombol ‘Help’ pada aplikasi GPS yang ada di smartphone.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Jadi Wonosobo ke-197 Tahun 2022, Klik Disini

Secara otomatis, GPS akan menunjukkan rute terdekat menuju kantor polisi, rumah sakit, maupun fasilitas umum lainnya.

  • Memperkirakan kondisi cuaca

GPS mobil memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mendeteksi cuaca, tekanan udara, kelembapan, dan suhu pada suatu daerah.

Jadi, misalnya sedang berkendara ke suatu tempat, Anda bisa menggunakan GPS untuk melihat kondisi cuaca daerah tersebut. Dengan begitu, Anda dapat melakukan persiapan matang sewaktu menuju tempat tersebut.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memasang alat navigasi pada kendaraan. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau pemilik mobil banyak yang memasangnya.

Cara kerja dan kegunaan GPS mobil yang didukung dengan satelit pun semakin meningkatkan akurasi data yang diberikan. Apabila Anda tertarik memasang GPS yang merupakan aksesoris mobil, bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel mobil terdekat.