Kunci Jawaban Aktivitas 10 halaman 195 Lembaga Pembiayaan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 10 halaman 195 Lembaga Pembiayaan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMA Kelas 10 halaman 195. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka tentang Lembaga Pembiayaan. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 10

Lembaga Pembiayaan

Petunjuk kerja:

• Kerjakan tugas secara berkelompok.

• Gunakanlah berbagai sumber belajar untuk mengerjakan tugas.

• Untuk mencari informasi tentang lembaga pembiayaan, kalian dapat mencari secara daring ataupun melakukan wawancara dengan informan yang menurut kalian dapat membantu tugas kalian.

• Sampaikan temuan kalian di kelas!

Tugas:

1. Carilah dua lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia!

Jawab:

Lembaga Pembiayaan adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal.

Lembaga Pembiayaan meliputi:

a. Perusahaan Pembiayaan, adalah badan usaha yang khusus didirikan untuk melakukan Sewa Guna Usaha, Anjak Piutang, Pembiayaan Konsumen, dan/atau usaha Kartu Kredit.

b. Perusahaan Modal Ventura, adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha, dan

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6.6 halaman 143 Eksplorasi Energi IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

c. Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur, adalah badan usaha yang didirikan khusus untuk melakukan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana pada proyek infrastruktur.​

2. Cermati tiap produk yang ditawarkan oleh dua lembaga pembiayaan yang telah kalian temukan!

Jawaban:

a. Produk Perusahaan Pembiayaan

1)Pembiayaan Investasi

Pembiayaan untuk pengadaan barang-barang modal beserta jasa yang diperlukan untuk aktivitas usaha/investasi, rehabilitasi, modernisasi, ekspansi, atau relokasi tempat usaha/investasi yang diberikan kepada debitur dalam jangka waktu lebih dari 2 (dua) tahun.

2) Pembiayaan Modal Kerja

Pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran-pengeluaran yang habis dalam satu siklus aktivitas usaha debitur dan merupakan pembiayaan dengan jangka waktu paling lama 2 (dua) tahun.

3) Pembiayaan Multiguna

Pembiayaan untuk pengadaan barang dan/atau jasa yang diperlukan oleh debitur untuk pemakaian/konsumsi dan bukan untuk keperluan usaha (aktivitas produktif) dalam jangka waktu yang diperjanjikan.

b. Produk Perusahaan Modal Ventura

1) Penyertaan Saham Langsung

Jenis Pembiayaan ini adalah penyertaan langsung dalam bentuk saham di Perusahaan Pasangan Usaha (PPU). Syarat dari pembiayaan ini adalah PPU tersebut sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT), atau akan mendirikan PT bersamaan dengan masuknya PMV. Hasil yang diterima yang diterima oleh PMV berupa dividen yang akan dibagikan setiap tahun dari keuntungan PPU. Keuntungan yang akan dibagi itu akan ditentukan bersama diantara Pemegang Saham PPU yang terdiri dari PMV dan pengusaha yang menjadi mitra usaha

2) Obligasi Konversi

Jenis pembiayaan ini adalah dalam bentuk obligasi yang dapat dikonversikan ke dalam saham biasa yang dikeluarkan oleh PPU yang sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

3) Pola Bagi Hasil / Partisipasi Terbatas

Jenis pembiayaan ini merupakan jenis pembiayaan yang paling banyak digunakan oleh PMV di daerah-daerah, mengingat rata-rata Pengusaha Kecil dan Menengah (PKM) banyak yang tidak berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Berlatih halaman 93 Hukum Perbandingan Tetap IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

3. Bandingkan keunggulan dan kekurangan dari masing-masing lembaga pembiayaan yang telah kalian tentukan!

Jawaban:

a. Lembaga Pembiayaan

Kelebihan lembaga pembiayaan :

1) Dapat diangsur : Cara pembayaran angsur yang diterapkan oleh perusahaan pembiayaan membuat konsumen tidak perlu khawatir terhadap harga barang yang terlalu tinggi sehingga tidak sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

2) Mudah dan cepat : Pada umumnya proses pembiayaan dilakukan dengan prosedur yang mudah dan cepat.

