Lembaga Penyedia Kredit Mobil Tanpa Riba, Flat dan Tanpa Bunga

Berita Warganet – Lembaga Penyedia Kredit Mobil Tanpa Riba, Flat dan Tanpa Bunga. Semakin populernya transaksi berbasis syariah, kini kredit mobil syariah juga sudah bisa kamu temukan. Seperti namanya, kredit mobil jenis ini menawarkan proses transaksi secara syariah sehingga lebih aman dan halal pastinya.

Kredit mobil tanpa riba juga menawarkan beberapa keuntungan menarik, salah satunya adalah kamu bisa kredit mobil tanpa harus membayar uang muka terlebih dahulu, baik untuk mobil baru atau bekas.

Hal inilah yang membuat kredit mobil bekas berbasis syariah kini juga semakin diminati di Jakarta, Cikarang, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, maupun berbagai wilayah di Indonesia selain Jabodetabek lainnya, seperti Medan, Palembang, Pekanbaru, Bandung, Semarang, Surabaya, atau wilayah lainnya.

Apa Itu Pengertian Kredit Mobil Syariah?

Kredit mobil syariah adalah cara membeli mobil baru ataupun bekas secara non tunai menggunakan cara yang halal yang sesuai dengan syariat ajaran Islam. Dalam kredit ini, kamu tidak akan dibebankan bunga untuk setiap pembelian dan cicilan mobil. Hal ini karena konsep memberikan bunga dalam suatu transaksi termasuk perbuatan riba sehingga harus dihindari.

Apakah bisa kredit mobil tanpa Uang Muka ? Dalam produk syariah, ada pula yang menyediakan layanan tanpa Uang Muka. Prinsip dalam kredit mobil syariah tanpa Uang Muka ini adalah penyedia jasa akan membelikan kebutuhan pelanggan terlebih dahulu kemudian menjual kembali kepada pelanggan dengan keuntungan yang telah disepakati. Dalam transaksi ini, tidak ada sistem bunga akan tetapi berupa margin keuntungan perusahaan yang bersifat tetap selama masa tenor. Semua transaksi akan tertulis dalam akad jual beli sehingga lebih transparan.

Perbedaan Kredit Mobil Berbasis Syariah dan Konvensional

Saat ini minat akan kredit mobil bisa dibilang cukup tinggi. Kegiatan mobilitas yang tinggi kadang menuntut seseorang untuk memiliki kendaraan pribadi agar lebih efisien. Ada dua jenis kredit mobil yang bisa kamu temukan di Indonesia yaitu kredit mobil konvensional dan syariah. Lalu, apa perbedaan kedua jenis tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Sumber Pendanaan

Sumber pendanaan kredit mobil konvensional berasal dari bank konvensional maupun lembaga keuangan konvensional. Sedangkan pada kredit mobil bekas maupun baru tanpa riba, sumber pendanaan berasal dari bank syariah. Baik kredit mobil secara konvensional maupun syariah, keduanya merupakan produk unggulan dari masing-masing bank.

2. Dasar Transaksi

Kredit mobil konvensional menggunakan dasar transaksi pinjam meminjam uang, dalam hal ini nasabah dibebankan dengan suku bunga. Sedangkan, pada kondisi beli mobil secara syariah tanpa riba ini menggunakan prinsip transaksi jual beli barang yang bermanfaat. Dengan kata lain, keuntungan perusahaan didapat berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

3. Hubungan Perusahaan Pembiayaan dan Konsumen

Apakah kredit mobil syariah riba? Hubungan perusahaan pembiayaan dan konsumen pada kredit mobil tanpa riba adalah penjual dan pembeli. Sedangkan pada kredit mobil konvensional hubungan perusahaan pembiayaan dan konsumen adalah kreditur (lender) dan debitur (borrower). Hal ini membuat akad kredit mobil syariah tanpa riba ini lebih transparan dibandingkan dengan kredit konvensional.

4. Jenis Usaha Konsumen dan Tujuan Penggunaan Kendaraan

Pada kredit kendaraan syariah, jenis usaha konsumen dan tujuan penggunaan kendaraan tidak bertentangan dengan prinsip syariah serta peraturan perundangan yang berlaku. Sedangkan pada kredit mobil konvensional, jenis usaha konsumen dan tujuan penggunaan kendaraan diperbolehkan selama tidak bertentangan dengan peraturan perundangan RI.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Jadi Kota Blitar 2022 ke-116 Tahun, Klik Disini

5. Keuntungan

Dalam kredit mobil berbasis syariat agama Islam, keuntungan perusahaan berupa margin yang sudah ditetapkan berdasarkan kesepakatan dan dimasukkan ke dalam harga jual. Sedangkan pada kredit konvensional, keuntungan didapatkan dari bunga yang harus dibayarkan konsumen bersama dengan pengembalian pokok.

6. Asuransi

Pada kredit mobil syariah, baik bekas maupun baru, menerapkan asuransi mobil dengan berbagai manfaat berbasis syariah dengan konsep tolong menolong atau sharing risk. Sedangkan pada kredit konvensional, menerapkan asuransi konvensional dengan konsep transfer risk.

Bahkan, pada beberapa produk asuransi mobil tanpa riba ini, produknya juga ditawarkan dengan perlindungan asuransi jiwa syariah.

Keuntungan Kredit Mobil Tanpa Riba / Syariah

Saat ini kredit kendaraan berbasis syariah tengah populer di kalangan masyarakat. Nah, kredit mobil bekas atau baru apakah riba? Selain menawarkan kredit mobil tanpa DP dan bunga, jenis kredit mobil sesuai syariat Islam tanpa riba ini juga menawarkan berbagai keuntungan lainnya seperti:

1. Cicilan Tetap

Salah satu keuntungan dari kredit mobil syariah adalah menawarkan cicilan tetap. Hal ini dikarenakan margin atau keuntungan perusahaan yang digunakan bersifat flat atau tetap. Jadi walaupun suku bunga bank konvensional mengalami kenaikan, tidak akan berpengaruh terhadap cicilan kredit karena akan tetap sama seperti awal.

2. Tidak Ada Suku Bunga

Berbeda dengan kredit mobil konvensional yang memberikan bunga untuk cicilannya, pada kredit mobil syariah ini tanpa dikenakan suku bunga. Hal ini karena bunga termasuk riba sehingga tidak dianjurkan dalam syariat Islam. Sebagai gantinya, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang telah disepakati sebelumnya. Jadi, apakah kredit mobil di bank syariah termasuk riba? Tentu saja tidak.

3. Tidak Ada Biaya Denda Keterlambatan Bayar

Perusahaan penyedia kredit mobil menurut agama Islam tidak membebankan denda kepada nasabah yang mengalami keterlambatan membayar cicilan. Sebagai gantinya, jika kamu terlambat membayar cicilan maka diwajibkan untuk membayar sejumlah uang yang nantinya akan disalurkan ke lembaga sosial. Jadi, walaupun kamu terlambat membayar cicilan, hikmahnya adalah kamu bisa sekalian beramal.

4. Sumber Dana Dijamin Halal

Sumber pembiayaan pada kredit mobil syariah berasal dari bank syariah. Hal ini menjamin bahwa dana yang digunakan untuk membeli mobil sudah dipastikan berasal dari dana halal. Dengan sumber yang halal ini, diharapkan kendaraan akan bisa memberikan manfaat dan keberkahan bagi penggunanya.

5. Alokasi Dana Untuk Hal Positif

Dalam kredit mobil sesuai syariat Islam ini, nasabah tidak dikenakan bunga untuk cicilan kreditnya. Akan tetapi kamu yang diharuskan untuk membayar uang sebagai denda dari keterlambatan membayar. Denda tersebut juga tidak digunakan untuk keuntungan perusahaan akan tetapi dialokasikan untuk hal positif seperti lembaga sosial. Dengan cara ini, kamu bisa kredit mobil sekaligus beramal.