3) Bunga terjangkau : besaran bunga yang akan dilimpahkan kepada konsumen dari pembiayaan kredit sangat kompetitif karena tetap mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate).

4) Waktu : Waktu yang fleksibel untuk melunasi pembelian yang konsumen lakukan bisa didapatkan ketika menggunakan jasa dari perusahaan pembiayaan.

Kekurangan

1) Denda : Perusahaan pembiayaan akan memberikan denda kepada nasabah yang tidak membayar angsuran pada waktunya. Karena tidak ingin menanggung kerugian, denda yang diberlakukan bersifat harian dan akan terus diakumulasikan sampai anda membayar angsuran berikut dendanya.

2) Penyitaan : Jika konsumen tidak mampu melunasi kewajibanya, lembaga pembiayaan dapat melakukan penyitaan dengan prosedur yang disepakati.

b. Perusahaan Modal Ventura

Keunggulan

1) Sumber dana bagi pelaku bisnis yang baru baru berkecimpung dan belum memenuhi syarat untuk mendapatkan dana dari sumber pembiayaan lainnya seperti perbankan;

2) Mendapatkan bantuan manajemen untuk memajukan perusahaan;

3) Perusahaan modal ventura sangat concern terhadap kemajuan perusahaan pasangan usahanya, sehingga jalannya perusahaan tersebut akan selalu dilakukan evaluasi kinerjanya;

4) Naiknya reputasi perusahaan pasangan usaha karena mengingat perusahaan modal ventura umumnya sudah memiliki reputasi yang baik;

5) Perusahaan pasangan usaha dapat memperluas jaringan usaha lewat patner baru yang dimiliki oleh perusahaan modal ventura;

6) Penyertaan modal ini pada umumnya diberikan kepada pelaku bisbsi startup atau UMKM sehingga akan dapat memperluas kesempatan kerja.

Kekurangan

1) Dilihat dari segi jangka waktu yang panjang, penyertaan modal lewat perusahaan venture capital dapat menjadi sangat mahal apabila dihitung dengan sistem bagi hasil atau pengembalian (return) yang diterapkannya.

Baca Juga :  Urutan fase-fase belajar Gerak adalah

2) Bantuan pembiayaan lewat modal ventura hanya dapat diberikan kepada perusahaan yang berprospek bagus dengan tahapan yang sangat selektif.

3) Perusahaan pasangan usaha dapat kehilangan kontrol ataupun kepemilikan atas perusahaannya karena manajemen dan sahamnya dipegang oleh perusahaan modal ventura. Apablia perusahaan terindikasi memiliki gejala kegagalan, perusahaan tersebut akan cenderung diambil alih (take over) atau bahkan dilikuidasi.

4. Analisislah dari keduanya, mana yang lebih menjamin prospek di masa depan?

Jawaban:

Kemungkinan, penyaluran pembiayaan terseret switching pembiayaan perusahaan modal ventura dari pembiayaan beralih ke penyertaan saham. Banyak perusahaan e-commerce terutama teknologi finansial yang bermunculan justru membuat industri modal ventura bergairah.

Industri modal ventura akan semakin bertumbuh. Sebab pasar masih terbuka lebar. “Tantangan ke depan menurut kami dari sisi funding-nya. Modal ventura tak hanya fokus membiayai teknologi finansial (tekfin) namun juga healthtech dan edutech. Modal ventura juga mendorong UMKM.

5. Berikan kritik, saran atau pendapatmu tentang keduanya!

Jawaban:

Lembaga pembiayaan bagi masyarakat awam masih asing terdengar, kecuali bagi para praktisi di bidang ekonomi dan pendidikan. Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009, lembaga pembiayaan merupakan badan usaha yang melakukan aktivitas pembiayaan dengan menyediakan dana atau modal.

Bila dibandingkan lembaga keuangan, kehadiran lembaga pembiayaan ini dianggap cukup penting. Lembaga keuangan merupakan badan usaha yang melakukan penghimpunan dana dan menyalurkannya pada masyarakat khususnya membiayai investasi dalam pembangunan.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.