Syarat Kredit Mobil Tanpa Riba / Syariah

Syarat Kredit Mobil Sesuai Syariat Agama Islam

Untuk bisa mengajukan kredit kendaraan berbasis syariah ini, ada beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Persyaratan kredit syariah ini sebenarnya sangat mudah hanya terdiri dari beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Fotokopi identitas diri atau KTP
  2. Slip gaji atau rekening koran 3 bulan terakhir sebagai bukti memiliki sumber penghasilan tetap
  3. Memiliki SIM A
  4. Jika memiliki usaha, lampirkan laporan mengenai keterangan usaha yang dijalankan
Baca Juga :  Gambar Ucapan Milad Aisyiyah ke-105 Tahun 2022

Beberapa poin di atas merupakan syarat utama jika kamu ingin mengajukan kredit mobil tanpa riba. Akan tetapi masing-masing lembaga keuangan, bank syariah atau perusahaan penyedia layanan kredit syariah biasanya menambahkan beberapa persyaratan tertentu seperti batasan umur, fotokopi surat nikah, hingga surat keterangan dari tempat kerja jika diperlukan.

Tak hanya offline, beberapa pinjaman online syariah juga kini tersedia untuk kamu yang ingin membeli mobil baru maupun bekas tanpa khawatir adanya riba.

 

Kredit Mobil Bekas Syariah

Cara Kredit Mobil Syariah

Ketika kita ingin mengajukan pembiayaan ke bank syariah untuk membeli mobil akad apakah yang cocok untuk digunakan? Kredit kendaraan syariah menggunakan konsep akad murabahah sebagai perjanjian jual-beli antara bank dengan nasabah. Dengan kata lain, kamu akan dibiayai untuk membeli mobil yang kamu inginkan akan tetapi dengan harga yang sudah ditambahkan margin. Sebagai gantinya, kamu akan mengembalikan dana membeli mobil dengan cara dicicil dengan tenor yang telah ditentukan.

Untuk mengajukan kredit mobil tanpa riba, kamu bisa datang ke bank syariah atau lembaga keuangan syariah lainnya dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan. Selanjutnya penyedia saja akan memilih dan membelikan kendaraan yang kamu inginkan dengan menambahkan margin untuk keuntungan perusahaan. Jika akad jual beli telah disetujui, mobil bisa langsung dipakai akan tetapi nasabah harus patuh dengan kewajibannya untuk membayar cicilan.

Selain kredit mobil, pinjaman tanpa riba kini juga tersedia untuk kamu yang ingin mengambil cicilan mobil secara terpisah.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Berbasis Syariah Tanpa Uang Muka

Sebelum mengajukan kredit mobil syariah bekas maupun baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar transaksi aman dan bisa memberikan manfaat untuk kamu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin kredit mobil berbasis syariah adalah sebagai berikut.

1. Teliti Lembaga Penyedia Kredit

Hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin kredit mobil berdasarkan syariat agama Islam ini adalah meneliti terlebih dahulu mengenai kelayakan lembaga penyedia kredit. Saat ini ada banyak lembaga keuangan yang menawarkan program kredit kendaraan syariah. Akan tetapi pastikan pilih lembaga yang terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Hal ini diperlukan untuk menjamin keamanan transaksi sehingga tidak akan merugikan nasabah.

2. Tentukan Budget dan Kebutuhan

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan kredit kendaraan syariah ini adalah terkait perhitungan budget. Perusahaan penyedia layanan kredit syariah menawarkan jasa pembelian kendaraan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Untuk menentukan budget ini, kamu harus menghitung total pemasukan agar cicilan kredit tidak mengganggu kestabilan financial.

3. Perhatikan Kondisi Mobil yang Akan Kredit

Walaupun dilakukan di lembaga keuangan syariah terpercaya, akan tetapi selalu perhatikan kondisi mobil yang akan kamu ambil tersebut. Sebelum setuju untuk kredit mobil berdasarkan syariat agama Islam ini, cek dulu kondisi mobil secara keseluruhan termasuk interior dan eksterior kendaraan. Pastikan kendaraan dalam kondisi bagus dan semua fitur berfungsi dengan baik.

4. Pastikan Kelengkapan Dokumen

Satu lagi hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan kredit mobil berdasarkan syariat agama Islam ini adalah kelengkapan dokumen kendaraan. Kamu harus memastikan kendaraan yang dipilih memiliki surat lengkap seperti BPKB, STNK dan juga buku service. Hal ini untuk mengetahui rekam jejak kendaraan untuk menghindari kendaraan ilegal.

Baca Juga :  Tanpa Dibuat-buat Suara BMW I8 Terdengar Sangar

 

Lembaga Penyedia Kredit Mobil Tanpa Riba / Syariah

untuk mendapatkan kredit mobil syariah, tentunya Anda harus memenuhi persyaratan tertentu.

Anda terutama harus mendaftar di lembaga penyedia kredit mobil syariah. Baik itu bank syariah maupun leasing syariah.

Dalam tulisan ini kami tampilkan lima dari beberapa lembaga keuangan yang biasa menyediakan kredit mobil syariah di Indonesia.

Apa saja lembaga-lembaga tersebut? Simak penjelasan di bawah ini yang kami kutip dari Daihatsu Indonesia:

1. Bank Syariah Indonesia (BSI)

Lembaga pertama yang masuk dalam daftar ini adalah Bank Syariah Indonesia (BSI).

Lembaga di bawah Bank Mandiri ini menyediakan kredit mobil syariah yang didukung oleh 3.000 lebih dealer, serta cicilannya tergolong ringan.

Lembaga ini cocok bagi Anda yang ingin mengambil mobil dalam kondisi baru. Untuk tenor BSI menawarkan masa tenor yang panjang, yakni 60 bulan atau lima tahun.

2. BNI Oto iB Hasanah

Lembaga selanjutnya adalah BNI Oto iB Hasanah. Lembaga ini memiliki keunggulan berupa pembiayaan yang variatif, harga jual yang stabil, hingga uang muka yang ringan.

Untuk pembiayaan, BNI Oto iB Hasanah menawarkan pembiayaan mulai dari Rp5 juta hingga Rp1 miliar. Tenor sama dengan BSM, yakni 60 bulan atau lima tahun.

Saat ini, BNI Oto iB Hasanah membebaskan Anda untuk mengajukan kredit secara online. Caranya, Anda bisa mengunjungi dan melakukan registrasi di situs resmi mereka.

Nantinya, mereka bakal menghubungi Anda elalui telepon atau WhatsApp. Maksud mereka menghubungi Anda adalah untuk memberi info-info penting soal kredit mobil syariah yang akan Anda ambil.

3. BPRS Al Salaam Kredit Mobil Syariah

Kalau Anda mengajukan kredit di lembaga ini, Anda akan mendapatkan aneka promo dan penawaran angsuran yang tidak fluktuatif.

Lembaga ini tidak hanya menawarkan kredit untuk mobil baru, melainkan juga mobil bekas.

Rata-rata lembaga penyedia kredit mobil syariah hanya ditujukan untuk perorangan atau individu.

Namun, hal itu berbeda dengan BPRS. Di lembaga ini, pengajuan kredit mobil syariah bisa dilakukan oleh badan usaha.

4. KKB BRI Syariah iB

Seperti lembaga sebelumnya, lembaga ini juga membebaskan kita untuk melakukan kredit mobil baru atau bekas. Lembaga ini menawarkan sistem jual beli sebagai prinsip utamanya.

Anda bisa melakukan pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp1 miliar. Bila ingin mendapatkannya, Anda harus membayar uang muka sebesar 30 persen.

Lembaga ini menyediakan kredit mobil syariah khusus untuk para karyawan dan profesional.

5. Mobilima

Empat lembaga sebelumnya merupakan bank syariah. Berbeda dengan lembaga satu ini.

Mobilima merupakan perusahaan financial technology yang menyediakan layanan kredit mobil syariah.

Seperti lembaga penyedia kredit mobil syariah, perusahaan ini juga akan membeli dulu mobilnya secara cash, lalu menawarkannya ke kita untuk dikredit.

Mobilima memberlakukan kredit untuk berbagai pihak. Baik dari karyawan, pelaku usaha, dan badan usaha.

Setiap pihak akan diberi persyaratan berbeda-beda saat hendak mengajukan kredit.

Jika telah memenuhi syarat, kreditur bakal diminta untuk masuk ke situs resmi Mobilima. Setelah masuk, kreditur bisa memilih jenis mobil yang hendak dikredit.

Nah itulah lima lembaga yang menyediakan kredit mobil syariah. Jika Anda rajin browsing, masih banyak lembaga lainnya yang juga menyediakan kredit mobil syariah. Pilihan tentunya ada di tangan Anda.